4 Produk Makeup Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak? Produk makeup yang salah bisa membuat wajah makin mengilap. Ini rekomendasi makeup untuk kulit berminyak yang sudah diuji ketahanannya!

Walaupun sekarang ini kulit saya sering mengalami dehidrasi, namun karena pada dasarnya jenisnya berminyak, jadi tetap saja saya harus berhati-hati menggunakan produk kecantikan. Untuk skincare, saya harus mencari produk yang memberikan cukup hidrasi, tapi juga tidak terlalu berat sehingga bisa diserap dengan baik oleh kulit saya dan tidak membuat kulit mengilap. Saya juga biasanya menghindari produk-produk yang menimbulkan iritasi, seperti sabun pencuci muka berjenis foam, yang bisa membuat kelenjar minyak di wajah saya malah overactive.

Untuk makeup, permasalahannya lain lagi. Biasanya produk yang dipasarkan sebagai produk makeup yang “oil-free” atau “mattefying”, jatuhnya terlalu kering dan malah susah menempel di kulit saya. Luckily, my job gives me plenty of opportunities to test many many products. Sehingga melalui trial and error, saya berhasil menemukan produk-produk yang tidak hanya sukses menahan kilap di wajah, tapi juga membuat makeup saya tampak fresh seharian. Mau tau apa saja produknya?

1. Benefit POREfessional Face Primer

makeup-kulit-berminyak3

Punya kulit berminyak? Bersahabatlah dengan foundation primer. Produk ini jadi kuncian saya untuk foundation yang awet sepanjang hari, tidak mudah luntur dan tidak oksidasi. Primer dari Benefit yang sempat memenangkan Female Daily Best of Beauty Awards ini mempunyai oil control yang sangat bagus, sehingga saya tidak terlalu harus sering touch up dengan bedak seharian. Plusnya lagi, foundation terasa lebih mudah di-blend saat diaplikasikan di atasnya.

2. Bobbi Brown Longwear Gel Eyeliner in Black Ink

makeup-kulit-berminyak4

Bukan hanya diberkahi dengan kulit berminyak, I also have super oily eyelids! Sudah tidak terhitung deh, produk eyeshadow atau eyeliner yang harus saya donasikan ke orang lain, karena setelah beberapa jam digunakan, mata saya dihiasi lingkaran hitam ala musisi Emo hasil dari makeup yang luntur tersebut. Gel liner ini salah satu produk eye makeup yang bisa bertahan di mata saya seharian sampai malam hari, dan warnanya pun tetap hitam sampai saya menghapusnya. I wear this almost everyday.

3. MAC Pro Longwear Paint Pot in Bare Study

makeup-kulit-berminyak5

Bicara oily lids, tentunya harus bicara eyeshadow primer. Ya, sama dengan foundation, makeup mata pun harus diberi primer supaya lebih tahan lama. Produk ini wajib ada di arsenal saya sebagai produk makeup untuk kulit berminyak, terutama kalau saya menggunakan makeup mata yang cukup heavy. Sebenarnya produk ini adalah cream eyeshadow. Tapi karena warnanya netral, dengan sedikit shimmer, dan juga punya oil control yang baik, banyak yang menggunakannya sebagai primer, termasuk saya. Warna eyeshadow juga akan kelihatan lebih “pop” saat menggunakan produk ini sebagai base. Karena jar-nya besar, jadi awet banget loh.

3. Benefit The POREfessional Agent Zero Shine

makeup-kulit-berminyak

Sama seperti primernya, produk ini mempunyai “tugas” menahan minyak berlebih yang keluar dari pori-pori kita. Saya menggunakan produk ini sebagai finishing powder setelah foundation dan hasilnya, complexion saya terlihat flawless, tidak berminyak tapi tidak terlalu matte juga. Staying powernya tidak mengecewakan, biasanya di tengah hari memang saya tetap harus menggunakan kertas minyak untuk blotting, tapi tidak di-touch up dengan bedak pun masih oke sampai sore.

4. Menard Blotting Paper

makeup-kulit-berminyak2

The best blotting paper in my opinion! Saking cintanya sama produk ini, saya sampai beli beberapa sekaligus untuk stock. Kayaknya kalau suatu hari blotting paper ini di-discontinued saya akan stress deh. Anyway, sesuai namanya, ini fungsinya untuk mengangkat dan menyerap minyak berlebih dari permukaan kulit kita dan produk dari Menard ini melakukannya dengan sempurna, tanpa “merusak” makeup yang sudah kita gunakan. Kalau punya kulit berminyak, sebaiknya selalu bawa blotting paper karena kita tidak selalu punya waktu dan kesempatan untuk touch up makeup, kan?

How about you mommies? Punya produk andalan produk makeup untuk kulit berminyak?


Post Comment