Pentingnya Double Cleansing untuk Kulit Sehat

Banyak cara dan produk untuk membantu kita memiliki kulit idaman, yaitu kulit yang cerah, kenyal, mulus dan bebas jerawat. Kalau mommies baru mulai mempelajari tentang skincare biasanya akan bingung mau mulai dari mana. Moisturizer, toner, masker, serum? Kalau saya, selalu menjawab: mulailah dari langkah pembersihan.

doublecleansing

Di kantor Female Daily Network, kami penganut paham double cleansing yang artinya melakukan 2 langkah pembersihan wajah. Kenapa harus 2 kali? Karena memang dibutuhkan 2 kali pembersihan untuk memastikan seluruh sisa makeup, sunscreen, debu, minyak yang menempel di kulit wajah untuk benar-benar terangkat. Jika pembersihan tidak sempurna, kulit kita juga tidak dalam kondisi optimal untuk menerima rangkaian produk skincare berikutnya. Percuma kan beli produk mahal-mahal kalau ternyata tidak benar-benar bisa terserap dengan baik karena kulit kita kurang bersih? Belum lagi, tumpukan minyak dan kotoran yang tidak terangkat bisa menimbulkan berbagai masalah kulit yang menyebalkan, seperti komedo, jerawat dan white heads.

Bagaimana caranya dan produk apa yang digunakan?

1. First Cleansing

Tahapan ini tujuannya adalah untuk benar-benar menghapus sisa makeup, sunscreen dan semua debu serta minyak yang menempel. Produk yang digunakan biasanya harus cukup ampuh melakukan hal ini dan biasanya cleanser yang digunakan yang berbentuk oil, balm atau cream. Pijat halus produk pembersih ke seluruh wajah sampai sisa makeup “lumer”, beri air sedikit untuk membuat produk cleanser teremulsi dan lebih mudah diangkat, pijat halus lagi sebentar dan bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

2. Second Cleansing

Tahapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran yang tersisa di wajah dan juga memastikan first cleanser kita sudah benar-benar terangkat. Biasanya produk yang digunakan adalah facial wash atau foam. Tapi kalau kulitnya sensitif seperti saya, bisa juga menggunakan produk yang lebih lembut seperti cleansing lotion atau milk.

Tips lainnya yang harus diingat:

  • Gunakan washlap atau handuk kecil berbahan lembut yang sudah dibasahkan dengan air hangat untuk mengangkat produk pembersih dari kulit kita. Tapi washlap harus diganti setiap hari ya, mommies! Percuma saja double cleansing kalau washlap yang kita gunakan untuk membersihkannya penuh bakteri.
  • Double cleansing cukup dilakukan pada malam hari saja. Di pagi hari, kita hanya perlu membersihkan wajah satu kali, dengan produk cleanser apapun sesuai keinginan kita.

Coba deh mommies lakukan ini secara rutin. I can assure you, you will start to see positive changes in your skin already. Kalau mau tau lebih jelas tentang double cleansing dan produk-produk apa yang direkomendasikan, tonton video di bawah ini ya.

Any questions? Let me know in the comment section below :)

 


One Comment - Write a Comment

Post Comment