Memelihara Binatang, Banyak Manfaatnya

Sudah sebulan ini Bumi punya mainan baru. Bukan kereta-keretaan Thomas and Friend, bukan juga mobil-mobilan, tapi dua ekor hamster. yang diberi nama Lulu dan Lala. Yup, setelah sekian lama Bumi kepingin punya binatang peliharaan, akhirnya saya dan suami pun mengabulkan permintaannya.

Memang, sih, rasanya sampai sekarang masih ada beberapa orangtua yang punya pandangan berbeda ketika buah hatinya ingin memelihara hewan. Ada yang sangat mendukung dan senang bila anaknya ingin memelihara hewan, tapi ada juga yang menolak mentah-mentah bila anaknya memelihara hewan.

bumi

Saya sendiri sempat merasakan penolakan besar-besaran ketika bilang ke mama kalau saya ingin memelihara kucing. Lantaran saya punya asma dan termasuk sensitif dengan bulu-buluan, jelas saja keinginan saya ini cuma sebatas mimpi. Pun ketika saya memutuskan ingin memelihara kelinci. Kalau dipikir-pikir, mungkin dalam hal ini saya juga yang nggak tau diri. Sudah tau punya alergi bulu malah hanya tertarik dengan hewan berbulu. Giliran mama saya menawarkan opsi lain untuk memelihara ikan, malah saya yang menolak :D

Saya sendiri percaya kalau memelihara hewan memiliki banyak manfaat. Walaupun ada beberapa hewan yang bisa membawa penyakit, tapi dengan menjaga kebersihan hewan tersebut tentu saja hal tersebut bisa dihindari. Begitu bukan? Paling nggak untuk kasus Bumi, saya dan suami berpikir dengan memiliki hewan peliharan, Bumi jadi teman lain selain mbaknya :)

Seperti yang sudah banyak dituliskan diberbagai artikel parenting, memelihara hewan konon membuat anak belajar banyak hal. Mulai dari belajar empati, bertanggung jawab, hingga menumbuhkan keberanian. Selain itu saya juga sempat membaca sebuah artikel yang menuliskan hasil sebuah studi dipublikasikan inClinical and Experimental Allergy.

Lewat penelitian yang dilakukan salama bertahun-tahun menunjukkan kalau anak laki-laki yang tumbuh dengan hewan peliharaan di dalam rumah memiliki risiko lebih rendah terkena alergi saat besar. Katanya, anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan justru membangun daya tahan tubuh seperti alergi dan asma yang lebih kuat. Ketika terpapar dengan berbagai alergi yang mungkin dibawa hewan, anak justru membentuk sistem imunitas tubuh lebih naik.

Dan, benar saja, lho. Setelah memiliki  dua hamster, saya melihat ada beberapa manfaat yang diperoleh Bumi, cerita lengkapnya dihalaman berikut, ya!


Post Comment