Buat Kue Cubit Sendiri, Yuk!

Belakangan ini di Bandung, kue cubit sedang jadi tren. Di mana ada gerombolan orang, pasti yang dikerubungi adalah penjual Kue Cubit Green Tea. Ah, saya kesal. Karena mendadak semua orang jualan kue cubit hijau yang sempat saya kira dari pandan, hihihi. Kenapa kesal? Karena saya rindu kue cubit warna kuning yang biasanya saya beli. Saya mau kue cubit yang original, dong!

Karena tidak mudah lagi menemukan pedagang kue cubit rasa asli, saya mulai tergoda untuk membuatnya sendiri. Apalagi saya punya satu cetakan kue cubit dari ibu. Browsing resep dimulai. Namun, namanya juga manusia, rasa malas suka hinggap seenaknya. Tapi keinginan membuat kue cubit juga tak kalah kuat.

Okelah, mari beranjak ke dapur. Sesaat setelah membaca resep, saya hampir mundur. Malas mau ambil mixer dari lemari, plus nggak punya timbangan. Resep yang dilihat menggunakan ukuran gram, duh!

Jpeg

Untung bisikan untuk coba membuat tetap kuat, haha, akhirnya saya mulai mengambil beberapa bahan, seperti:

3 butir telur

5 sdm gula pasir

10 sdm terigu serba guna

1/2 sdt baking powder

1/4 sdt soda kue

Dan melelehkan sekitar 100 gram mentega (saya ambil setengah dari kemasan langsung, karena baca tulisan berat bersih 200 gram, hehe) Lalu saya mengambil whisk, karena malas mengeluarkan mixer. Dan ini dia yang saya lakukan:

Kocok telur bersama gula hingga telur berbusa dan gula larut.

Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata hingga tak ada gumpalan.

Tuang mentega cair yang lalu aduk hingga adonan terlihat licin.

Terakhir, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata.

Oh iya, saya juga memasukkan sedikit parutan keju ke adonan.

image

Panaskan cetakan, kecilkan api kompor sekecil-kecilnya. Oleskan mentega, dan tuangkan adonan hingga 3/4 penuh. Tabur meses jika mau. Tutup, dan lihatlah keajaiban adonan mengembang dan meletup-letup kecil.

Angkat dari cetakan saat tingkat kematangan yang diinginkan sudah sesuai.

Selesai!

Tanpa disangka, kue cubitnya berhasil. Gurih, manis, hangat sesuai ekspektasi. Satu resep ini bisa jadi sekitar 25 pcs kue cubit, ya.

image

Kalau sudah buat sendiri, rasanya bisa mengurangi frekuensi jajan, deh. Lumayan, kita jadi tahu, apa yang masuk ke tubuh karena membuat adonannya sendiri. Kita juga tahu kualitas bahan yang dipakai, jadi makan yang 1/2 matangpun rasanya nggak terlalu bersalah.

Bagaimana, Mommies? Tertarik untuk membuat kue cubit sendiri? ;)


6 Comments - Write a Comment

  1. Mba Sazqi… kemarin aku udah praktek & berhasil!
    hahaha dengan takaran sesuai petunjuk, hasil adonannya memang agak kental ya? ga se-encer si abang jualan punya gitu.. rasa sudah pas..
    adonan lsg habis tak bersisa :D
    makasiiyy resepnyaaahh

Post Comment