5 Hal Yang Harus Disiapkan Saat Cuti Melahirkan Usai

Saya ingat sekali saat mau cuti melahirkan saya sempat ngomong ke salah satu teman kantor, “Duh, pasti bosen banget nih 3 bulan di rumah”. Tak sampai seminggu saya menjalani cuti melahirkan, Langit lahir.

Apakah saya mengalami kebosanan? Oh tentu tidak! Malah hari-hari selama 3 bulan itu, saya jauh lebih sibuk dibanding hari-hari tersibuk saya sebelum menjadi seorang ibu.

IMG_7942Waktu terus berlalu, tau-tau sebulan lagi saya harus kembali ke kantor! Berhubung saya menyusui Langit secara eksklusif, maka ada banyak hal yang harus disiapkan.

Kendati sudah 6 tahun yang lalu, tapi saya masih ingat apa saja yang harus disiapkan saat saya akan kembali bekerja:

  • Latihan memerah ASI

Ini penting banget! Kebetulan proses menyusui saya lumayan lancar, mulai dari latch on sampai produksi ASI di awal menyusui. Sekitar 2 minggu setelah melahirkan, saya mulai beberapa kali meninggalkan Langit di rumah. Entah untuk ke supermarket membeli keperluan Langit, datang ke acara kantor, atau berkeliling karena saya dan suami yang saat itu sedang dalam proses mencari rumah sendiri. Saat itu saya sudah mulai latihan memerah ASI sedikit-sedikit supaya tenang saat meninggalkan anak di rumah.

Ternyata latihan saat itu membantu sekali lho. Waktu semakin dekat saya kembali bekerja, saya jadi sudah lebih mahir memerah ASI dan, stok ASIP juga cukup terjaga.

Waktu itu, saya memerah ASI menggunakan tangan dengan teknik marmet. Silakan baca artikelnya di sini.

  • Mencari tempat penyimpanan ASI

Mau di plastik atau botol? Cari penyimpan ASI sesegera mungkin, karena kadang saat dibutuhkan malah nggak dapat sama sekali. Jika Mommies memilih botol, maka butuh space penyimpanan yang lebih besar di freezer dibanding plastik yang bisa ditumpuk.

Jadi, mana yang lebih bagus  (dan hemat), ya? Baca artikel perbandingan penyimpanan ASIP sebagai referensi ya!

Selanjutnya: Pengasuh, mengenalkan ASIP dan saatnya stok ASIP!


4 Comments - Write a Comment

  1. Waaah beneran nih, artikelnya dibikin based on pertanyaan2ku kmrn ya? *geer* :p Alhamdulillah mbak skrg Akar udh mau minum asip pk dot, tapiiii kl mau tidur tetep harus nenen langsung dr kendinya. Kl nggak, bs heboh seRT. Huaaah bingung lg ibunya.. :'( semoga sblm kerja udh tuntas PR yg ini ya. Amien.

    1. Haha, iya ini bikinnya teringat sama kamu nanya-nanya de! Nggk apa, lebih baik bertanya daripada sesat di jalan (dan keluar banyak uang gegara beli sufor LOL). Sama kok, Langit juga dulu kalo mau tidur kudu langsung dari kendinya. Makanya tukang ojek hapal sama dia, karena kalo siang mau tidur akhirnya diajak muter2 naik ojek, salah satunya ke rumah kamu dulu :D

Post Comment