5 Hal Yang Harus Disiapkan Saat Cuti Melahirkan Usai

IMG_5097Mencari pengasuh yang bisa diandalkan

Jika pengasuh anak adalah orang lain (selain orangtua, mertua, keluarga, dsb) sebaiknya kenalkan dengan si bayi sesegera mungkin. Selain untuk membiasakan diri, Mommies juga bisa sekalian memberi contoh bagaimana Mommies memperlakukan bayi sehari-hari supaya saat Mommies kembali bekerja, pengasuh tak butuh waktu lama untuk membiasakan diri.

  • Mengenalkan ASIP pada anak

Seorang teman saya pernah menangis di kamarnya saat si bayi dikenalkan ASIP oleh sang nenek. Lebay? Nggak kok, saya juga pernah mengalaminya. Rasanya gimana gitu, bayi yang biasa kita peluk dan menyusu langsung, kok sekarang minum ASI melalui media lain? Hehehe. Apalagi kalau si bayi langsung mau, ih rasanya seperti dikhianati pacar *lah*. Memang serba salah ya, si bayi mau, kita sedih. Si bayi menolak ASIP, bingung. Dasar ibu-ibu :D

Memakai media apa saat memberikan ASIP? Sekarang ini ada banyak pilihan selain melalui memberikan ASIP dengan botol susu. Bisa dengan cup feeder atau sendok :)

  • Stok ASIP!

Kalau yang lain sudah, nah ini yang paling penting: menyetok ASIP. Pilih breastpump yang cocok, ada yang cocok memakai Medela Mini Electric, Philips Avent, dan seterusnya. Jika masih bingung, Mommies bisa mengikuti diskusi tentang breastpump di thread ini.

Bagaimana penyimpanannya, ASIP bisa tahan berapa lama sih? Nah, baca artikel Manajemen ASI Perah ya!

Bagaimana? Sudah siap semua? Sekarang tinggal siapin mental ibunya deh, harus ‘pisah’ sementara dengan bayi mungil di rumah :D selamat kembali bekerja, Mommies! Semoga kerjanya tetap maksimal, sayang dong, sudah meninggalkan anak di rumah eh, hasil kerjanya gitu-gitu doang :D


4 Comments - Write a Comment

  1. Waaah beneran nih, artikelnya dibikin based on pertanyaan2ku kmrn ya? *geer* :p Alhamdulillah mbak skrg Akar udh mau minum asip pk dot, tapiiii kl mau tidur tetep harus nenen langsung dr kendinya. Kl nggak, bs heboh seRT. Huaaah bingung lg ibunya.. :'( semoga sblm kerja udh tuntas PR yg ini ya. Amien.

    1. nenglita

      Haha, iya ini bikinnya teringat sama kamu nanya-nanya de! Nggk apa, lebih baik bertanya daripada sesat di jalan (dan keluar banyak uang gegara beli sufor LOL). Sama kok, Langit juga dulu kalo mau tidur kudu langsung dari kendinya. Makanya tukang ojek hapal sama dia, karena kalo siang mau tidur akhirnya diajak muter2 naik ojek, salah satunya ke rumah kamu dulu :D

Post Comment