Manfaat Makan Sahur

keluarga tidur

Tahun ini, bulan Ramadan terasa lebih spesial bagi keluarga kami. Di antara berbagai anugerah yang diberikan oleh-Nya, salah satu yang menurut saya spesial adalah Langit mulai puasa. Sudah saya ceritakan di artikel Mengajak Anak Puasa, kan, ya.

Nah, yang namanya puasa, pasti harus sahur. Walaupun saya tahu ada beberapa orang yang tidak sahur, umumnya karena malas bangun di dini hari atau tidak biasa makan di jam segitu. Bagi saya yang ‘habis melahirkan saja pikirannya langsung ke makanan’, ya makan sahur itu penting! Apa saja manfaat sahur?

Segi kesehatan

Dr. Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin seperti dikutip dari Kompas.com, memberikan penjelasan mengenai manfaat makan sahur. Berdasarkan penelitian, bangun sahur bermanfaat untuk kesehatan kita.

Ketika kita tertidur, ternyata banyak kejadian yang terjadi di dalam tubuh kita. Pada saat tidur, sistem hormon akan berpindah pada tahap anabolik, yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan.

Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone).

Apa hubungannya dengan makan sahur? Simak di halaman selanjutnya!


Post Comment