Si Kecil Mau Renang di Area Water Park? Wajib Perhatikan 6 Hal Ini!

Arena bermain seperti water park bisa berujung malapetaka, jika sebagai orangtua lalai memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Pagi hari ini, 21 Desember 2016, Fia-Managing Editor Mommies Daily mengirimkan link berita yang berisikan seorang bocah berusia 8 tahun, meregang nyawa di sebuah water park di Bekasi, 11 Desember lalu. Penyebab korban meninggal, sejauh ini dicurigai karena tersedot grill sirkulasi air di kolam arus yang kedalamannya sepinggang orang dewasa.

Si Kecil Mau Renang di Area Water Park? Wajib Perhatikan 6 Hal Ini! - Mommies Daily

Namun di sisi lain, water park, masih jadi pilihan yang menarik untuk kegiatan anak dan keluarga selama masa liburan, kan? Hmmm, jangan jadi malah parno, tapi, ya, mommies. Selama mommies memerhatikan beberapa hal berikut ini, mudah-mudahan tidak ada kejadian serupa yang terjadi lagi.

  1. Pemanasan tetap penting!

Seperti umumnya jenis olahraga lainnya, renang juga membutuhkan pemanasan untuk mencegah terjadinya kejang atau keram otot. Arahkan si kecil untuk melakukan peregangan otor lengan, leher, pinggang, punggung, perut dan kaki. Jika mommies belum terbiasa, minta bantuan pada pihak water park, yang seharusnya punya tenaga ahli untuk melakukan ini. Atau sempatkan untuk cari tahu gerakan peregangan tadi dari buku atau youtube.

  1. Satu anak, diawasi satu orang dewasa

Ini sih udah wajib ya, hukumnya. Namanya masih anak-anak, fokus mereka kan hanya main menikmati aneka wahana air. Nah, bagian, orang dewasa  mengambil alih tugas pengawasan. Jangan mengandalkan life guard di water park yang mommies kunjungi. Dari perbandingannya saja, kan tidak sebanding dengan jumlah pengunjung kan?

  1. Beri pengertian pada anak, hindari bercanda berlebihan

Untuk anak yang sudah lebih dewasa, beri pengertian supaya nggak bercanda berlebihan. Hindari dorong-dorongan, menjatuhkan diri ke kolam dengan cara yang tak biasa dan gerakan lainnya yang berpotensi terjadi kecelakaan di kolam renang.

  1. Hati-hati dengan lingkungan sekitar kolam renang

Poin ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, misalnya grill sirkulasi yang sempat saya singgung di awal artikel. Kenali “medan bermain” si kecil dengan baik, dengan cara bertanya langsung pada pertugas water park dan melihat langsung keadaan area water park yang mommies kunjungi. Tanyakan, dimana mesin-mesin sejenis grill sirkulasi ini yang wajib dihindari.

  1. Pastikan tahu nomor darurat pihak water park

Jika pihak pengelola tidak mencantumkan nomor yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat, sebaiknya mommies bertanya langsung kepada petugas. Nomor mana yang selalu stand by dihubungi jika terjadil hal-hal yang tidak diinginkan, terutama menyangkut keselamatan si kecil dan anggota keluarga lainnya. Nah, makanya, kalau lagi ada di luar dan jauh dari aliran listrik, penting juga membawa power bank, supya HP mommies juga siap siaga untuk menelepon.

Selamat berenang dengan aman dan nyaman, mommies :)

Baca juga:

Direktori Tempat Les Renang di Jakarta


Post Comment