Mengenal Penyakit Lupus

Di Hari Lupus Sedunia, saya ingin mengulik sedikit mengenai Lupus – penyakit yang kerap menyerang perempuan usia produktif.

Lupus-LOGO

Gambar dari sini

Penyakit Lupus sering mendapatkan julukan “Penyakit Seribu Wajah” karena gejalanya hampir sama dengan beberapa gejala penyakit pada umumnya. Secara garis besar Lupus bukan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau kuman, melainkan ada pengaruh faktor genetik, hormon dan lingkungan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Lupus, mari simak tanya jawab saya dengan dr. Adityana, SpPD dari Rumah Sakit Kemang Medical Care berikut ini:

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit Lupus?

Lupus Eritematosus Sistemik (Systemic Lupus Erythematousus / SLE) atau orang lebih mengenal dengan penyakit Lupus, merupakan suatu penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh justru  melawan jaringan tubuhnya sendiri.

Apa penyebab seseorang dapat terkena Lupus? Apakah karena faktor keturunan?

Sampai saat ini penyebab pastinya masih belum diketahui namun dikatakan faktor genetik, hormonal, imunologik dan lingkungan dapat berperan dalam terjadinya Lupus.

Apa saja gejala khas yang bisa dideteksi dini secara kasat mata?

Berdasarkan American Rheumatism Association ada 11 kriteria, namun beberapa tanda dan gejala yang mudah dikenali di antaranya adalah

  • Ruam merah yang membentang di kedua pipi mirip kupu-kupu
  • Ngilu-ngilu atau nyeri sendi
  • Sariawan
  • Rasa lelah
  • Demam
  • Penurunan berat badan
  • Mual dan muntah
  • Pucat

Apa akibatnya jika seseorang terpapar penyakit ini?

Jika tidak segera terdeteksi dan tidak tertangani dengan baik, manifestasi lupus dapat menjadi berat bahkan dapat mengakibatkan komplikasi di antaranya berupa kejang dan gangguan ginjal.

Jika seseorang sudah terpapar Lupus, adakah pantangannya? Misalya hindari makanan tertentu atau misalnya tidak boleh langsung terkena sinar matahari?

Dalam hal makanan sampai saat ini tidak ada pantangan, hanya dianjurkan menggunakan sunblock supaya tidak langsung terpapar oleh sinar matahari dan senantiasa menerapkan gaya hidup yang sehat.

Mengapa perempuan lebih rentan terkena Lupus? Cari tahu jawabannya di halaman berikutnya ya Mommies


Post Comment