4 Pilihan Olahraga Supaya Puasa Terjaga, Aktivitas Tetap Lancar

Ditulis oleh: Rosalia Titi Wening

Meski sudah memasuki minggu-minggu terakhir puasa, jangan kasih kendor mommies. 3 tips ini mudah-mudahan bisa membantu, ya.

Memasuki minggu-minggu terakhir ketiga berpuasa di bulan ramadhan ini sudah pasti adaptasi dari bangun sahur sampai mengatur jam bangun untuk pergi ke kantor atau melakukan aktivitas lain sudah bisa tertangani dengan baik dong, ya. Apa sih yang paling mommies hindari agar puasa tetap full tanpa ada gangguan yang berarti? Kalo saya sih, awal-awal berpikir untuk sementara berhenti nge-gym dan melakukan aktivitas berat lainnya.

Supaya Puasa Terjaga, Aktivitas Tetap Lancar - Mommies Daily

Image: www.media.namx.org

Seminggu melakukan itu, justru malah membuat badan saya cepat lelah dan terbawa suasana puasa, gampang ngantukJ. Mencoba mengatur jadwal sesuai pola biasanya. Dengan tetap memperhatikan faktor-faktor lainnya, agar tetap terlihat fit dan segar, meski sedang berpuasa.

1. Asupan makanan harus dijaga

Menjaga pola makan yang baik harus banget jadi prioritas di saat puasa gini. Saat sahur dan berbuka menjadi hal yang diperhatikan, tidak sembarangan makanan yang masuk. Bahaya nih, saat berbuka kita sering banget maunya goreng-gorengan, es buah, pokoknya yang seger-seger deh. Sampai akhirnya kekenyangan dengan takjil, makanan utama justru terlupakan. Dan baru makan besar saat sahur. Padahal asupan yang masuk harus seimbang saat sahur dan berbuka.  Tidak berbeda dengan dihari biasa, kita tetap membutuhkan sekitar 2000 kkal per hari. Dengan pembagian, 60% bersumber dari karbohidrat, 15% protein dan 25% dari lemak. Belum lagi 2 liter air dan 28-38 gram serat per harinya, agar tubuh berfungsi optimal. Jadi, makanan bergizi seimbang itu harus dengan jenis makanan bervariasi ya, mommies.

2. Jam tidur yang cukup

Saya pribadi, selepas sahur pasti bawaannya pengen balik tidur lagi, yang kemudian seringnya bukan kantuknya hilang tapi justru membuat kepala jadi pusing, lemas dan males bergerak. Karena nggak mau setiap hari jadi bawaanya lemas, akhirnya saya ubah jam tidur saya selama puasa. Kalo biasanya, selepas pulang kantor masih ngapa-ngapain, saya tinggalkan dan langsung tidur. Nah, ketika sahur selesai, aktivitas yang saya tinggalkan tadi malam baru saya kerjakan sambil menunggu jam berangkat ke kantor. Meski ngantuk, tapi paling tidak nggak buat saya semakin lemas dan males ngapa-ngapain.

3. Tetap berolahraga

Sama halnya dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, pendukung utama lainnya agar tubuh tetap sehat saat sedang berpuasa adalah dengan olahraga dengan porsi yang cukup dan teratur. Kerap kan mengalami, tubuh jadi mudah lelah dan lemas? Padahal jam makan saja yang berubah. Biasanya berolahraga, saat puasa malah tidak sama sekali, padahal itu yang membuat tubuh mommies cepat lemas.

Lakukan saja intensitas olahraga 40-50%, berkurang tapi tidak membuat tubuh kehilangan gerakan yang sudah terbiasa kita lakukan. Yang menjadi pertanyaan, olaharaga apa sih yang pas disaat sedang berpuasa? “Yang jelas, hindari olahraga dengan beban berat. Ada beberapa teknik olahraga ringan yang bisa dilakukan, seperti olahraga kelenturan, contohnya plank, senam lantai atau lakukan gerakan tanpa perlu bergerak kesana kemari.

Seperti saat sedang duduk, angkat satu kaki dan turunkan bergantian dengan kaki yang lainnya. Atau lakukan squad dimeja kerja, itu cukup efektif membantu kita tetap bergerak, dan terhindar dari tubuh yang lemas dan kaku,” jelas Laila Munaf, Co-Founder of Sana Studio saat ditemui diacara kampanye #LazadaBerbagi dan Talkshow “Tetap Bugar Selama Ramadhan” pada Rabu (31/5) lalu. Tetap menurut Laila, kita harus “mendengarkan” tubuh kita, mau melakukan olahraga seperti apa yang aman dan tidak membuang energi yang besar.

  • Treadmill ringan

Mommies bisa lakukan sebelum berangkat beraktivitas, hanya durasi 15 menit sudah membuat tubuh bergerak, dan ini bisa dilakukan di rumah atau saat di kantor.

  • Yoga

Gerakan-gerakan yoga yang beragam bisa dikondisikan saat kamu sedang berpuasa. Lakukan yoga satu sampai dua jam sebelum berbuka,

  • Berenang

Yang hobinya berenang, dan ingin tetap melakukan ini saat sedang puasa, bisa banget kok. Dan bisa mommies lakukan satu jam sebelum berbuka.

  • Jalan santai

Buat ibu pekerja, rasa-rasanya pagi itu waktu yang tergesa-gesa ya. Tapi bukan berarti jadi tidak melakukan olahraga sama sekali. Coba deh, dari pada macet-macetan di jalan, sambil nunggu waktunya berbuka, keluar kantor jalan santai keliling gedung sambil hunting takjilJ atau menuruni anak tangga pelan-pelan sama juga membiarkan tubuh tetap aktif bergerak, kok!

Yang mau menambahkan olaharaga ringan lainnya, boleh ya mommies di kolom komentar. Puasa aman, tubuh tetap fit dan segar!

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Post Comment