8 Trik Sederhana untuk Gaya Hidup Sehat

Menjalankan gaya hidup sehat sebenarnya nggak susah, kok. Coba cek beberapa trik sederhana ini dulu, deh.

Siapa sih yang nggak mau menjalankan gaya hidup sehat. Apalagi orangtua semacam saya ini yang ingin menularkannya  pada anak. Sebelum membuat list target yang harus dilakukan untuk hidup lebih sehat, bisa dimulai dengan cara sederhana, lho.

‘Membagi’ piring makan.

gaya hidup sehat

*foto : Pinterest

Coba lihat, deh, selama ini porsi makan kita suda benar dan pas atau belum? Jangan-jangan lebih banyak porsi nasi ketimbang protein atau serat. Ya, pantas saja kalau makin lama makin lebar.  Supaya makan dengan porsi yang pas, bisa dimulai dengan melihat piring makan dan membaginya untuk sajian yang akan dimakan. Lalu periksa, deh, apakah porsi di atas piring  sudah terdiri dari protein sebanyak 25%, skemudian, porsi sayuran hijau sebanyak 50%, selanjutnya 25% untuk karbohidrat. Oh, ya, usaakan pilih piring yang ukurannya sama atau malah kalau perlu gunakan piring yang sama setiap hari.

Baca juga : Ganti 5 Makanan Ini Dengan yang Lebih Sehat

Gunakan tangga kalau memang memungkinkan.

cara sederhana untuk gaya hidup sehat-mommiesdaily

Kalau tempat kerja mommies memang di sebuah gedung, tidak berbentuk rumah seperti kantor Female Daily, bisa memanfaatkan naik tangga setiap hari. Jadi jangan pakai lift terus menerus. Sudah tahu, dong, kalau dilakukan secara rutin, akan bagus untuk kebugaran, bisa membakar lemak, memperkuat otot. Bahkan dengan 2 menit saja  naik tangga membakar bisa 25 kalori. Sedangkan kalau naik lift? Ya, tentu saja nol.

Coba makan di luar.

Kalau biasanya minta tolong office boy untuk membelikan makanan, gimana kalau mulai coba ubah kebiasaan tersebut? Coba cari makan sendiri di luar, lagi pula percaya deh ketika jalan cari makan kita juga bisa mendapatkan udara segar yang membantu membuat perbedaan suasana hati sehingga produktivitas kerja jadi lebih ok.

Jangan gengsi membawa botol minuman setiap hari.

Manfaat air putih untuk kesehatan, tentu suda pada tahi dong, ya? Nah, saat ini saya dan teman-teman kantor banyak sekali yang membiasakan untuk membawa botol minuman sendiri ketika makan di luar. Lagi pula dengan membawa botol minum setiap hari merupakan cara terbaik untuk memastikan hidrasi sepanjang hari. Selain itu menurut saya, sih ajang mencintai bumi karena kita bisa menghindari penggunaan botol plastic dari air mineral yang kita beli. Plus lebih irit! Oh, ya, ada baiknya juga kita membuat target air minuman yang harus kita minum setiap hari.

Makan sebelum makan.

Lho apa maksudnya nih, makan sebelum makan? Jadi gini, loh… buat saya yang bekerja di media, sudah bisa dipastikan setiap minggu akan datang ke sebuah acara untuk meliput. Di tempat peliputan tersebut saya sudah pasti akan menemukan makanan yang mengoda untuk dicicipi. Untuk menghindari kebablasan, saya pun akan memilih untuk makan lebih dulu, setidaknya makan buah atau sayuran. Al ini juga berlaku kalau saya akan pergi ke pesta pernikahan atau datang ke jaumuan makan malam lainnya.

Mencium bau jeruk.

Ngerasa mood lagi nggak bagus? Stress dengan pekerjaan yang numpuk atau memang sedang merasa lelah? Coba deh mencium aroma jeruk, beberapa studi telah menemukan kalau aroma jeruk bisa mengurangi stres, meningkatkan mood, dan membuat kita merasa jauh lebih terjaga. Nggak ada salanya juga untuk makan jeruk segar saat sarapan, dan jangan lupa hirup aromanya. Punya wewangian jeruk? Bisa juga dimanfaatkan untuk dioleskan sedikit di pergelangan tangan.

Susah tidur? Jangan lupa makan kiwi.

Siapa di antara mommies yang suka susah tidur? Insomnia mungkin? Sebelum punya anak, saya dikenal jago bedagang. Malah dulu saat masih sekolah, mama saya sering ngedumel karena saya lebih sering tidur larut malam. Setelah punya anak? Wah, saat membacakan Bumi buku cerita atau mendongeng sebelum tidur, biasayanya sih saya langsung ikutan tidur, hahaha. Tapi tetap saja sesekali saya merasa susah tidur, kalau sedang menghadapi situasi seperti ini saya langsung mengonsumsi kiwi. Tanpa disadari, selain membantu untuk meningkatkan gairah seksual, buah kiwi yang banyak mengandung vitamin C daripada jeruk juga membantu kita untuk bisa tidur lelap sampai pagi hari bangun dengan segar.

Jauhkan ponsel di malam hari.

Saya pernah membaca artikel di Daily Mail yang menyatakan kalau menatap layar ponsel pada waktu tidur malah menyebabkan orang untuk susa tidur. Hal ini dikarenan mata jadi fokus di layar ponsel, contohnya saha melihat foto-foto ‘menggoda’ si mbak sis di Instagam  *eh, ini sih saya :D . Padahal malam hal itu kan sangat penting bagi tubuh untuk meremajakan sel-sel dan memperbaiki kerusakan yang diderita selama hari. Jadi lebih baik mulai biasakan menjauhkan ponsel kalau malam hari khususnya setelah berada di kamar. Toh, foto-foto di Instagram atau mau memantau time line di Path bisa menunggu sampai pagi bukan?

Baca juga : Puasa Gadget Ciptakan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

 

 


Post Comment