Konsumsi Makanan Ini Setelah Berhenti Merokok

Agar keinginan berhenti merokok bisa tuntas, mengonsumsi jenis-jenis makanan ini konon bisa membantu.

Akhir Mei 2017 lalu, kota Bogor diramaikan dengan angkot yang dihias dengan pesan-pesan bahaya rokok terhadap kesehatan. Dari berita yang saya baca, gagasan kampanye ini dilakukan untuk memeringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Kampanye skala besar seperti ini, saya yakin, bisa berhasil bila diawali dari kampanye diri sendiri.

Iya, kampanye diri sendiri untuk berhenti merokok. Bayangkan saja, rokok sudah membunuh 217.400 orang Indonesia setiap tahunnya. Pada tahun 2010, rokok telah menyebabkan 19,8 persen kematian pada laki-laki dewasa dan 8,1 persen kematian pada perempuan dewasa.

Belum lagi ancaman kanker yang bisa saja muncul akibat merokok, seperti kanker orofaring yang terjadi pada bagian rongga mulut dan tenggorokan, kanker ginjal, kanker perut dan kanker payudara. Seram, ya! Jadi, tak ada ruginya segera berhenti merokok, apalagi bila proses berhenti merokok dilakukan bantuan makanan enak.

Konsumsi Makanan Ini Setelah Berhenti Merokok - Mommies Daily

Baca juga:

Fakta Seputar Bahaya Rokok yang Wajib Anda Ketahui

Ternyata, beberapa makanan dapat membantu pecandu rokok untuk berhenti total, seperti:

1. Susu
Ada rokok, biasanya ada kopi. Ini seakan jadi pasangan harmonis. Kalau Mommies sedang berusaha berhenti merokok, coba deh ganti kopi dengan susu. Sebab, menurut penelitian oleh Duke University, Amerika tahun 2007, perokok yang ingin berhenti merokok sebaiknya minum susu. Reaksi kimia racun pada tembakau yang dikombinasikan dengan kandungan laktosa pada susu menyebabkan rasa pahit yang bisa membuat Anda tidak ingin merokok lagi. Produk susu seperti keju atau yoghurt juga bisa digunakan.

2. Sayuran
Beberapa sayuran seperti seledri, wortel, zucchini, dan mentimun akan meninggalkan rasa pahit seperti susu, saat dikonsumsi sebelum merokok. Selain itu, mengonsumsi sayuran juga bisa menurunkan intensitas ketergantungan nikotin karena kandungan zat besinya. Tapi, tak semua sayuran memiliki efek seperti ini. Sayuran manis seperti kacang polong dan jagung justru sebaiknya dijauhi.

3. Jahe dan kayu manis
Meskipun jarang digunakan dalam makanan sehari-hari, namun menambahkan seiris jahe atau kayu manis ke dalam teh akan menekan keinginan Anda untuk merokok.

4. Makanan ringan dengan tambahan garam
Iya, semacam keripik kentang atau kacang asin. Memang, sih, terlalu banyak asupan garam juga tidak baik bagi kesehatan. Tapi bila makanan ini bisa membantu pecandu rokok untuk berhenti, so why not? Camilan asin ini juga ternyata bisa mengurangi keinginan merokok. Tapi, bila Mommies atau pasangan punya penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya konsultasi pada dokter terlebih dahulu, ya.

5. Makanan tinggi vitamin C
Merokok bisa menguras habis persediaan vitamin C di dalam tubuh, sebab nikotin bekerja menekan penyerapan vitamin C. Jadi, konsumsi makanan tinggi vitamin C adalah ide bagus untuk menghilangkan rokok dari hidup Anda. Cara ini juga membuat tubuh secara alami tak lagi membutuhkan nikotin dari luar, khususnya rokok.

6. Permen karet, cokelat, buah kering
Kalau yang ini, saya yakin sudah banyak yang tahu bahwa permen karet akan membuat mulut lebih sibuk sehingga tak terpikir untuk mengisap rokok. Kandungan pemanis di dalam permen karet juga bisa mengurangi ketergantungan pada nikotin. Sama seperti permen karet, mengonsumsi cokelat dan buah kering juga akan membuat Anda melupakan rokok.

7. Ikan
Salmon dan tuna adalah dua jenis ikan yang bisa membantu Anda berhenti merokok. kedua jenis ikan ini akan meninggalkan ‘rasa’ di mulut Anda, yang mungkin tidak Anda sukai setelah merokok.

8. Ginseng
Bahan alami dari Cina ini juga terbukti dapat mencegah nikotin diinduksi sel saraf dopamin neurotransmitter di saraf, sehingga membantu untuk mencegah seseorang untuk mengonsumsi nikotin. Namun, ginseng tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Cukup mengonsumsinya 3-4 kali sebulan.

Selain makanan, Anda juga perlu minum air putih dalam jumlah cukup dalam proses berhenti merokok. Air putih berfungsi untuk membersihkan racun yang disebabkan oleh nikotin.

Baca juga:

Ingin Melindungi Anak? Berhenti Merokok!


Post Comment