Mau Sehat? Mulai Dari Pagi!

Seperti yang sudah saya ceritakan di artikel ini, sudah 2 bulan belakangan ini saya rutin minum ramuan lemon dan madu. Efek yang saya rasakan langsung kerasa deh! Di berbagai sumber yang saya baca, kita boleh sarapan 30 menit setelah minum ramuan madu dan lemon itu.

Jreng!

Saya kan bukan tipe yang sarapan? Gimana dong?

Ya, ya, saya tau, sarapan itu penting. Tapi berhubung dari kecil nggak biasa sarapan, jadi perut saya normal-normal saja rasanya kalau nggak sarapan (walaupun seringnya jam 10 atau 11 siang sudah mulai cranky sih, haha). Nah, berhubung sudah dimulai dengan sesuatu yang baik, yaitu ramuan madu dan lemon tadi,  maka saya pun mulai mencari-cari menu sarapan yang juga sehat, nggak mau bubur ayam atau lontong sayur Padang lagi. Biar nggak sia-sia gitu beli madu dan lemon :D

outmeal1

Browsing sana sini, akhirnya pilihan saya selama sebulan ini jatuh di overnight oats. Alasan utama saya mencoba menu sarapan ini adalah: gampang!

Sebagai ibu-ibu yang jarang turun ke dapur, saya sangat mengutamakan kemudahan. Gimana nggak gampang, overnight oats ini bahkan sama sekali nggak perlu nyalain kompor! Bahan utamanya juga nggak susah dan harganya terjangkau. Hanya oatmeal dan susu yang didiamkan semalaman di kulkas. Untuk oatmeal-nya saya menggunakan Quaker Oatmeal yang kebetulan memang sudah sering saya gunakan untuk sesekali sarapan keluarga. Selain itu, tinggal ditambahkan aneka bahan makanan lain sebagai penambah rasa.

Walaupun alasan saya awalnya hanya karena kemudahan, sudah rahasia umum juga ya, bahwa oatmeal ini sehat. Seperti biasa, sebelum mengonsumsi ini, saya browsing dulu mencari tau apa keuntungan sarapan oatmeal bagi kesehatan. Ini di antaranya, ya…

–          Oatmeal berserat tinggi

Ternyata, di Oatmeal ini, ada kandungan serat larut yang namanya Beta Glucan yang fungsinya dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan cara menyerap kolesterol seperti layaknya spons bekerja . Apa sih kolesterol? Kolestrol adalah salah satu jenis lemak yang dalam jumlah tertentu bermanfaat sebagai pembentuk dinding sel, hormon dan empedu. Kolesterol sendiri sebagian besar diproduksi oleh tubuh lho..gawat! Sedangkan hanya sebagian kecil yang berasal dari makanan.

Bila berlebihan akan memberikan efek yang merugikan,  yaitu menyebabkan terjadinya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner. Di Indonesia sendiri, angka kejadian penyakit jantung koroner terus meningkat. Kalau dulu kita mungkin taunya hanya mereka yang di usia tua yang kena penyakit ini, sekarang, rasanya tidak ya. Saya pernah dengar beberapa kenalan yang terkena penyakit ini dan menyebabkan kematian. Duh, seram!

Ternyata, outmeal ini bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi, lho. Lengkapnya di halaman berikut, ya…


One Comment - Write a Comment

Post Comment