Cerita Unik Seputar Menyusui dari Mancanegara

Setiap negara punya cerita masing-masing, seputar kegiatan menyusui. Mulai dari ASI yang boleh diminum siapa saja (termasuk orang dewasa), hingga ASI yang dipercaya bisa berubah menjadi racun.

Pernah nggak mommies bertanya-tanya, “Kegiatan menyusui di seluruh negara apa sama saja seperti yang kita lakukan di Indonesia?.” Artinya ada kejadian atau tradisi unik yang mereka jalankan.

Baca juga: Kasus Pertama, Perempuan Transgender Bisa Menyusui

Cerita Unik Seputar Menyusui dari Mancanegara - Mommies DailyImage: FB  Christina Torino

1.Menyusui ketika hari pernikahan

Kebayang nggak sih, menyusui di tengah proses pernikahan. Maksudnya, si pengantinnya yang menyusui. Hal ini dilakukan oleh Christina Torino, asal Canada, karena komitmenya memberikan ASI dimanapun dan kapanpun, salute you!

Cerita Unik Seputar Menyusui dari Mancanegara - Mommies Daily

2. Di Kenya, ASI dianggap bisa berubah jadi racun

Saya mau menggaris bawahi dulu, kalau ini tuh terjadi di beberapa suku yang hidup masih amat tradisional. Jadi nggak heran ada banyak mitos dan tahayul yang beredar dan mereka yakini sebagai kebenaran. Anggapan ASI bisa berubah menjadi racun akan terjadi, jika para ibu di suku tertentu berantem sesama tetangga. Bisa sih, “dinetralkan” lagi, dengan ritual yang sudah ditetapkan, dan bisa kembali menyusui anaknya. Hmmm, ada- ada saja, ya, mommies :D

3. Ibu-ibu di Jepang menggambar payudara, demi si anak mau menyusui

Jadi, biasanya ibu-ibu di Jepang akan menggambar aneka gambar lucu di payudara mereka, supaya bayi mau minum ASI, tanpa dipaksa. Ini mungkin buat bayi di atas 6 bulan kali, ya, yang penglihatan mereka sudah sempurna. Kan kalau bayi yang baru brojol, belum bisa matanya belum berfungsi 100%. Buat lucu-lucuan, berani coba mungkin?

4. Mongolia: ASI boleh diminum siapa saja!

Sangking mendukung menyusui untuk ibu dan buah hati, para ibu di Mongolia, nggak merasa canggung menyusui di tempat umum. Entah karena udah terlalu nyamannya, mereka berani nggak pakai apron atau tidak, ya, mommies. Saya tidak menemukan informasi terkait hal ini. Tapi yang pasti unik. ASIP yang dihasilkan, ditaruh di gelas atau botol, dan boleh diminum siapa saja di rumah. OUCH!

Baca juga: Ternyata Ayah Juga Bisa (Benar-benar) Menyusui

Cerita Unik Seputar Menyusui dari Mancanegara - Mommies DailyImage: AFP

5. Manila: 2.000 ibu serentak menyusui

Tepatnya Agustus 2017 lalu, tak kurang dari 2.000 ibu menyusui di muka umum, dalam rangka mendukung tekan angka kematian dan menepis anggapan tabu ibu menyusui di muka umum. Gerakan ini dilakukan, salah satunya karena aksi pemasaran agresif dari perusahaan susu formula. Data UNICEF menyebutkan, 28 dari 1.000 orang Filipina meninggal di bawah usia lima tahun.

Cerita unik apa seputar yang pernah mommies temui, mungkin jauh lebih menarik dari yang kami paparkan di atas :)


Post Comment