Manfaat Puasa Tak Hanya Untuk Kesehatan!

fast-and-pray*Gambar dari sini

Nggak terasa, ya, bulan  ini sudah masuk bulan Ramadhan di mana seluruh umat Islam mulai menunaikan ibadah puasa selama 30 hari. Selama bulan puasa ini kita tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu. Termasuk menahan diri untuk tidak gosip. Nah, biasanya poin terakhir ini yang paling susah untuk ditahan, ya, Mommies? :D

Saat puasa terkadang bermunculan pikiran-pikiran atau emosi negatif yang muncul sehingga jadi tantangan buat kita hadapi selama bulan puasa. Emosi negatif tersebut yang saya maksud di sini antara lain sarkasme (“Puasa itu cuma salah satu bentuk diet yang ekstrem aja”), skeptis (“Ah, puasa nggak ada gunanya buat gue”), ketakutan (“Gila aja nih nggak makan sama minum seharian, kalau gue dehidrasi terus sakit gimana?”), kecemasan (“Duh kalau gue nggak kuat puasa seharian gimana ya?”), dan mengasihani diri sendiri (“Enak ya orang lain pada makan-makan, gue malah puasa”). Menurut psikiater Gruverich, Trisonno, & Lally, emosi dan pikiran negatif tersebut bermunculan akibat dari proses tubuh kita saat mengeliminasi racun.

Emosi dan pikiran negatif tersebut jangan sampai mengganggu apalagi sampai membatalkan puasa. Kita harus menghadapi emosi dan pikiran negatif tersebut dan berusaha menyelesaikan dan menghilangkannya. Apabila kita berhasil menghilangkan pikiran dan emosi negatif tersebut, maka puasa kita akan berjalan dengan lancar dan mabrur. Nggak cuma itu saja, ternyata puasa yang lancar dan mabrur itu memiliki banyak manfaat positif lho Mommies, baik untuk kesehatan fisik ataupun psikologis kita.

Menurut dosen Fakultas Psikologi UII Yogyakarta Fuad Nashori, puasa dapat menyembuhkan kecemasan yang dimiliki oleh seseorang. Selain itu puasa juga dapat menyembuhkan penyakit-penyakit psikologis lainnya seperti insomnia. Puasa juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan konsep diri yang optimis, serta meningkatkan empati kita terhadap orang lain. Selain meningkatkan kecerdasan emosional kita, ternyata puasa juga terbukti dapat meningkatkan kecerdasan intelektual kita.

Subhanallah… Banyak banget kan keuntungan dari puasa? Maka dari itu, tingkatkan terus ibadah puasa kita, ya, Mommies! Semoga ibadah puasa kita tuntas sampai hari raya nanti. Amin :)


Post Comment