Inside HQ : Cara Menikmati Me Time

Semua pasti setuju, ya, kalau profesi ibu rumah tangga itu merupakan pekerjaan paling mulia sekaligus melelahkan. Gimana nggak, dari melek mata, sampai kembali merem, perkerjaan rumah itu nggak ada henti-hentinya. You name it-lah. Mulai dari nyuci baju, jemur, nyiapin makanan, beberes rumah,  seterika baju,  ataupun pekerjaan lain yang sering kali dianggap remeh padahal justru sebaliknya. Buat nyelesain semua tugas di atas  pun  butuh energi khusus.

Itu baru sebatas pekerjaan rumah. Belum termasuk urusan anak dan suami atau pun pekerjaan di kantor.  Nggak aneh, ya, kalau seorang ibu rumah tangga itu harus punya fisik sekaligus mental yang kuat untuk mengurus semuanya. Kalau nggak kuat, bisa stress sendiri :D

Makanya, sesibuk apapun, me time itu sebuah keharusan. Bisa jadi obat paling yang mujarap buat ngilangin rasa lelah . Memang, sih, definisi me time mungkin akan berbeda di setiap individu. Tapi kalau buat saya pribadi, sih, definisi me time ini bisa dilakukan kapan pun juga, tanpa perlu nunggu punya waktu luang ataupun uang lebih!

Kalau banyak orang punya persepsi melakukan me time lewat liburan, nyalon berjam-jam, atau bahkan nonton film di bioskop, saya sedikit berbeda. Tapi, bukan berarti saya nggak mau melakukan kegiatan yang saya sebut di atas, lho! Mau banget! Tapi kalau iya pas lagi ada waktu? Gimana juga kalau kondisi kantong lagi pas-pasan? Masa iya, me time harus tertunda sampai batas waktu yang kita sendiri nggak tau kapan bisa merealisasikannya. Duh, yang ada bisa tambah kebeban dan stress, ya.

Buat nyiasatin supaya me time kita nggak terlewat, saya pun bisa melakukannya saat mengerjakan perkerjaan rumah seperti masak. Syaratnya, waktu masaknya nggak harus terburu-buru. Biasanya, sih, saya baru bisa melakukannya saat akhir pekan, itu pun menu masakannya masih sangat sederhana.

Ternyata pekerjaan rumah yang sering kali dianggap membosankan, buat beberapa orang justru jadi momen di mana bisa menikmati me time. Jadi, tanpa perlu buang waktu, dan biaya ekstra, kita pun bisa memanjakan diri sendiri untuk mengusirkejenuhan juga rasa bete alias bad mood. Dan yang terpenting dalam waktu bersamaan, daily duty juga nggak terbengkalai.

Mungkin salah satu syaratnya, memang harus punya waktu yang sedikit longgar. Ternyata versi me time seperti ini nggak cuma saya saja yang merasakannya. Beberapa teman di Female Daily juga punya  definisi serupapa bagaimana mereka memaknai me time. Lengkapnya di halaman berikut, ya.