5 Ide Aktivitas dalam Rumah untuk Anak

ide-main-di-rumah

Akhir-akhir ini, cuaca sedang mendung terus ya. Nggak bisa diprediksi banget apakah akan panas atau tiba-tiba hujan. Saya sih jadinya mager banget di rumah dan jadinya mikir, aktivitas apalagi yang bisa dilakukan di rumah biar Xylo nggak nonton YouTube terus?

Lima aktivitas dalam ruangan ini mungkin bisa dicoba. Apa saja?

Memasak atau Baking

Memasak atau membuat kue bersama anak pasti seru ya. Mungkin bisa membuat kue sederhana seperti cupcakes kemudian membeli frosting yang sudah jadi (atau bikin sendiri!) dan menghias bersama.

Jangan takut dapur kotor ya mommies. Kalau kotor dan keburu capek, saya sih biarkan aja dulu. Nggak ada kewajiban dapur kotor harus segera dibersihkan kan?

Origami

Xylo senang sekali origami jadi saya selalu punya stok kertas lipat. Cari ide di Pinterest kemudian lipat bersama anak. Murah meriah!

Berkemah

Yang satu ini tidak perlu tenda beneran. Menutup meja dengan selimut lebar atau sprei pun jadi. Jangan lupa padamkan lampu, bawa senter, dan ceritakan cerita tentang binatang di hutan agar terasa seperti kemping betulan.

Science experiments

Yang satu ini disesuaikan dengan usia anak ya. Favorit Xylo sih mencampur air dengan pewarna primer (merah, kuning, dan biru) sehingga jadi warna sekunder menggunakan pipet. Bisa juga membuat oobleck untuk belajar benda padat dan benda cair.

Tebak-tebakan

Mata ditutup kemudian anak diminta memegang benda dan ditebak. Beri benda-benda yang tidak terduga dan bertekstur untuk sekalian mengasah kemampuan sensorinya.

Main air

Nah ini sih yang paling betah biasanya. Bawa banyak mainan, bubbles, bola, ke kamar mandi dan biarkan anak main air sepuasnya. Jangan lupa tetap diawasi ya moms!

Kelima aktivitas ini akan seru kalau jarang dilakukan jadi diirit idenya ya moms! Memberi anak gadget asal dengan batasan juga aman kok, asal jangan jadi ketergantungan. Jadi, mau main yang mana akhir pekan ini?


Post Comment