Kaleidoskop 2016

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Mulai dari tren gaya pengasuhan, anak seleb paling populer, kejahatan terhadap anak, hingga peran wanita di dunia. Simak yuk kaleidoskop 2016.

Anti-Helicopter Parenting

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily



Para mama-mama (dan papa) muda, terutama generasi milenial sudah mulai meninggalkan gaya pengasuhan ala helikopter, gaya pengasuhan yang dalam praktiknya selalu berada di samping anak di setiap aktivitasnya. Mereka ingin menikmati menjadi orangtua yang lebih relaks, tidak memberikan jadwal aktivitas yang terlalu ketat dan padat bagi anak, serta mendorong anak untuk jauh lebih bebas dan mandiri.

Kemunculan Vlogger Family

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily
Mulai banyak orangtua yang mendokumentasikan aktivitas keluarga dalam video (yang diedit) dan mengunggahnya ke akun youtube, atau media sosial masing-masing, terutama Instagram. Hal ini akan memicu gaya pengasuhan ‘Sharenting’ di tahun 2017. Vlogger family ditengarai akan makin marak di tahun monyet api. Salah satu keuntungan menjadi vlogger family yang populer adalah endorsement (sponsor) dari pemiliki produk yang tak hanya menghasilkan uang tapi juga fasilitas-fasilitas, hingga liburan gratis.

Nastusha Olivia Alinskie

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily
Buah hati dari pasangan artis Chelsea Olivia dan Glen Alinskie ini, walau belum genap berusia 6 bulan, sudah mampu merebut hati para netizen. Akun instagramnya langsung memiliki follower 740 ribuan, mengalahkan jumlah follower akun Gempita, putri dari Gisel dan Gading Marten, yang hingga kini hanya memiliki 170 ribuan follower.

Vaksin Palsu

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily
Sindikat pemalsuan vaksin yang ditangkap di pertengahan tahun 2016 sempat membuat resah para orangtua, terutama yang berdomisili di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Sindikat ini memproduksi vaksin tetanus, BCG, campak, dan polio dalam jumlah besar, serta dijual bebas ke sejumlah rumah sakit dan klinik. Pengurus IDAI, dr Soedjatmiko, menjelaskan vaksin buatan dalam negeri yang diproduksi oleh PT. Biofarma adalah aman, yang dipalsukan adalah vaksin-vaksin impor. IDAI merekomendasikan untuk memberikan vaksinasi ulang pada anak-anak yang menerima vaksin impor palsu tersebut.

Permen Narkoba

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily
Bulan Oktober 2016, kalangan orangtua dikagetkan dengan beredarnya permen Jari yang diduga memiliki kandungan narkoba. Sebuah broadcast message yang beredar di WhatsApp Group dan media sosial, menyebutkan, seorang anak di wilayah Tangerang tertidur hingga dua hari setelah mengonsumsi permen Jari. Setelah melalui pengecekan, pihak BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) tidak menemukan indikasi adanya kandungan obat terlarang pada permen Jari. Bahkan permen tersebut telah terdaftar resmi di BPOM. Direktur Pengawasan Makanan BPOM RI, Tety H Sihombing menghimbau masyarakat untuk tidak langsung percaya pada informasi-informasi tidak jelas dan sulit dipertanggungjawabkan, yang beredar melalui media sosial, ataupun grup messenger.

Darurat Nasional: Kejahatan Terhadap Anak

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily
Sepanjang tahun 2016 kejahatan terhadap anak semakin mengkhawatirkan. Mulai dari kejahatan seksual yang dialami oleh (alm)Yuyun, (alm) Dafa, 7 tahun, yang disiksa oleh ibu tirinya sendiri, bayi Ibrahim yang diberikan penenang oleh ibunya, hingga yang baru saja menghentakkan hati kita di penghujung tahun, perampokan di Pulomas, Jakarta, yang menghabisi nyaris satu keluarga, termasuk 2 anak perempuan yang masih berusia di bawah 12 tahun. Sebagai orangtua tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi pada anak kita. Untuk itu, sebagai anggota masyakarat, kita pun dihimbau untuk ikut mengawasi jika di lingkungan kita terjadi kekerasan terhadap anak, dan hendaknya segera melaporkan ke pihak yang berwenang.

Sri Mulyani Meninggalkan World Bank

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily
Ketika Presiden Joko Widodo sedang menggodok reshuffle menteri di pertengahan tahun 2016, Sri Mulyani santer terdengar akan menduduki posisi Menteri Keuangan. Isu panas jadi kenyataan, sejak 27 Juli 2016, Sri Mulyani melepas karier internasionalnya demi mengisi posisi Menteri Keuangan RI.

First Lady Amerika Serikat Paling Glamour

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily
Melania Trump (46) dijuluki ‘first lady AS paling glamor’ setelah Jackie Kennedy. Dibandingkan gaun merah hitam Michelle Obama rancangan Narciso Rodriguez 8 tahun lalu, jumpsuit one-shoulder rancangan Ralph Lauren yang dikenakannya dalam pidato kemenangan Trump mencapai 3.990 dolar AS.

So Long, Princess Leia

Kaleidoskop 2016 - Mommies Daily
Untuk anak-anak generasi milenial, mungkin sosok Princess Leia belum terlalu dikenal walaupun ia hadir di Starwars: The Force Awakens. Walau pun begitu, putri Darth Vader ini tetap memiliki peran penting dalam cerita Starwars selanjutnya yang direncanakan tayang tahun 2017. Di film itulah mungkin anak-anak akan melihat perjuangan Princess Leia menaklukkan kejahatan untuk terakhir kalinya. Carrie Fisher, aktris pemeran Leia Organa tutup usia di umur 60 tahun akibat serangan jantung. Mungkin ini waktunya kita mengajak si kecil pecinta Starwars mengenalkan siapa Princess Leia dengan menonton trilogi pertama mereka, sekaligus kita bernostalgia. Selamat jalan Princess, salam buat Hans Solo.


Post Comment