Menthilis Project: Untuk Anak-anak Yang Selalu Mau Tau

Waktu pertama kali menerima sebuah kotak kejutan berisi alat DIY untuk dikerjakan bersama Menik, saya terkesima. Bisa saja kepikiran membuat bisnis seperti ini yang tentunya akan sangat membantu orangtua menstimulasi tumbuh kembang anak sambil bermain. Karena sempat bekerja sama saat mengadakan acara bersama New Parents Academy di akhir tahun lalu, saya menyempatkan diri ngobrol dengan pendiri Menthilis, Nisa dan Mila. Simak dan rasakan semangat keluarga besar keturunan Arab ini yang sangat passionate dengan dunia anak-anak.

menthilis1

Kapan Menthilis berdiri?

The Menthilis Project mulai dikonsepkan pada  bulan Februari 2014, saat itu kami mulai menentukan ide dasar, visi misi, nama, membuat logo, materi per bulan dan strategi marketingnya. Kemudian resmi di publish via instagram, web dan facebook Juni 2014.

Lalu Menthilis itu sebetulnya apa artinya? Siapa yang kasih ide nama?

Menthilis dalam bahasa jawa menggambarkan sifat anak kecil ingin tahu dan semangat yang selalu tinggi, lincah dan aktif. Kami merasa nama ini cocok karena salah satu tujuan The Menthilis Project untuk memfasilitasi rasa ingin tahu anak-anak. Yang memberi ide nama adalah nenek kami hehehe.

Siapa saja orang yang ada dibalik Menthilis?

The Menthilis Project bisa dibilang merupakan sebuah bisnis keluarga, berawal dari ide saya(Nisa) dan adik saya Mila, yang kemudian di-support oleh seluruh Keluarga besar kami. Ketika kemudian saya dan Mila mewujudkan ide ini, beberapa orang anggota keluarga lainnya seperti para suami dan sepupu-sepupu (yang kebetulan rata rata adalah ibu muda yang memiliki anak kecil) mengulurkan bantuannya. Bahkan beberapa di antara mereka, seperti  Mutia dan Dilla, terlibat langsung dalam tim marketing.

menthilis6

Nis, sebetulnya tujuan utama membuat Menthilis apa, sih?

Tujuan utama The Menthilis Project ini adalah untuk memfasilitasi orangtua saat ingin mengisi quality time bersama anak, agar praktis, mudah dan menyenangkan, baik untuk anak dan juga orangtuanya. Karena beberapa teman sering curhat, terutama yang ibu yang bekerja saat ingin membuat kerajinan bersama anak tapi tidak punya waktu untuk mempersiapkan alat, bahan dan lainnya. Terkadang mencari ide untuk bermain dengan anak berujung dengan kebingungan karena terlalu banyak informasi yg terkumpul.

Dengan menthilis project, kami berharap orangtua dapat dengan mudah meningkatkan kualitas waktu yang dimiliki bersama anak, dan dengan demikian kreativitas serta kepercayaan diri anak tumbuh, dan dapat mempererat hubungan anak dan orangtua.

Ketika membuat ide dalam box, biasanya cari inspirasinya dari mana?

Ide-nya dari berbagai sumber, dari anak-anak kami sendiri, dari buku ensiklopedia anak, dan dari internet tentunya!

Eh sebetulnya, Menthilis ini bisnis idealis atau pure komersil?

The menthilis project adalah bisnis yang berbasis idealisme. Seperti yang sudah saya sebutkan, kami merasa ingin sekali berbagi dengan para orangtua agar bisa bersama sama meningkatkan kualitas waktu yang dimiliki bersama anak sehingga penanaman karakter pada anak menjadi lebih mudah. Tentu saja dalam berbisnis kami juga mengharapkan adanya keuntungan finansial, tapi kami terus mempertahankan idealisme kami untuk menjaga kualitas.

Selanjutnya: Namanya bisnis, pasti ada hambatannya.


Post Comment