Berburu Barang Antik di Tempat Ini, yuk, Mommies!

Buat mommies yang gandrung dengan barang antik untuk menghias tampilan rumah, cek beberapa tempat berikut ini, ya.

Sebagian mommies pasti ada yang suka mengoleksi barang-barang antik. Misalnya yang saya ingat, tante saya rajin membeli anek patung dan guci-guci tua. Buat para pengoleksi barang antik, ada kepuasaan tersendiri sih memang, ketika mendapatkan barang yang mereka incar. Nggak hanya puas, tapi ada nilai historis atau bahkan kenangan tersendiri di balik barang antik yang dibeli. Makanya nggak heran, tak sedikit para kolektor rela merogoh kocek dalam, untuk mendapatkan barang yang mereka incar.

Berburu Barang-barang Antik di Tempat Ini, yuk, Mommies!Image: www.pegipegi.com

Bicara barang antik, sebagian besar keluarga dari suami saya, adalah pedagang barang antik. Jenisnya juga beragam, mulai dari mebel dari berbagai jenis kayu, keramik tua, guci, lampu-lampu, hingga pedang yang konon berusia ratusan tahun. Kalau saya sejauh ini, paling suka sama kaca yang mempunyai frame unik. Mengingat satu kaca bisa dihargai belasan juta rupiah, jadi berpikir dua kali, untuk membelinya, hahaha. *dalam rangka bijak menghemat.

Nah, buat mommies yang kebetulan sedang dan masih terus hunting barang-barang antik, saya berikan beberapa referensi tempatnya, ya:

  1. Jalan Surabaya, Jakarta

Siapa yang nggak tau dengan Jalan Surabaya, ini? Sejak tahun 1960-an jalan ini sudah dikenal sebagai pusat penjualan barang antik di Jakarta. Di jalan ini, juga jadi destinasi para wisatawan mancanegara. Totalnya, ada lebih dari 100 toko. Barang yang dijual juga macam-macam, terdiri dari lampu antik, koper-koper jadul, instrumen musik, mesin tik, dan aneka pernak-pernik pajangan. Nggak jarang juga area ini jadi lokasi shooting film.

  1. Ciputat, Ir. H. Juanda, Tangerang Selatan – Banten

Ini yang sempat saya bilang, di sepanjangan jalan Ir. H. Juanda mommies akan menemukan deretan ruko yang menjual furnitur antik. Modelnya boleh saja lampau, tapi yang saya tahu kualitas kayunya tidak perlu diragukan. Sebagian toko malah sampai meng-ekspore produknya. Patokan lokasi ini, dari Terminal Lebak Bulus, mommies lurus saja melewati underpass Pasar Jumat.

  1. Taman Puring, Jakarta

Tak hanya populer sebagai tempat menjual sepatu bekas bermerk. Taman Puring juga menyimpan “harta karun” barang antik yang bisa mommies buru. Letaknya tak jauh dari pasar Mayestik dan Gandaria. Ada vas-vas bunga cantik, tea set dengan model yang unik atau telepon vintage yang bisa dijadikan pemanis ruang tamu.

  1. Pasar Cikapundung, Bandung

Yang unik dari toko-toko yang menjual barang antik di Pasar Cikapundung, adalah beberapa kios barang antik menjual barang dagangannya sesuai tema. Misalnya barang antik berupa mainan tempo dulu berbahan logam dan macam-macam kemasan dari kaleng. Sekadar informasi, jam buka toko-toko di sana, dimulai dari siang hari dan tutup larut malam.

  1. Pasar Antik, Triwindu Solo

Lokasi pasar ini ada di jalan Diponegoro, di tengah kota Solo. Barang yang dijual tak jauh dari kesan etnik dan kuno. Tak jauh dari pasar antik pada umumnya, ada koper-koper kuno, lampu gantung antik, topeng-topeng kayu, patung dan ornamen unik lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan rumah.

Ada yang ingin mau menambahkan list saya di atas? Silakan, ya :)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Post Comment