Agar Tetap Chill Menghadapi Kemacetan di Saat Mudik

Libur lebaran akhirnya tiba, saatnya mengunjungi keluarga di kampung halaman. Apakah keluarga moms mudik menggunakan jalur darat? Apa yang biasa dilakukan di jalan agar tidak bosan?

agar-tetap-chill

Sebetulnya karena sehari-hari di Jakarta, saya, suami, dan Xylo (4 tahun) sudah sangat terbiasa menghadapi kemacetan. Jarak 5 kilometer saja jika jam pulang kantor bisa ditempuh dalam 1 jam. Jika ada kondisi tertentu seperti pertandingan bola atau midnight sale, bukan sekali dua kali kami baru sampai di rumah jam 9 malam. Padahal pulang dari daycare jam 6 sore.

Satu hal, kami adalah pasangan yang chill menghadapi kemacetan. Tidak pernah bertengkar atau cranky di jalan, hasilnya Xylo juga jadi tidak pernah cranky. Tentu ada tipsnya agar perjalanan semacet apapun tidak jadi beban.

Apa saja?

Jangan membuat target durasi perjalanan

Target membentuk harapan, harapan tak tercapai itu mengecewakan. Niatkan pulang kampung yang penting sampai dengan selamat. Tak perlu stres membuat jalur alternatif atau menargetkan durasi agar perjalanan jadi menyenangkan. Jalani saja.

Tahan keluhan

Keluhan kecil “macet banget ya” atau “haduh ini mau sampai kapan begini” bisa jadi pemantik pertengkaran. Tak perlu mengeluh karena sama sekali tidak ada gunanya. Suami dan anak juga sama-sama terjebak kan? Jadi tahan keluhan, lebih baik diam, tidur, atau scroll Instagram.

Hadapi masalah bersama dan jangan saling menyalahkan

Namanya di jalan ya moms, kadang ada saja masalah terjadi seperti ban bocor atau mobil mogok. Jika itu sampai terjadi, jangan mengeluh atau saling menyalahkan! Lebih baik fokus cari solusi bersama.

Perhatikan juga nada bicara, biasanya saat sudah lelah nada bicara otomatis jadi meninggi. Minta maaf segera jika sekiranya tak sengaja meninggikan suara. Kita butuh satu sama lain jadi bertengkar hanya akan membuat perjalanan semakin tidak enak.

Cemilan

Siapkan berbagai macam cemilan dan makanan berat sebanyak mungkin. Siapkan juga berbagai minuman agar tidak bosan. Lupakan diet sesaat, makanan bisa jadi penyelamat di saat bosan. Jangan lupa cemilan anak juga ya moms!

Film dan Buku

Nonton di jalan bisa jadi salah satu cara pengusir bosan. Membaca buku juga, siapa tahu kita bisa menyelesaikan satu buku dalam perjalanan kan?

Ngobrol

Ini yang paling sering kami lakukan. Obrolan yang paling efektif karena tidak terdistraksi ponsel (karena suami menyetir). Kami banyak membicarakan hal penting saat di kemacetan.

Bernyanyi

Buat playlist lagu favorit termasuk lagi favorit anak. Bernyanyi bersama sepanjang perjalanan bisa mengusir bosan. Anggap sedang karaoke! Jangan lupa beberapa bawa powerbank dalam kondisi full agar tidak perlu bergantian charging di mobil.

Buat perjanjian

Nah semua ini akan sia-sia kalau salah satu ada yang mendadak cranky dan mengeluh. Jadi buat perjanjian di awal kalau apapun yang terjadi, kita harus tetep happy ya! Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi anak dan sounding dari jauh-jauh hari. Bersyukur lho masih punya rezeki untuk bisa mudik bersama dan bertemu keluarga.

Selamat mudik moms!


Post Comment