‘Kode’ Halus Menolak Ajakan Suami Melakukan Bercinta

Berikut beberapa hal yang saya lakukan sebagai ‘kode’ halus menolak ajakan suami melakukan bercinta…

Saya tergelitik ketika membaca sebuah artikel seks and relationships di sebuah media yang mengulas soal hubungan intim. Kali ini, soal bagaimana jika seorang istri sedang kehilangan mood untuk diajak mesra-mesraan. Dalam artikel tersebut disebutkan kalau istri yang menolak diajak melakukan hubungan intim sama saja artinya tidak cinta. Dalah hari saya lantas membatin, ‘Ah, masa iya? Enggak bercinta langsung dijadikan indikator kalau istri tidak lagi mencintai suaminya?’.

Maaf saja, menurut saya tidak demikian. Kecuali, kalau memang setiap saat diajak, ditolak terus. Ini sih, lain persoalan.

kode halus menolak saat diajak bercinta-mommiesdaily

Ya, sebagai umat muslim saya juga cukup paham kalau menolak suami untuk melakukan hubungan intim itu katanya nggak boleh.

Namun, as a human, kadang saya kan suka merasa capek, lelah, bahkan nggak mood buat melakukan hubungan seksual. Toh, kenyataannya memang nggak semua hal bisa kita eksekusi dengan ideal bukan? Apa lantas jadi saya memaksakan diri? Atau malah pasangan yang memaksa saya?

Oooh, jelas tidak. Sejak awal menikah, kami berdua sepakat kalau aktivitas seks yang dilakukan suami istri ini bukan semata-mata memenuhi kebutuhan seks dengan tujuan untuk mendapatkan kepuasan ataupun keturunan saja. Tapi tentu bisa membuat kedua belah pihak merasa nyaman dan bahagia. Equal, gitu lho.

Suatu ketika, iseng-iseng saya pun sempat tanya ke suami, “Kalau kamu lagi ‘kepingin’, terus akunya terlihat nggak mau karena memang lafi nggak mood atau kecapekan, kamu tuh sebenernya marah nggak, sih? Sakit hati, karena memangaggap ditolak?”

Beruntung, suami saya termasuk lelaki yang memegang prinsip kesetaraan, tidak boleh ada yang menguasai atau dikuasai. Persis seperti pandangan satu satu teman saya,  yang sempat ia tuang dalam sebuah tulisan di Mommies Daily, Keluarga, Kesetaraan dan Sedikit Tentang Pendidikan Seks.

Sejauh ini, suami pun sudah cukup paham dan sensitif membaca perilaku saya, apalagi kalau saya memberikan ‘kode’ yang menunjukan sedang tidak siap untuk diajak mesra-mesraan.

Tidur lebih dulu

Biasanya, sih, ini cara yang ampuh kalau memang kondisi badan lagi nggak fit. Tidur duluan sebelum suami pulang kerja. Kalau begini, suami juga sudah cukup paham kalau memang saya butuh waktu untuk istirahat, lagian suami bukan tipe orang yang tega untuk membangunankan istrinya hanya untuk kepuaan yang satu itu. Lagi, nih, makin bertambahnya umur saya sering merasa makin ‘jompo’, mana kuat begadang, nunggu suami yang pulang malam lantaran harus menyelesaikan banyak deadline tulisan.

Ya katakan saja….

Saya percaya kalau komunikasi itu sangat penting. Ini berlaku untuk semua aspek, apalagi urusan rumah tangga. Jadi, kalau memang lagi nggak mood, capek, ya tinggal bilang saja kalau memang kondisinya demikian. Nggak usah pakai acara bohong. Kalau suami bener-bener sayang, pasti bisa memaklumi. Bukankah dalam rumah tangga perlu kadar toleransi yang besar?

Sebaliknya, tidur lebih lama karena banyak deadline yang harus diselesaikan

Saya cukup beruntung kalau saya dan suami menjalani m profesi yang sama sebagai jurnalis. Jadi nggak mengherankan, kadang kala kalau anak sudah tidur, kami berdua ini membuka laptop, suka asik mengerjakan artikel bersama. Nah, sejauh ini, salah satu kode yang saya berikan kalau memang sedang nggak mood untuk melakukan hubungan intim adalah membiarkan suami saya untuk tidur duluan.

Intinya, sih, soal sex life memang harus dikomunikasikan dengan baik. Lagi pula, saya juga cukup paham ketika tidak merasa mood, merasa kurang bergairah untuk bermesraan dengan suami, perlu hati-hati dan wajib menghargai suami. Oh, ya, perlu digaris bawahi, kondisi ini memang hanya sesekali, ya. Bukan setiap kali :D

Biar gimana, saya juga masih ingat apa saja risiko jika hubungan seksual antara suami istri tidak dijaga. Makanya, setelah memberikan kode halus untuk menolak, saya pun akan menjanjikan waktu lain yang lebih tepat untuk bermesraan :)

Kalau mommies yang lain bagaimana, punya kode lain selain yang sudah saya lakukan?

 


Post Comment