banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Gaya Menyusu Si Kecil

author

sazqueen03 Sep 2012

Gaya Menyusu Si Kecil

Awal menyusui adalah waktu yang paling menakutkan untuk saya. Dari mulai stres mengejar kecukupan ASI agar Menik sembuh dari kuningnya hingga puting berdarah karena tongue tie ini cukup membuat efek trauma perihal menyusui. Hingga akhirnya masuk bulan ketiga, kegiatan menyusui ini jadi indah. Dari semua kegiatan mengurus bayi, menyusui adalah hal yang paling saya tunggu. Ketika Menik berusia 3 bulan, kami sering berkomunikasi lewat kontak mata ketika menyusui. Ini menjadi hal yang paling romantis!

Nah, seiring dengan bertambah umur yang berarti semakin tambah pula akalnya, semakin banyak gaya menyusuinya. Awalnya selain kontak mata, biasanya tangan Menik hobi menggaruk pinggang saya. Lanjut dengan memasukkan jari telunjuk ke mulut saya, tiba-tiba tersenyum sambil melirik mesra, sampai memegang payudara seakan sedang menjaga apa yang menjadi haknya. Masuk usia 7 bulan, persisnya ketika mulai lancar duduk dan merangkak, Menik tiba-tiba hobi menyusu sambil nungging, bahkan kadang mutar kanan-kiri dengan posisi mulut tetap di payudara saya. Masuk usia 9 bulan, sekarang Menik sering menyusu sambil nungging, dan lepas tangan, hanya bertumpu dengan jidat di dada saya. Mirip ondel-ondel, goyang-goyang tangannya. Nggak bangetlah! haha.

Ternyata ada yang namanya Breastfeeding Behaviour atau perilaku menyusu. Menurut buku Breastfeeding and Human Lactation yang ditulis oleh Jan Riodan dan Karen Wambach, ada beberapa perubahan perilaku pada bayi ketika sedang menyusu.

  • Usia 0-6 bulan: mulai belajar menempel, menghisap dengan efisien. Prilakunya tenang ketika disusui, dan mulai belajar senyum pada ibu ketika menyusu. Terkadang menoleh atau berhenti menyusu sebentar kalau ada gangguan seperti mendengar suara ayah atau orang lain di ruangan.
  • Usia 7-12 bulan: mulai sering teralihkan jadi kegiatan menyusu menjadi lebih lama karena sebentar-sebentar berhenti hanya untuk melihat keadaan sekitar. Sekarang mulai menyusu sambil memegang payudara ibu yang satunya, dan terkadang memencet puting. Saat ini juga mulai banyak tingkahnya. Bisa mutar 180 derajat, tengkurep, miring kanan-kiri, jongkok, nungging, apa pun yang ia senangi dengan mulut tetap di payudara.
  • Usia 13-15 bulan: tangan semakin aktif ketika menyusu. Memasukkan jari ke mulut ibu, memainkan rambut ibu (kalau rambutnya panjang dan tergapai), meraba pusar, atau wajah ibu. Mulai belajar membuka kancing baju ibu. Oh, di umur ini juga bayi mulai bergumam atau mengeluarkan suara ketika menyusu, ceritanya lagi menikmati banget, tuh! Hihi.
  • Usia 16-20 bulan: kode minta susu mulai jelas, tepuk dada atau meminta secara verbal. Jangan kaget juga jika tiba-tiba si anak menarik kita ke tempat favoritnya untuk menyusu, atau malah yang ekstrem tarik atau buka baju ibunya jika minta jatah susu.
  • Usia 20-24 bulan: Menyusu bisa sambil berdiri. Menyusu merupakan kegiatan untuk mencari rasa aman, dan jika mulai disapih, biasanya menyusu malam yang masih akan terus dipertahankan oleh si anak.
  • Hahaha! Lucu, ya. Seperti biasa, tumbuh kembang anak tidak bisa disamakan. Pasti ada yang sudah atau belum terjadi namun tidak sesuai dengan tahapan yang diberikan oleh ahli laktasi yang menulis buku tersebut. Jadi bagaimana, Mommies? Sekarang si kecil sudah bertingkah apa saja ketika sedang menyusu? ;)

    Share Article

    author

    sazqueen

    a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan