Family Weekend di Museum Polri

Tanggal 13 Juli 2014 kemarin, kami berkesempatan mengikuti kegiatan acara Family Weekend #9 POLICIA. Acara ini merupakan acara yang dirancang untuk memperkenalkan Museum Polri yang diselenggarakan oleh teman-teman Museum Ceria sekaligus dalam rangka merayakan Hari Bhayangkara (HUT POLRI) yang jatuh pada tanggal 1 Juli dan sebagai kegiatan ‘ngabuburit’ yang fun untuk anak-anak yang sedang latihan puasa. Kebetulan ini kali kedua The Koalas (sebutan keluarga kami, hehe) berkesempatan ikut serta dalam kegiatan kakak-kakak Museum Ceria dan berdasarkan pengalaman sebelumnya kegiatan Museum Ceria selalu merancang acara-acara yang penuh games seru yang edukatif. Ditambah kami juga sering melewati Museum Polri ini dengan penasaran, maka kami antusias untuk mendaftarkan diri.

Museum Polri diresmikan pada tanggal 1 Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan berlokasi di Jl. Trunojoyo No.3, Jakarta, berdampingan dengan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri). Museum ini tergolong kecil, namun kelihatan bersih dan terawat, karena dari depan lobby pun sudah ada larangan untuk membuang sampah sembarangan. Para pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa makanan maupun minuman ke dalam museum, dan disarankan hanya membawa tas ukuran kecil karena bagi yang membawa tas akan diarahkan untuk ditinggalkan di loker atau di kendaraan pribadi masing-masing.

IMG_6369Museum Polri – Siap-siap memulai games

Kakak-kakak Museum Ceria telah merancang kegiatan POLICIA yang seru namun tidak melelahkan, terdiri dari 5 aktivitas yaitu mencari tahu tentang berfoto, mencari nama kesatuan polisi berdasarkan petunjuk museum display, bermain Origami, mencari jawaban dari Logic Game, dan diakhiri dengan menonton film tentang Polisi Pariwisata. Sambil bermain anak-anak dapat mengeksplorasi mengenai berbagai kesatuan di Polri beserta belajar tentang tugas masing-masing kesatuan.

Museum Polri - Mini Games yang seru, hasil Origami (yang dibantu Ibunya) dan Foto depan Motor PatroliMuseum Polri – Mini Games yang seru, hasil Origami (yang dibantu Ibunya) dan Foto depan Motor Patroli

Museum Polri - Sepeda Pak SukitmanMuseum Polri – Sepeda Pak Sukitman

Museum Polri - KoleksiMuseum Polri – Koleksi

IMG_6377

Museum Polri - Ruangan yang tematisMuseum Polri – Ruangan yang tematis

Museum Polri - Untuk Adik Kecil disediakan arena bermainMuseum Polri – Untuk Adik Kecil disediakan arena bermain

Museum Polri - Siapakah Pelakunya?Museum Polri – Siapakah Pelakunya?

Museum Polri ini buka setiap Selasa sampai dengan Minggu, jam 09.00 – 16.00, berlokasi di Jl. Trunojoyo No.3, Jakarta, samping Mabes Polri.

Untuk mommies yang mempunyai jagoan cilik yang bercita-cita ingin menjadi polisi, tempat ini saya rekomendasikan untuk dikunjungi.

Atau jika mommies ingin memperkenalkan museum secara fun dan edukatif, jangan lupa follow Kakak-Kakak Museum Ceria di @museumceria atau mampir ke website-nya ya.

Museum Polri - Polisi Cilik :)Museum Polri – Polisi Cilik :)


Post Comment