Jangan Membiarkan Bayi Tidur di Car Seat

Car seat, fungsi awalnya memang untuk keselamatan anak. Tapi jika digunakan tidak pada tempatnya. Bisa kebalikannya, malah melukai si kecil.

Jangan Membiarkan Bayi Tidur di Car Seat - Mommies DailyImage: thebump.com

Apa yang akan saya ceritakan berikut ini kasus tiga tahun lalu, yang terjadi Oklahoma. Shepard, bayi berumur kurang lebih 2 bulan meninggal saat tidur di car seat yang tidak dipasang sabuk pengamannya. Kejadian perkara di daycare Shepard, dan ia tidur tanpa pengawasan siapa pun. Penyebab utamanya, posisi kepala Shepard mengganggu saluran napasnya, dan menyebabkan ia berhenti bernapas.

Seperti dilansir dalam parenting.com, apa yang bisa kita pelajari dari kasus ini, agar tak ada lagi kejadian serupa.

1.Bayi harus tidur di tempat yang seharunya. Kasur atau sejenisnya. Poinnya, punggung bayi mendapatkan bantalan yang nyaman.

2.Ketika menggunakan car seat atau carrier, bayi harus selalu dalam pengawasan. Mencegah posisi badan mereka menghambat jalan napas.

3.Tanamkan mind set, car seat harus digunakan sesuai fungsinya. Bukan untuk menaruh si kecil saat kita sedang mengerjakan hal lainnya. Car seat digunakan untuk mengaja bayi tetap aman selama di mobil.

4.Jangan biarkan bayi tidur atau terjaga, ketika tali pengaman longgar. Menghindari si kecil membuat maneuver ke posisi yang membahayakan jalan napasnya.

Ibu Shepard, Ali Dodd mendesak para pembuat undang-undang di negaranya untuk mengeluarkan peraturan seputar posisi yang aman di car seat. Karena pada saat kasus yang menimpa anaknya, belum ada peraturan khusus dari produsen car seat.

Semoga tak ada kejadian serupa menimpa keluarga mommies, ya.


Post Comment