5 Manfaat Dongeng untuk Bonding Moment dengan Anak

Sebagai ibu bekerja dengan seabrek kegiatan, bonding moment dengan si kecil memang perlu diusahakan. Mendongeng, bisa jadi salah satu cara bonding yang ternyata juga punya berbagai manfaat.

Anak-anak senang dibacakan cerita karena biasanya di momen itu, perhatian ibu akan 100% fokus padanya. Ibu tidak bisa membacakan dongeng sambil menyambi cuci piring atau scrolling Instagram, kan? :)

nivea-2

Selain sebagai bonding moment, mendongeng setiap hari sebelum tidur juga ternyata banyak manfaatnya. Apa saja manfaat dongeng?

Membantu mengembangkan kemampuan berbahasa

Mendongeng membantu anak mengembangkan kemampuan berbahasa seperti kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, dan menambah kosakata. Mendongeng juga akan membantu anak saat belajar membaca dan menulis.

Jangan lupa mendongeng dengan interaksi ya moms! Di sela-sela membacakan cerita, tanyakan pada anak apakah ia sudah mengerti, bagaimana pendapatnya, dan sebagainya. Mommies juga bisa menyelipkan nyanyian lho saat mendongeng!

Memberi pengetahuan baru

Dongeng untuk anak adalah salah satu cara untuk mengenalkan berbagai macam hal yang sulit ditemui sehari-hari. Tidak setiap hari kan anak bisa bermain ke hutan atau masuk lorong bawah tanah?

Detail-detail kecil dalam cerita juga bisa membantu si kecil tahu lebih banyak tentang warna, bentuk, ukuran, serta berbagai jenis hewan serta tumbuhan.

Mengembangkan skill menyelesaikan masalah

Dongeng selalu punya masalah yang harus diselesaikan sehingga cerita dalam dongeng bisa membantu akan mengembangkan skill menyelesaikan masalah. Mommies juga bisa memberi pertanyaan pada anak sebelum sampai pada solusi dalam dongeng. Misalnya dengan bertanya “kira-kira kalau kamu yang mengalami ini, kamu akan bagaimana?”

Dengan demikian, dongeng akan jadi lebih interaktif dan anak akan bisa berimajinasi dengan kreatif untuk mencari solusi dari masalah.

Mengasah fokus dan konsentrasi

Saat dibacakan dongeng, anak bisa duduk diam mendengarkan kata demi kata yang keluar dari mulut kita. Berbeda dengan layar gadget atau televisi yang gambar-gambarnya berpindah dengan cepat.

Membacakan dongeng dengan suara keras dan berintonasi, bisa mengasah fokus dan konsentrasi anak sambil membuatnya berimajinasi tentang cerita di dalam dongeng.

Mengajarkan anak pesan kebaikan

Dongeng pasti punya pesan kebaikan yang bisa diserap oleh anak. Seperti dongeng ‘NIVEA #SentuhanIbu: Drama Musikal Dongeng Pohon Impian’ yang mengajarkan anak untuk
pantang menyerah, mengingatkan ia akan ibu yang selalu suportif dan menyayanginya, serta ibu yang selalu mengutamakan anak apapun situasinya.

NIVEA mempersembahkan ‘NIVEA #SentuhanIbu: Drama Musikal Dongeng Pohon Impian’ sebagai bonding moment spesial antara ibu dan anak untuk merayakan Hari Ibu bersama. Digelar di Ciputra ArtPreneur, 22 Desember dengan Special Performance dari Nola dan Naura.

nivea-3

‘NIVEA #SentuhanIbu: Drama Musikal Dongeng Pohon Impian’ menceritakan seorang anak bernama Angan yang berpetualang mencari sang ibu, Imaji, demi mendapatkan kembali Pohon Impian milik yang dicuri oleh Tuan Pongah. Di tengah perjalanan, Angan dibantu oleh teman-temannya yaitu Angin si Kupu Kupu, Mei Mei si Merak, Kimo si Komodo, dan Tara si Tarsius yang membekali benda-benda ajaib untuk menghadapi berbagai rintangan.

nivea-5
nivea-1
nivea-4

Dania Najmi, pemeran Imaji dalam ‘NIVEA #SentuhanIbu: Drama Musikal Dongeng Pohon Impian’, mengungkapkan, “Imaji menggambarkan sosok ibu yang selalu memberikan cinta kasih tulus dan upaya untuk kebahagiaan sang anak, Angan. Dia tidak pernah menyerah untuk melindungi Angan dan percaya bahwa kebersamaan mereka dapat melalui segala rintangan. Petualangan Angan dan teman-temannya yang setia mendampingi juga akan menjadi keseruan yang tidak boleh terlewatkan!”

Selain itu, NIVEA juga meluncurkan buku Dongeng Pohon Impian dengan ilustrasi yang menggemaskan untuk menemani bonding moment mommies bersama si kecil. Bukunya sudah bisa didapat di awal tahun depan di Gramedia terdekat. Keterangan lebih lanjut dapat segera akses akun Instagram resmi NIVEA @NIVEA_ID dan situs www.nivea.co.id.

Yuk moms, luangkan waktu untuk mendongeng untuk waktu berkualitas bersama anak!


Post Comment