banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Imunisasi MMR & Autisme

author

Mommies Daily05 Oct 2010

Imunisasi MMR & Autisme

Dear dr Ian,

Saya ingin bertanya, apakah ada kaitannya antara imunisasi MMR dan autisme? Umur berapa anak boleh imunisasi MMR dan apakah imunisasi ini penting?

Thank you dok.

- Rina

Dear Mommy Rina,

Autisme adalah suatu gangguan perkembangan anak berupa gangguan interaksi sosial dan komunikasi (bukan semata-mata gangguan berbicara). Penyebab autisme sampai sekarang belum diketahui, namun diperkirakan terjadi ketika proses kehamilan.

Autisme sering dihubungkan dengan imunisasi, namun berdasarkan banyak penelitian hal ini tidak dapat dibuktikan.

Imunisasi MMR adalah imunisasi untuk mencegah mumps = gondongan, measle = campak, rubella = campak jerman. Imunisasi ini diberikan sejak anak berumur 12 bulan (jika anak belum pernah mendapatkan imunisasi campak) atau ketika berumur 15 bulan dengan booster pada usia 4-6 tahun.

Imunisasi MMR ini penting sekali, khususnya ketika usia prasekolah. Memang, imunisasi ini tidak mencegah 100% timbulnya penyakit tersebut. Akan tetapi, pemberian imunisasi dapat meringankan perjalanan penyakit, juga mencegah komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit tersebut, antara lain radang otak (ensefalitis) dan radang paru (pneumonia). Jadi bisa dikatakan imunisasi ini penting, karena angka kejadian infeksi MMR masih cukup tinggi di Indonesia.

Tidak ada hubungan antara imunisasi apapapun termasuk MMR dengan autisme. Autisme bukan suatu kondisi mendadak, akan tetapi sudah ada sejak anak tersebut dilahirkan. Hanya saja untuk mendeteksi autisme sangat sulit pada bayi kecil atau anak dibawah 1 tahun. Setidaknya gangguan perkembangan ini baru mulai terdeteksi saat anak mulai dapat berbicara, berkomunikasi, ataupun berinteraksi sosial.

Mengingat tidak ada kaitannya antara imunisasi dan autisme, maka berikanlah imunisasi ini sesuai dengan jadwal seharusnya seperti yang sudah dijelaskan di atas meski anak belum bisa berbicara (terkadang menjadi alasan penundaan imunisasi MMR).

Semoga jawabannya membantu ya.

* Foto diambil dari health.state.mn.us

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan