21 Ide Aktivitas Seru untuk Quality Time Ibu dan Anak

Setelah anak semakin besar dan sudah tidak bergantung lagi pada kita seperti saat bayi, waktu berkualitas pun pelan-pelan memang harus diusahakan.

Iya, meski serumah, seberapa lama sih kita fokus pada anak tanpa terdistraksi hal lain? Karena itu, menjadwalkan waktu quality time bersama anak jadi penting sekali.

Untuk Anak Perempuanku, Tumbuhlah Menjadi Pribadi yang Percaya Diri - Mommies Daily08

Set hari tertentu misal Sabtu sebagai mom & daughter day. Mommies harus menghabiskan waktu itu fokus hanya bersama anak perempuan tanpa kakak, adik, atau timeline Instagram ahahahaha. Ini beberapa ide aktivitas seru untuk quality time bersama anak perempuan kita.

1. Spa Day

Reservasi tempat spa dan habiskan seharian memanjakan diri bersama anak. Sedang berhemat? Lakukan pampering di rumah seperti luluran bersama atau maskeran.

2. Manicure/Pedicure

Ke salon untuk mempercantik kuku, aktivitas yang paling ditunggu oleh anak perempuan.

3. Membaca Buku

Biasakan membaca buku bersama agar anak senang membaca buku. Jika anak masih kecil, bacakan buku dengan sound effect atau suara-suara lucu agar lebih seru dan tidak membosankan. Untuk anak yang lebih besar dan sudah bisa membaca, membaca buku berdua pun tak kalah seru.

4. Traveling

Booking tiket ke luar kota dan habiskan waktu untuk traveling berdua saja! Itinerary bisa disesuaikan dengan makanan atau tempat wisata favorit anak.

5. Road Trip

Jika sudah sukses traveling, road trip bisa jadi jadwal selanjutnya. Jangan terlalu saklek pada jadwal, mampir ke tempat-tempat yang kira-kira tampak seru. Perjalanan panjang bisa jadi sarana mengobrol dari hati ke hati.

6. Hiking

Berjalan menyusuri pantai, naik gunung, atau liburan ke alam yang membutuhkan perjalanan kaki panjang bisa mempererat bonding karena perasaan lelah yang sama. :)

7. Photoshoot

Because why not! Sewa jasa fotografer, rencanakan baju yang akan dipakai dan lokasi pemotretan. Foto tidak pernah gagal jadi kenangan.

8. Piknik

Siapkan bekal makan dan alas duduk, bawa buku atau film. Duduk atau tiduran di taman pun bisa jadi menyenangkan.

9. Museum Hopping

Jadwalkan sehari untuk mengunjungi beberapa museum. Seru dan edukatif!

10. Makan Malam

Bawa anak ke hotel dan nikmati makan malam yang proper. Makan malam di tempat seperti itu bisa sambil mengajari anak table manner dan menggunakan sendok, garpu, serta pisau yang benar untuk setiap makanan.

11. Masak atau Membuat Kue

Scroll Pinterest bersama anak dan minta ia memilih resep untuk dimasak. Belanja sama-sama bahannya dan masaklah bersama.

12. Nonton Bioskop

Beli tiket bioskop sebagai surprise. Pastikan filmnya cocok untuk anak ya!

13. Nonton Musikal

Tiket musikal memang tidak murah, tapi konser musikal itu bisa jadi sangat menyenangkan. Membelikannya tiket konser musikal dan nonton bersama sudah pasti akan jadi pengalaman berkesan.

14. Nonton Konser

Temani anak nonton konser dari penyanyi favoritnya.

15. Ikut Kursus Singkat

Kursus memasak, melukis, merajut, kelas makeup, belajar sesuatu yang baru selalu seru!

16. Thrift Shopping

Berburu barang bekas bersama mengajarkan anak bahwa barang lama pun bisa tetap berguna.

17. Ke Panti Asuhan

Buka lemari, sisihkan baju anak yang sudah tidak terpakai, bawa ke panti asuhan dan biarkan anak bermain sejenak dengan anak-anak di sana.

18. Karaoke

Jangan pedulikan suara fals, lepaskan energi dengan menyanyi bersama.

19. Berkebun

Beli bibit sayuran dan berkebunlah bersama anak. Menunggu tanaman besar dan bisa dipetik hasilnya itu menyenangkan lho!

20. Main Makeup

Jika biasanya kita larang, set satu hari di mana anak kita izinkan bermain-main dengan make up kita. Ia pasti senang sekali!

21. Playing Dress Up

Coba-coba mix and match baju di lemari, padukan seaneh mungkin kemudian foto!

Seru ya! Tapi pastikan anak mau diajak melakukan hal-hal itu dan jangan dipaksa ya moms! Jangan sampai hal yang seharusnya seru dilakukan jadi malah menyiksa karena anak cemberut terus. :)


Post Comment