Cara Menyenangkan Membuat Anak Suka Belajar Matematika

Mengajarkan anak matematika ternyata nggak perlu sampai mengerenyitkan dahi atau ‘menarik urat’. Ada cara menyenangkan yang bisa dikenalkan pada si kecil. Baca uraiannya di artikel ini, ya.

Zaman UTS seperti sekarang ini, time line social media saya selalu dipenuhi oleh ‘kicauan’ teman-teman yang stress mengajarkan anaknya, terutama pelajaran matematika. “Duh… anaknya yang mau ujian, gue yang stress banget. Apalagi ngajarin matematika. Bikin gue pusing,” tulis salah satu teman semasa SMA saya.

Dari sini saya pun jadi flash back ke beberapa tahun belakang. Dulu, ketika masih jadi anak sekolahan, saya juga sempat merasa kalau pelajaran matematika ini sangat rumit. Makanya, saya butuh suasana yang menyenangkan untuk mempelajarinya. Beruntung, waktu itu saya punya guru andalan matematika, kakak pertama saya sendiri. Buat saya, caranya mengajar bikin saya lebih merasa satai memandang mata pelajaran yang ‘horor’ ini.

cara menyenangkan ajarkan anak-anak matematika

Dari sini, saya pun sudah bercita-cita untuk mencari metode menyenangkan saat mengajarkan matematika pada anak saya, Bumi. Apalagi tahun ini anak lanang saya ini sudah mau masuk SD. Jadi, saya pun mulai mengumpulkan informasi bagaimana caranya mengajar matematika tanpa perlu membuat anak stress dan tertekan.

Pucuk dicinta ulam tiba, pas lagi browsing saya menemukan berbagaiinformasimengenaihomework hacks. Tapi dari sekian banyaknya yang saya lihat saya tertarik dengan metode homework hack yang dibuat oleh HP. Caranya benar-benar menyenangkan karena anak pun diajak bermain.

Saya percaya, dengan cara yang menyenangkan seperti bermain, anak akan lebih mudah belajar metematika. Ketika masih kecil, permainan sederhana seperti menghitung biji-bijian atau mengajak anak belanja buah tentu saja bisa dipilih. Tapi semakin anak besar, anak pun butuh tantangan permaian yang sesuai dengan tumbuh kembangnya.

Tapi bagaimana dengan anak yang sudah makin besar dan harus belajar bilangan pecahan? Tantangnnya tentu akan lebih rumit. Nah, coba ajak anak membuat Chatterbox, deh. Permainan ini memang sengaja diciptakan untuk memudahkan kita mengajari anak belajar pecahan.

HP

Caranya mudah,kok, soalnya Homework Hacks ini memang bisa dibuat bersama-sama di rumah dan  bisa diunduh di lewat aplikasi HP. Kemudian Mommies hanya perlu menyiapkan kertas berukuran A4, gunting, dan printer murah berkualitas dari HP, seperti HP DeskJet Ink Advantage 3635 All-in-One yang dapat digunakan tanpa menggunakan kabel.

Berikut saya berikan beberapa langkah yang perlu dilakukan, ya.

  1. Cetak Fractions Chatterbox.
  2. Gunting mengikuti pola garis putus-putus, hingga kertas berbentuk segi empat.
  3. Balik kertas hingga bagian yang berwarna putih menghadap ke atas. Lalu, lipat keempat ujung kertas ke arah dalam, sehingga kertasnya sekarang berbentuk segi empat yang lebih kecil.
  4. Balik lagi kertasnya, dan lipat lagi keempat ujungnya. Sekarang kertasnya berbentuk segi empat yang lebih kecil lagi.
  5. Lipat kertas segi empat di bagian tengah dari kiri ke kanan.
  6. Lalu, buka dan lipat lagi di bagian tengah dari atas ke bawah.
  7. Sekarang kertas segi empatnya jadi memiliki lipatan yang mudah untuk ditekuk. Masukkan jari-jari ke balik lipatan (dua jempol di lipatan bawah dan dua telunjuk di lipatan atas).
  8. Lakukan gerakan mencubit dengan jari sehingga chatterbox terbuka dan tertutup.

Lalu bagaimana cara bermainnya?

  1. Biarkan anak memilih warna yang ada di bagian luar chatterbox.
  2. Eja warna tersebut dan buka-tutup chatterbox sejumlah huruf yang dieja. Misalnya, jika memilih warna biru, eja B-I-R-U sambil membuka-tutup chatterbox.
  3. Biarakan anak memilih angka yang ada di bagian dalam chatterbox.
  4. Eja angka tersebut dan buka-tutup chatterbox sejumlah huruf yang dieja. Misalnya, jika memilih angka dua, eja D-U-A sambil membuka-tutup chatterbox.
  5. Setelah anak memilih satu soal yang ada di bagian dalam chatterbox, minta ia untuk menyebutkan bilangan pecahannya.
  6. Buka lipatan chatterbox untuk melihat jawabannya.

Kalau si kecil sudah bisa berhitung, buatlah permainan angka. Ini juga berguna untuk mengajarinya penambahan dan pengurangan sebelum meningkat menjadi perkalian atau pembagian. Sebagai contoh, buat lingkaran di atas kertas dengan warna yang berbeda-beda sesuai usia mereka. Kemudian tulis jawaban dengan meletakkan angka di dalam lingkaran warna-warni. Minta anak menjawab soal matematika dengan memilih warna yang sudah berisi jawabannya.

Umh, permainan ini menarik, ya? Ternyata Chatterbox Fractions ini bisa diunduh dari hpshopping.id/homeworkhacks dan banyak tips insipiratif lainnya. Paling nggak, kalau kita memperlihatkan kalau belajar matematika bisa dengan cara yang menyenangkan, anak-anak pun bisa termotivasi untuk mempelajarinya. Dengan demikian, mereka bisa belajar tanpa perlu merasa terbebani.

Untuk jelasnya bisa lihat lewat video ini, ya, Mommies!


Post Comment