7 Cara Melakukan Me Time Singkat Setiap Hari

Bagaimana kalau ternyata dengan ‘mencuri’ sedikit waktu dari kegiatan harian, kita bisa memiliki waktu me time selama satu jam setiap hari? Ini 7 cara menikmati me time singkat setiap hari.

7 Trik Me Time Di Sela-sela Kesibukan Harian

Gambar dari www.pbs.org

Kalau selama ini saya (dan mungkin juga mommies lainnya) sering banget mengeluh betapa susahnya mencari waktu me time, mungkin karena saya belum melakukan apa yang dikatakan oleh Laura Wagner, seorang pregnancy and parenting coach  asal UK. Jadi si mbak Laura ini menyatakan bahwa fungsi me time untuk mendapatkan inspirasi dan energi sebetulnya sudah ada di sekeliling kita, tinggal kitanya sadar atau tidak untuk memaksimalkannya. Dengan rutin melakukan Me time beberapa menit akan membuat hari kita menjadi lebih tenang, menjadi ibu yang bahagia dan yang pasti juga berdampak baik untuk si kecil. “Menciptakan momen sederhana di sela-sela kegiatan Anda, akan membantu Anda untuk terhubung dengan diri Anda sendiri, di luar peran sebagai pasangan dan seorang ibu – dan kembali mendapatkan suasana hati yang baik. Selain itu me time akan memulihkan dan menjaga level kebahagiaan Anda” –Laura Wagner.

Nah,agar kita bisa melakukan  me time tanpa rasa bersalah,  salah satu  yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan me time di rumah. Bagaimana caranya?

  • Tempatkan bayi Anda di ruangan yang berbeda (2 menit)

Ketika menjadi ibu baru, sangat alami jika Anda ingin bersama dia kapan pun dan di manapun. Membawanya dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Tapi pernahkah terpikir sebelumnya untuk menaruh si kecil di kamar yang terpisah dengan Anda? Sebelumnya pastikan ia berada di dalam area yang aman dan jauh dari bahaya apapun. Misalnya letakkan si kecil di dalam boks bayi. Dengan ‘terpisah’ seperti ini Anda jadi memiliki waktu sekitar 2 menit untuk bebas memilih pakaian.

  • Anda dan si kecil sama-sama melakukan me time (6 menit)

Anak-anak pasti paling senang yang namanya bermain. Jadi kenapa tidak melakukan me time bersama? Caranya, letakkan beberapa mainan kegemaran si kecil dalam keranjang. Pastikan semua mainan yang akan dijamahnya aman dan tidak membahayakan keselamatannya, selain itu kondisikan posisi si kecil masih bisa Anda awasi. Selama si kecil melakukan me time-nya dengan bermain, Anda bisa melakukan DIY massage. Gunakan hand body lotion beraroma tertentu, hirup aromanya dalam-dalam, dan pijat perlahan bagian kepala, leher dan punggung Anda untuk mengurangi stres.

  • Rapih pangkal nyaman (4 menit)

Baiklah, ini peribahasa versi saya sendiri, hehehe. Jadi gini, coba deh membiasakan diri untuk rapih dan teratur dalam menempatkan barang-barang. Dengan mengetahui di mana letak segala kebutuhan kita, kita jadi tidak membuang waktu untuk mencari-cari, kan? Menurut penelitian, kerapihan membuat kita bisa berhemat waktu waktu selama 4 menit. Jadi, gunakan si 4 menit ini untuk  mengaplikasikan lipstick kegemaran atau  mengecek tampilan Anda secara keseluruhan hari itu.

  • Pejamkan mata sejenak sebelum mengendarai mobil (3 menit)

Keluar rumah dan menghadapi kemacetan pasti akan membuat Mommies berpotensi mengalami stres. Pejamkan mata Anda setidaknya 3 menit, setelah meletakkan si kecil di car seat-nya. Fungsinya untuk me-recharge tenaga Anda. Jika si kecil rewel, nyalakan radio dan ambil napas dalam melalui hidung, sampai paru-paru Anda dirasakan cukup penuh menampung udara. Dan hembuskan dengan sangat perlahan melalui mulut Anda dalam 10 hitungan.

  • Biarkan si kecil menikmati waktunya, setelah sesi makan siang (17 menit)

Setelah sesi makan siang selesai, taruh si kecil di dalam boks bayi , bacakan dia cerita dan tutup dengan kecupan hangat. Lalu Anda bisa tinggalkan si kecil. Cara ini akan mengajarkannya untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang sedang terjadi. Sementara itu Mommies bisa menikmati kudapan kegemaran sebagai momen me time. Selain itu Anda juga bisa memutar CD yang biasanya Anda putar saat benar-benar sendiri di rumah. Kegiatan ini akan memberikan suasana hati yang positif yang didapat dari aura musik yang sedang Anda nikmati.

  • Me time dengan mendongeng (9 menit)

Mendongeng untuk si kecil akan memberikan pengalaman kepada dirinya untuk mengenal dan menikmati buku. Gelar selimut kesayangan Anda di atas lantai atau sofa, dan ambil beberapa buku. Bagi saya sendiri sebagai pecinta buku, kegiatan yang satu ini bisa menjadi momen me time juga untuk saya.

  • Nikmati mandi malam dengan aroma therapy (19 menit)

Setelah puas menikmati pijatan dari tangan Anda sendiri, kini waktunya mandi malam sebelum tidur. Jika Anda memiliki bathub,  Anda bisa berendam di dalamnya dengan terlebih dahulu mencampurkan aroma therapy lavender atau wewangian lainnya yang menjadi favorit Mommies.

Voila! Tak terasa Anda sudah mendapatkan 1 jam ajang me time di sela-sela aktivitas harian yang super padat :)

Sumber: Mother&Baby UK