Cara Mengatasi Masalah Rambut Pada Wanita Berhijab

Sebagai pemakai hijab, ini beberap masalah rambut yang sering saya rasakan.

Ketombe, kulit kepala sering terasa gatal, rambut sering lepek hingga rambut rontok adalah beberapa problem yang sempat hinggap di rambut saya. Kadang, demi memutus rantai masalah secara instan, banyak wanita berhijab yang mengambil langkah untuk memotong rambut hingga pendek. Alasannya supaya praktis dan gampang diatur.

Padahal, punya rambut panjang juga nggak apa-apa loh meski memakai hijab sehari-hari. Selama kita bisa merawatnya secara tepat, rambut dan kulit kepala bisa terhindar dari masalah. Bahkan, kesehatan rambut juga selalu terjaga.

Ada beberapa hal yang pernah saya lakukan sebagai solusi dari masalah rambut tersebut, di antaranya:

masalah rambut pada pemakai hijab

Keramas secara teratur

Kalau sudah nggak tahan sama gerah,  umumnya kita jadi mencuci rambut dengan shampo sesering mungkin, bahkan bisa setiap hari!  Duh, sebenarnya ini bukan hal yang benar loh. Pasalnya, semakin sering dicuci, otomatis kulit kepala kita akan semakin banyak menghasilkan minyak alami, yang malah menyebabkan rambut menjadi mudah berminyak atau lepek. Sebaiknya, keramas cukup 2-3 kali dalam seminggu. Jangan lupa, shampo yang  dipilih haruslah sesuai dengan keadaan rambut dan kulit kepala. Khusus yang berketombe, maka gunakan shampo anti ketombe seperti Sebamed Anti-Dandruff Shampo.

Sebamed

Pastikan rambut harus kering

Sebelum memakai ciput dan hijab, penting banget memastikan rambut kita benar-benar kering, terutama kulit kepala. Keadaan yang lembap dapat memicu masalah kulit kepala dan rambut di kemudian hari. Ingat ya Mommies, saat memakai hijab, otomatis rambut dan kepala kita tertutup rapat dengan kain. Situasi ini menyebabkan kurangnya sirkulasi udara untuk area rambut. Supaya rambut tetap dapat bernapas meski tertutup hijab, maka gunakan ciput dan hijab dengan bahan yang nyaman. Hijab yang terbuat dari katun, bahan paris dan ceruti sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Jangan terlalu kencang mengikat rambut

Nah, bagi Mommies yang memiliki rambut panjang, sebaiknya tidak mengikat rambut terlalu kencang. Kebayang kan ketika rambut diikat terlalu kencang dan ditutup oleh hijab selama berjam-jam, pasti bikin nggak nyaman juga. Mengikat rambut terlalu kencang mengakibatkan peredaran kepala menjadi tidak lancar. Jadi, alangkah baiknya mulai dari sekarang Mommies sedikit melonggarkan ikatan rambut. Satu lagi, pilih ikat rambut dengan bahan yang nyaman bagi rambut.

Jagalah kebersihan peralatan khusus rambut yang Mommies gunakan

Mulai dari sisir, ikat rambut, jepitan hingga handuk yang biasa Mommies gunakan perlu diperhatikan kebersihannya. Cuci secara berkala dan keringkan dengan benar.

• Rawat rambut dengan masker, vitamin, penyubur rambut hingga hair spa

Sama seperti kulit tubuh, rambut juga perlu perhatian banyak loh! Selain menggunakan shampo, maka mulailah memakai produk perawatan rambut seperti masker rambut, vitamin yang dipakai pada batang rambut, penyubur rambut yang digunakan pada kulit kepala hingga hair spa yang berfungsi untuk menguatkan rambut Mommies. Jika Mommies melakukan perawatan ini secara berkala, maka masalah kulit kepala dan rambut Mommies dapat diatasi satu-persatu. Mungkin hasilnya tidak instan, tapi jika prosesnya diikuti dengan baik maka akan terjadi perubahan positif pada rambut. Bisa juga Mommies gunakan penyubur rambut dari Kamimoto, reviewnya bisa dilihat di sini.

Kamimoto

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Rasanya percuma juga jika Mommies sudah berusaha maksimal untuk merawat rambut dari luar namun tidak diimbangi dari dalam. Mulailah rajin mengonsumsi makanan sehat. Sayuran hijau dan makanan kaya akan protein dapat membantu Mommies dalam mengatasi masalah rambut dan kulit kepala. Tentu saja, dengan mengonsumsi makanan sehat Mommies pun akan mendapatkan rambut dan kulit kepala yang sehat.

Jika setelah beberapa minggu Mommies masih belum melihat perubahan yang nyata, ada baiknya juga Mommie berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi masalah kulit kepala dan rambut yang bemasalah.

Untuk Mommies yang memiliki tips lainnya, boleh juga loh sharing dengan kami melalui kolom comment di bawah ini. Dan bagi Mommies yang membutuhkan review lain tentang produk perawatan rambut, bisa mampir kesini juga.


Post Comment