10 Kata yang Sering Muncul di CV para Profesional

Lagi ancang-ancang mau pindah kantor dan asik memperbarui CV? Coba lihat lagi, jangan-jangan Anda terlalu sering menggunakan kata-kata berikut ini.

Biasanya, kalau kita ingin ‘jual diri’ ke calon perusahaan, pasti kita menuliskan hal-hal baik atau kelebihan yang kita punya dong, ya. Namanya juga lagi jual diri biar dilirik, dipinang dan diterima :D. Nah, LinkedIn, jaringan online professional terbesar di dunia mengumumkan 10 kata yang ternyata sering banget digunakan oleh para profesional di Indonesia sepanjang tahun 2016 kemarin saat mereka ingin menjual diri mereka.

Berdasarkan data terbaru, “Specialized” dan “Leadership” merupakan dua kata teratas pada daftar buzzwords pada 2016. Kondisi ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana kata “Creative” dan “Motivated” menduduki peringkat 2 teratas.

Bagaimana dengan 8 kata lainnya?

10 Kata yang Sering Muncul di CV para Profesional - Mommies Daily

 

Ini dia 10 kata yang paling sering dituliskan oleh para profesional Indonesia:

1. Specialized
2. Leadership
3. Passionate
4. Experienced
5. Responsible
6. Strategic
7. Creative
8. Expert
9. Focused
10. Certified

Menurut Roger Pua, Senior Director, Corporate Communications for Asia Pacific, LinkedIn, wajar aja kalau seseorang ingin memiliki personal brand yang kuat, terlihat menonjol dan istimewa. Namun jangan sampai kita terjebak dengan kata-kata. Karena, kata-kata yang terlalu umum untuk menggambarkan diri kita dampaknya malah kurang efektif untuk menunjukkan keistimewaan yang kita punya.

Jadi, gimana dong membuat CV kita terlihat menonjol tanpa harus berkesan basi? Chrisopher Sandford, penulis buku biografi terlaris, yang terbiasa menilai prestasi orang lain, memberikan tips:

1. Perhatikan Bahasa
Ringkasan profil adalah hal pertama yang diperhatikan oleh orang dan inilah yang membuat orang tertarik untuk membaca informasi lebih lanjut tentang Anda. Curi perhatian mereka dengan cerita yang unik, kalimat pendek, hingga penggunaan tanda baca dengan efektif. Contohnya ‘Musik adalah cinta pertama saya’. Ingat untuk selalu memikirkan reaksi pembaca ketika membaca ringkasan Anda.

2. Lugas dalam menjelaskan
Gunakan nada yang lugas, tegas. Jangan malu menunjukkan kepribadian dan karakter Anda. Hindari istilah atau jargon khusus yang hanya dimengerti sebagian orang.

3. Pengalaman Anda adalah modal Anda
Tulislah semua pengalaman kerja Anda yang relevan dan jelaskan tugas Anda dengan bahasa sehari-hari. Ini membantu calon perusahaan untuk memahami pengalaman Anda lebih lanjut. Profil lengkap mencerminkan orang yang aktif.

4. Buktikan bukan dengan berkata-kata semata
Tunjukanlah hasil dan prestasi yang nyata di profil, daripada hanya menuliskan kata umum seperti ‘Specialized’ untuk menonjolkan keistimewaan Anda. Hasil presentasi, tulisan, blog, hingga proyek yang di-upload memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kelebihan dan keunikan Anda.

Jadi, mari kita cek ulang CV kita :p.


Post Comment