7 Pilihan Aktivitas Natal Untuk si Kecil

Empat hari menuju Natal, si kecil sudah libur sekolah. Agar tidak bosan, ini dia berbagai pilihan aktivitas Natal untuk si kecil. Bisa dicoba, moms.

1. Berbagi dengan memberi kado
Teman saya punya kebiasaan untuk mengajak anak-anaknya membeli ekstra kado untuk anak-anak di panti asuhan. Agar jumlah kado lebih banyak, ia juga mengajak teman-temannya. Jadi, anak-anak penghuni panti asuhan akan ditanya umurnya dan si pemberi kado akan mencarikan hadiah yang sesuai dengan usia si anak. Dari sini, si kecil akan belajar berbagi dengan sesama.

Aktivitas Natal Untuk Anak

2. Membungkus kado
Kegiatan melipat, menggunting dan menempel pasti menjadi salah satu aktivitas favorit untuk anak-anak. Pilih beragam kertas kado dengan warna-warna cerah dan ajak si kecil membantu membungkus setiap kado. Anda bisa melihat di video kami mengenai cara membungkus kado Natal. Tapi pastikan tugas yang Anda berikan sesuai dengan kemampuan usia si kecil ya, moms.

3. Membuat kue
Well, saya tidak bicara tentang membuat cake yang rumit atau lauk yang membutuhkan berjam-jam proses pembuatan. Tapi lebih kepada resep kue kering sederhana. Si kecil bisa kebagian menghias. Pasti ia akan suka membuat mata dan mulut si mister Ginger dari resep Muesli Gingerbread Man.

Aktivitas Natal Untuk Anak 2

4. Menghias pohon Natal
Siapa yang tidak suka bagian menghias pohon Natal? Orang dewasa pun masih senang kegiatan yang satu ini. Agar lebih seru, Anda bisa loh menentukan tema hiasan Natal yang berbeda setiap tahunnya. Tapi kalau memang bujet Anda tidak selonggar itu, nggak usah sedih. Toch, mau menggunakan hiasan lama atau baru, intinya kegiatan menghiasnya yang membuat si kecil senang.

5. Mengirim kartu ucapan Natal
Yup, saya tahu sekarang sudah zamannya digital. Zaman saat ucapan bisa kita kirim melalui Whatsapp, SMS atau bahkan email. Tapi, entah kenapa, saya masih menyukai tradisi berkirim kartu ucapan Natal. Ajak si kecil ke toko buku dan biarkan dia memilih kartu Natal untuk keluarga atau teman-temannya. Dari kegiatan ini, si kecil bisa belajar menulis, mengenal saudara hingga mengetahui proses pengiriman surat.

6. Menghantar makanan ke tetangga
Mama saya punya kebiasaan di malam Natal atau Tahun Baru suka mengirimkan makanan ke tetangga sekitar rumah. Dan, kebiasaan ini menular kepada saya. Biasanya saya akan membeli aneka buah dan cake, kemudian mengirimkan ke beberapa tetangga yang cukup dekat. Nah, karena saya bukan tipikal ibu-ibu yang bergaul, biasanya saya akan meminta tolong ART di rumah dan anak saya untuk mengantarkannya, hahaha.

7. Bermain drama Alkitab
Libur Natal yang biasanya cukup panjang karena berbarengan dengan libur akhir tahun membuat ibu memang harus kreatif. Bagaimana kalau membuat pertunjukan drama yang ceritanya diambil dari Alkitab? Beberapa cerita di dalam Alkitab yang saya suka adalah Yunus di Perut Ikan Paus, Bahtera Nuh atau Daud Melawan Goliath. Jangan lupa direkam agar bisa diputar ulang suatu saat nanti.

Selamat bersibuk ria menjelang Natal, moms.