banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Mau Sehat? Mulai Dari Pagi!

author

nenglita16 Dec 2014

Mau Sehat? Mulai Dari Pagi!

Seperti yang sudah saya ceritakan di artikel ini, sudah 2 bulan belakangan ini saya rutin minum ramuan lemon dan madu. Efek yang saya rasakan langsung kerasa deh! Di berbagai sumber yang saya baca, kita boleh sarapan 30 menit setelah minum ramuan madu dan lemon itu.

Jreng!

Saya kan bukan tipe yang sarapan? Gimana dong?

Ya, ya, saya tau, sarapan itu penting. Tapi berhubung dari kecil nggak biasa sarapan, jadi perut saya normal-normal saja rasanya kalau nggak sarapan (walaupun seringnya jam 10 atau 11 siang sudah mulai cranky sih, haha). Nah, berhubung sudah dimulai dengan sesuatu yang baik, yaitu ramuan madu dan lemon tadi,  maka saya pun mulai mencari-cari menu sarapan yang juga sehat, nggak mau bubur ayam atau lontong sayur Padang lagi. Biar nggak sia-sia gitu beli madu dan lemon :D

outmeal1

Browsing sana sini, akhirnya pilihan saya selama sebulan ini jatuh di overnight oats. Alasan utama saya mencoba menu sarapan ini adalah: gampang!

Sebagai ibu-ibu yang jarang turun ke dapur, saya sangat mengutamakan kemudahan. Gimana nggak gampang, overnight oats ini bahkan sama sekali nggak perlu nyalain kompor! Bahan utamanya juga nggak susah dan harganya terjangkau. Hanya oatmeal dan susu yang didiamkan semalaman di kulkas. Untuk oatmeal-nya saya menggunakan Quaker Oatmeal yang kebetulan memang sudah sering saya gunakan untuk sesekali sarapan keluarga. Selain itu, tinggal ditambahkan aneka bahan makanan lain sebagai penambah rasa.

Walaupun alasan saya awalnya hanya karena kemudahan, sudah rahasia umum juga ya, bahwa oatmeal ini sehat. Seperti biasa, sebelum mengonsumsi ini, saya browsing dulu mencari tau apa keuntungan sarapan oatmeal bagi kesehatan. Ini di antaranya, ya...

-          Oatmeal berserat tinggi

Ternyata, di Oatmeal ini, ada kandungan serat larut yang namanya Beta Glucan yang fungsinya dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan cara menyerap kolesterol seperti layaknya spons bekerja . Apa sih kolesterol? Kolestrol adalah salah satu jenis lemak yang dalam jumlah tertentu bermanfaat sebagai pembentuk dinding sel, hormon dan empedu. Kolesterol sendiri sebagian besar diproduksi oleh tubuh lho..gawat! Sedangkan hanya sebagian kecil yang berasal dari makanan.

Bila berlebihan akan memberikan efek yang merugikan,  yaitu menyebabkan terjadinya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner. Di Indonesia sendiri, angka kejadian penyakit jantung koroner terus meningkat. Kalau dulu kita mungkin taunya hanya mereka yang di usia tua yang kena penyakit ini, sekarang, rasanya tidak ya. Saya pernah dengar beberapa kenalan yang terkena penyakit ini dan menyebabkan kematian. Duh, seram!

Ternyata, outmeal ini bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi, lho. Lengkapnya di halaman berikut, ya...

-          Oatmeal makanan bebas garam

Hal ini membuat oatmeal berperan dalam menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

-          Sarapan oatmeal, bikin kenyang lebih lama

Siapa yang kalau habis sarapan roti jam 7 pagi, tapi jam 10 sudah lapar lagi hayooo? :D Saya sering nih! Haha. Alhasil pola makan berantakan deh seharian. Jam 10 sudah cari-cari cemilan, jam 12 harus makan siang, jam 4 lapar lagi. Duuuh!

Kenapa sarapan oatmeal bikin kenyang lebih lama? Serat larut dalam oat, menyerap banyak air sehingga menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama. Kalau hanya membaca mungkin Mommies belum percaya ya, cobain dulu deh! Saya ini termasuk yang sering makannya, tapi begitu sarapan oatmeal, lumayan banget ganjal sampai jam makan siang!

outmeal

Mungkin ada yang merasa makan oatmeal itu hambar, kaya makanan bayi, nggak enak, dan seterusnya, ya? Iya sih. Saya juga awalnya demikian. Secara oatmeal ini salah satu menu yang saya sajikan saat Langit MPASI dulu :D

Tapi, silakan dicoba overnight oats-nya deh! Bisa ditambah peanut butter, cokelat, stroberi, pisang, madu, dan lain-lain! Kalau ada pepatah breakfast like a king, lunch like a prince and dinner like a beggar, nah sarapannya raja kan nggak harus cuma enak, kan? Tapi juga sehat!

Btw, saya baru tau kalau Quaker Oat juga bisa disajikan dalam bentuk lain seperti misalnya Bubur Manado atau bahkan ketupat! Saya menemukan resepnya di laman http://www.quaker.co.id/ . Coba deh mampir ke sana, banyak resep-resep yang sepertinya mudah dipraktikan sehari-hari.

Sebagai ibu, kita dituntut untuk menjalankan multiperan sehari-hari. Bagaimana keluarga mau sehat, kalau ibunya nggak memerhatikan kesehatannya sendiri?

PAGES:

Share Article

author

nenglita

Rock n Roll Mommy


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan