banner-detik
FOOD & RECIPE

Es Cincau Karamel

author

irasistible21 Jul 2012

Es Cincau Karamel

Cuaca yang amat panas belakangan ini memang cepat bikin haus. Dalam kondisi begini, tentu saja paling enak adalah minum minuman dingin, terutama es campur. Tapi, kalo beli, kadang sering nggak higienis ya, Mom. Gimana kalo kita bikin sendiri aja?

Di rumah, saya sering banget bikin resep es berikut ini. Asli gampang banget, hassle free dan rasanya, sungguh sedap! Nggak percaya? Silakan coba sendiri ya.

Oh ya, resep ini juga cocok untuk hidangan berbuka puasa nanti. Segaarrr!

Bahan:

1 bungkus Nutrijell rasa Cincau

Gula pasir

Air

Susu kental manis

Batu Es

Nata de coco *optional

Cara membuat:

1. Buat agar-agar cincau sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan Nutrijell. Kalo saya sih, biasanya takaran gula saya kurangi dengan pertimbangan, nanti toh akan dikasih sirup gula. Setelah mendidih, dinginkan dan biarkan beku. Lalu potong-potong sesuai selera. Bisa juga lho dibentuk lucu menggunakan cookie cutter.

2. Buat sirup karamel dengan cara:

- Letakkan gula pasir dalam panci/wajan. Panaskan dengan api kecil hingga larut dan kecoklatan. Jangan diaduk-aduk, karena akan menempel di sendok. Cukup goyang-goyangkan panci/wajan agar gula mencair dengan rata.

- Setelah cair semua (kalo masih ada sedikit yang belum cair juga nggak apa-apa), siram dengan air hangat. Diamkan sampai gula dan air tercampur rata. Sisihkan.

- Dalam gelas saji, masukkan cincau, siram dengan sirup karamel, batu es dan susu kental manis. Sajikan segera. Yum!

Share Article

author

irasistible

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan