Bidang Pekerjaan yang Memberikan Gaji Lebih Tinggi Kepada Karyawan Perempuan di Indonesia

Berdasarkan 60.000 responden, ternyata ada beberapa pekerjaan yang memberikan gaji lebih tinggi kepada karyawan perempuan daripada karyawan laki-laki pada tahun 2016 kemarin.

Bidang Pekerjaan yang Memberikan Gaji Lebih Tinggi Kepada Karyawan Perempuan di Indonesia  - Mommies Daily

Baca juga:

8 Perusahaan dengan Aturan yang Ramah Untuk Ibu Bekerja

Meskipun gender sempat dianggap sebagai salah satu faktor penyebab adanya kesenjangan gaji, namun faktanya saat ini hampir tidak ada kesenjangan pendapatan antara pria dan wanita di Indonesia. Bahkan ada bidang – bidang pekerjaan yang memberikan gaji lebih tinggi kepada karyawan perempuan dibanding karyawan laki-laki. Dan, tahukah mommies bidang pekerjaan apa? Jawabannya adalah bidang Engineering, Keuangan dan Akuntansi, Hukum dan bidang Riset dan Pengembangan (R & D).

Baca juga:

Benarkah Gaji Karyawan Perempuan Lebih Rendah Dari Karyawan Laki-laki?

Temuan ini diperoleh berdasarkan analisa yang dilakukan Jobplanet terhadap 60.000 responden yang tersebar di 35 propinsi Indonesia. Dalam analisa ini, perbandingan dilakukan antara karyawan perempuan dan laki-laki pada level staf dan manajer.

Gaji rata-rata staf perempuan yang bekerja di bidang engineering lebih tinggi 10,1% daripada gaji rata-rata staf pria di bidang yang sama. Sementara, gaji rata-rata staf perempuan di bidang hukum lebih tinggi 10,2% dan gaji rata-rata staf perempuan di bidang R&D lebih tinggi 10,1% daripada gaji rata-rata staf laki-laki pada masing-masing bidang tersebut.

Pada level manajer, gaji rata-rata yang lebih tinggi diterima oleh manajer perempuan yang bekerja di bidang pengembangan bisnis, engineering, keuangan dan akuntansi, serta bidang R&D.

Gaji rata-rata manajer perempuan yang bekerja di bidang pengembangan bisnis lebih tinggi 7,6% ketimbang gaji rata-rata manajer laki-laki. Sementara, gaji rata-rata manajer perempuan di bidang engineering lebih tinggi 13,2%, gaji rata-rata manajer perempuan di bidang keuangan dan akuntansi lebih tinggi 10,0%, dan gaji rata-rata manajer perempuan di bidang R&D lebih tinggi 14,1% daripada gaji rata-rata manajer laki-laki pada setiap bidang tersebut.

Perbandingan gaji rata-rata karyawan pria dan wanita

Berdasarkan analisis terhadap informasi gaji para responden secara keseluruhan, Jobplanet menemukan bahwa gaji rata-rata yang diterima oleh staf perempuan di Indonesia lebih tinggi 1,1% dibandingkan dengan gaji rata-rata staf laki-laki. Sementara itu, gaji rata-rata manajer perempuan lebih besar 4,6% dibandingkan gaji rata-rata manajer laki-laki. Angka-angka tersebut adalah perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh karyawan, dan belum termasuk dengan bonus serta tunjangan mereka.

Meski demikian, perbedaan gaji rata-rata tersebut masih berada di bawah 5%, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada kesenjangan gaji antara karyawan pria dengan wanita.

Ini menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan sudah mulai mengakui kemampuan perempuan dalam bekerja dan memberikan penghargaan yang baik kepada mereka. Nah, berminat ganti haluan mom?


Post Comment