30 Pertanyaan Seputar Sekolah yang Bisa Kita Tanyakan ke Anak

Agar anak nggak pelit ngomong tentang kegiatan di sekolahnya, coba deh 30 pertanyaan seputar sekolah yang sederhana ini.

Sebentar lagi kita kembali akan disibukkan dengan urusan anak yang mulai sekolah atau kembali ke sekolah (yeaaaaay, finally :D). Biasanya, untuk anak yang baru masuk sekolah TK atau SD, atau yang baru masuk ke jenjang lebih tinggi seperti SMP atau SMA, yang excited plus degdegan nggak cuma anaknya, tapi si mama juga begitu. Kalau si mama ditambah dengan tingkat kepo yang tinggi, karena ingin tahu apakah anak kita nyaman atau nggak di sekolah!

Sayangnya, seperti saya pernah posting sebuah image di Instagram Mommies Daily @mommiesdailydotcom, anak itu begitu kita harapkan buat bercerita, dia malah malas alias irit bicara. Iya nggak sih? Kesal kan, kita udah semanga 45 nanya “Nak, gimana tadi di sekolah?” Kemudian jawabannya: “Biasa aja,” atau “Ya gitu deh.” Sungguh jawaban-jawaban semacam itu membuat mama deg-deg-an.

Nah, supaya kekepo-an kita yang tinggi itu tidak terhempas begitu saja oleh jawaban singkat nan menggantung, coba deh 30 pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

30 Pertanyaan Seputar Sekolah yang Bisa Kita Tanyakan ke Anak - Mommies Daily

1. Eh, (guru kamu/ kepala sekolah kamu/ teman kamu) ngomong apa aja hari ini di sekolah? Ini membuat anak mau nggak mau mengucapkan lebih dari satu kata. Ia ‘dipaksa’ untuk mengulang kembali apa yang diucapkan oleh orang-orang yang namanya kita sebut tadi.

2. Apa yang membuat kamu ketawa hari ini di sekolah?

3. Kamu makan siang sama siapa hari ini?

4. Apa warna sepatu guru kamu?

5. Siapa teman kamu yang sudah berbuat baik ke kamu hari ini?

6. Ada teman kamu yang nangis atau nggak suka ke sekolah hari ini?

7. Apakah ada yang membuat kamu sedih atau atau takut hari ini?

8. Kamu main sama siapa saat istirahat sekolah?

9. Coba cerita ke mama, ada kejadian lucu nggak hari ini di sekolah?

10. Apa bagian terbaik dari sekolah yang kamu suka hari ini?

11. Jajanan kantin apa yang paling kamu suka?

12. Guru kamu menyebut nama kamu nggak hari ini? Kalau iya, pas kapan?

13. Siapa teman kamu di kelas yang paling pendiam dan yang paling cerewet?

14. Belajar apa di kelas hari ini?

15. Baju yang dipakai ibu atau bapak guru hari ini kayak gimana?

16. Bagian mana di sekolah yang paling kamu suka?

17. Kapan terakhir kali kamu ke perpustakaan sekolah?

18. Apa sih yang kamu ingin bisa kamu ubah dari sekolah kamu seandainya kamu bisa melakukannya?

19. Kegiatan di sekolah yang menjadi favorit kamu apa?

20. Apa makan siang teman sebangku kamu?

21. Guru kamu ngomong tentang apa aja hari ini di luar urusan pelajaran?

22. Kalau kamu besok tiba-tiba boleh jadi Guru dan mengajar di depan, apa yang mau kamu ajarkan?

23. Kamu ada membantu teman nggak hari ini?

24. Apa yang ingin kamu lupakan dari kejadian hari ini di sekolah?

25. Mata pelajaran apa yang paling kamu suka dan yang paling kamu nggak suka?

26. Apakah ada teman kamu yang bermasalah hari ini?

27. Kira-kira, mama akan suka sama teman kamu yang mana dan apa alasannya?

28. Warna pinsil warna apa yang paling sering kamu pakai hari ini?

29. Siapa guru favorit kamu dan kenapa?

30. Fasilitas di sekolah keren nggak?

Masih banyak lagi sih pertanyaan-pertanyaan yang bisa kita ajukan selain “Gimana di sekolah hari ini?” yang penting pintar-pintar kita aja. Dan, sesuaikan pertanyaan dengan usia anak ya.


Post Comment