banner-detik
FITNFAB MOMMY

5 Aplikasi Olahraga untuk Mommies yang Super Sibuk

author

mamul19 May 2016

5 Aplikasi Olahraga untuk Mommies yang Super Sibuk

Yakin nggak punya waktu untuk olahraga? Dengan memanfaatkan aplikasi, aktivitas yang bisa membuat tubuh sehat dan bugar ini bisa tetap dilakukan, lho!

Buat saya, olahraga itu penting. Sama pentingnya seperti makan atau minum yang dikonsumsi. Sayangnya, banyak dari kita yang belum mau menyadari bahwa olahraga memiliki andil besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi kesehatan mental pun ikut dijaga. Dalam sebuh studi yang diterbitkan oleh Journal of Psychiatry and Neuroscience, para peneliti telah membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan dapat bekerja sebagai anti-depresan dan mengurangi gangguan depresi. Bisa dikatakan bahwa dengan melakukan olahraga, Mommies telah menemukan satu cara untuk mengatasi depresi. At least, jika kita rutin berolahraga, stress pun enggan menghinggapi diri.

DAILY YOGA

Namun, berhubung ritme keseharian kita cukup padat, nggak jarang kita sering merasa kalau kita nggak ada waktu untuk berolahraga, benar nggak??? Perasaan ini nggak cuma dirasakan oleh para working mom, kok, bagi Mommies yang bekerja dari rumah (seperti saya) juga suka ngerasain kebingungan yang sama.

Saya bersyukur karena kebingungan saya ini bisa teratasi dengan munculnya berbagai aplikasi olahraga dapat dengan mudah saya donwload di smartphone. Kalau bicara soal hasil, semua sih tergantung dari rutinitas yang kita lakukan ya. Jika ingin hasil yang bagus ya sudah pasti harus dilakukan secara teratur. Nope, saya nggak bicara tentang olahraga berjam-jam setiap hari kok,cukup 30 menit per hari asal rutin maka Mommies akan melihat perubahan bentuk badan dalam waktu empat minggu. Jadi, inilah lima aplikasi yang saya rekomendasikan bagi Mommies yang sibuk dan merasa nggak punya waktu ke gym, di antaranya :

• NIKE TRAINING CLUB (NTC)

Buat saya, aplikasi olahraga yang satu ini memang juaranya. Sejak awal, kita sudah diberikan pilihan di awal “Ingin melakukan olahraga seperti apa?”, disesuaikan dengan kemampuan kita, apakah kita tipe yang rutin berolahraga setiap hari, seminggu 3-4 kali atau hanya sebulan beberapa kali! Selanjutnya, kita cukup memilih menu olahraga yang diinginkan. Selain disajikan dalam bentuk visual (dalam bentuk potongan gambar, video pendek dan penjelasan mengenai gerakan yang akan dilakukan), NTC juga memberikan pilihan level sesuai kemampuan. Ada juga program, olahraga yang bisa langsung Mommies aplikasikan untuk satu bulan. Jadi nggak perlu pusing mikirin mau olahraga apa aja selama sebulan penuh, keren kan! Walapun aplikasi ini free, tetap saja menu olahraga yang disajikan bukanlah menu sekadarnya. Meskipun dalam level beginner, tetap saja “berasa banget di badan” saat pertama kali dilakukan. Sayangnya, ada beberapa menu olahraga yang membutuhkan alat bantu seperti dumbbell, mat, kettle ball.

• SWORKIT

???????????????????????????????

