Penolong Ibu Baru: The Little Gears

Masa-masa baru menjadi ibu, saya rasa semua yang pernah melewatinya setuju kalau momen itu sangaaaat berkesan. The good, the bad, the ugly, bercampur jadi satu.
Lima tahun berselang, saya masih bisa mengingat bahwa meskipun masa-masa itu sulit karena harus beradaptasi besar-besaran dengan peran baru, tapi juga ada banyak hal yang membantu saya melewatinya. Helpful stuff that made my life a little bit easier. 
Mungkin bisa bermanfaat kalau saya berbagi apa saja hal-hal itu. Apalagi banyak kenalan yang tahun ini menjadi ibu baru – temasuk adik saya sendiri.  

Nah, untuk memudahkan, saya membagi berbagai peranti penolong tersebut menjadi beberapa kategori:
1. Gears 
2. Services 
3. Knowledge

Nah, dalam artikel ini saya akan membahas kategori yang pertama dulu: peralatan yang membantu dalam mengasuh bayi. Simak, yuk, untuk tahu apa saja penolong saya itu!

1. Gears
Oh Mommies, don’t we love shopping these stuff?? Benda-benda mungil yang membantu kita mengasuh our little ones, dengan warna-warni memikat, apalagi jika diklaim punya kegunaan yang unik dan menarik. Bahkan, sampai ada sub-forum khusus di forum Mommies Daily untuk membahas soal peralatan ini: The Little Gear. Pastinya, sebagai ibu baru, ada banyakkkk barang yang kita pikir kita butuhkan untuk merawat anak, dan begitu banyak juga yang menggoda untuk dibeli “Karena lucu aja.” Hihihi *tunjuk diri sendiri*
Well, setelah melalui banyak kunjungan ke berbagai ITC dan juga baby shops, akhirnya saya bisa simpulkan kalau yang benar-benar membantu buat saya tuh…

Gambar dari sini
Gambar dari sini

a. Untuk ASI:
Of courseee botol ASIP, breast pump, sterilizer dan lainnya sangat membantu. Tapi buat saya yang waktu itu mobile, tas untuk membawa ASI perah (pumping bag) menjadi esensial. Pilihan saya waktu itu adalah Allerhand Combi Cooler – which is very handy for a breastfeeding working mom like moi.
The bag is very roomy; waktu masih pakai pompa electric, muatan saya yang terdiri dari corong pompa Medela Mini Electric, charger, batre, charger batre, blue ice besar, 4 botol Medela, 2 botol kaca, tisu, plus botol kecil berisi sabun pencuci botol, semuanya muat! Padahal ukuran fisiknya nggak terlihat besar, loh.

Ternyata bagian belakang dan dalam tas ini bisa ‘melar’ banget. Kantongnya pun banyak. Karena ada lapisan penjaga suhu di bagian dalam, selain bisa untuk membawa ASIP, bermanfaat juga untuk membawa makanan/MPASI dan menjaganya tetap hangat. It’s also very durable, terbukti masih terpakai sampai sekarang.

b. Untuk MPASI:

- Slow cooker. Penyelamat saya karena malam harinya tinggal cemplang-cemplung bahan makanan dan besoknya tinggal diangkut ke rumah orangtua untuk ransum Bumy sepanjang hari.

- Baby cubes. Praktis! Kaldu untuk MPASI bisa digunakan sesuai porsi makanan.

Gambar dari sini
Gambar dari sini

- Stainless steel lunch jars. Menjaga makanan tetap hangat kalau anak sedang beraktivitas di luar rumah, terutama saat anak belum bisa makan food table yang sama seperti kita. Yang saya suka, sampai sekarangpun barang ini masih bisa dipakai.

>> Selanjutnya: Outdoor activities, kiat penyimpanan barang, dkk


4 Comments - Write a Comment

  1. Kalau di keluargaku yang cukup helpfull adalah Baby Carrier, terutama Baby Wrap!

    Yap! Kami kurang menyukai keribetan membawa stroller kemana-mana, jadi Baby Carrier/Baby Wrap sangat praktis! Dan lagi sejak anak sudah suka lari-larian, mereka lebih prefer digandeng saat jalan, ketimbang digendong apalagi naek stroller! :D

Post Comment