Saya nggak sengaja menemukan aplikasi ini saat sedang jenuh dengan menu olahraga yang biasa saya lakukan. Dulu, aplikasi ini mayoritas dipenuhi dengan menu olahraga yang berbayar. Baru-baru ini, saya mengunggahnya lagi ke dalam smartphone setelah melihat review yang cukup bagus. Hampir sama seperti aplikasi NTC, SWORKIT menawarkan berbagai menu olahraga untuk dilakukan di manapun. Tentu saja, free meski kita tetap diberikan pilihan untuk mengunggah menu olahraga yang dilabeli PRO alias berbayar. Aplikasi ini tidak menawarkan berbagai macam goals, namun kita bisa memilih jenis olahraga yang ditawarkan. Soal visualisasi, video pendek yang disajikan sangat membantu. Berhubung durasi olahraga yang mereka sajikan cukup singkat, nggak ada salahnya kita mengulang beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

• FITGIRLSGUIDE (FGG)

Sebenarnya, review tentang FGG pernah saya buat secara khusus. Tapi nggak ada salahnya ya saya cantumkan aplikasi ini karena memang hasilnya oke banget. Dalam melakukan aplikasi ini, hampir secara keseluruhan hanya membutuhkan badan sendiri alias tidak memakai bantuan alat. Enaknya lagi, olahraga yang dilakukan sudah diprogram oleh tim FGG dan rata-rata tidak membutuhkan waktu lama dalam melakukannya. Selain itu, aplikasi ini juga mencantumkan resep makanan sehat yang enak serta contoh menu olahraga yang disesuaikan dengan kemampuan. Sayangnya, tim FGG tidak memberikan contoh jelas pada setiap gerakan. Tidak juga ada timer yang berjalan di saat kita melakukan olahraga dari aplikasi ini. Satu lagi, Mommies nggak boleh bilang bosan dalam menjalankan aplikasi FGG selama 28 hari ya.

DAILY WORKOUT FEMALE (DWF)

Yang butuh cardio atau latihan beban tanpa alat macam-macam, silakan memilih aplikasi ini. Meski tampilannya sederhana, aplikasi ini tetap oke. Visualisasi gerakan yang dicontohkan pun sangat jelas diperlihatkan dalam sebuah video pendek. Kita juga bisa memilih total waktu yang diinginkan saat berolahraga, mulai dari 10 menit, 20 menit atau 30 menit. DWF memberikan berbagai pilihan meski tidak sebanyak NTC atau SWORKIT ya. Overall, aplikasi ini masih layak untuk Mommies unggah dan pastinya free.

• DAILY YOGA

Yang suka (dan butuh) olahraga Yoga, bisa banget download aplikasi ini sesegera mungkin. Cukup gelar mat dan mulailah ber-yoga ria sambil memerhatikan visualisasi gerakan dari layar smartphone. Bagi saya, aplikasi ini the best deh! Selain visualisasi yang jelas, penjelasan dari audionya pun tidak membingungkan. Mommies akan dipandu dengan baik dalam melakukan gerakan yoga dan pengambilan napas. Memang, ada menu pro alias berbayar yang bisa Mommies pilih untuk melengkapi berbagai macam menu gratisan dari aplikasi Daily Yoga. Tapi jangan salah, yang gratisan juga tidak mengecewakan dan ada banyak menu yang bisa Mommies pilih. Bisa juga, Mommies memilih program dalam waktu beberapa minggu yang mereka tawarkan.

Mulai sekarang, nggak ada lagi cerita bahwa Mommies kebingungan akan melakukan olahraga seperti apa. Semua aplikasi olahraga yang saya rekomendasikan ini bisa Mommies lakukan di rumah. Untuk alat bantu, jika Mommies belum memilikinya maka tidak perlu memaksakan diri untuk mempunyai alat tersebut. Namun nggak ada salahnya jika Mommies memiliki satu mat (yang bisa dipakai saat melakukan yoga dan olahraga beban) serta sepasang dumbbell.

So, selamat berolahraga di rumah and keep healthy ya Mommies!

Share Article

author

mamul

pecinta lemon hangat dan yoga. suka dengan makanan manis, terutama bolu keju. selalu girang ketika mendengar teman/kerabat/kenalan hingga anggota forum melakukan diet sehat disertai olahraga. slogan penyemangat hidup dalam menghadapi jungkir baliknya dunia parenting adalah "i'm not their perfect mother, but i always try to be the best for my kids, myself and my husband, be the best for my family".


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan