Toilet Training Pressure

Slide2(6)

Kira-kira sebulan yang lalu, saya ditanya suami,

“Kapan Nara mau ditoilet traning?”

“Ee .. kapan, ya?”

“Iya, kapan hayo? Anaknya kan udah bisa disuruh pipis di kamar mandi. Harusnya dia udah bisa diajarin kapan minta pipis.”

Saya cuma nyengir.

Iya, sih. Nara sebenernya juga udah masuk usia pas buat toilet training. Jadi apa persoalannya?

*ngacung* Persoalannya saya.

Dua bulan yang lalu, saya mulai menyapih Nara, pas ketika dia berusia 2 tahun. Dan nggak sukses. Padahal saya sudah lumayan tahu banyak soal sapih menyapih ini. Persiapan udah oke. Tapi emang dasar anaknya aja kali yang belum siap. Jadi ya, ujungnya ngambek dan sempat nggak mau pisah dari emaknya. Gagal total, deh.

Dan sekarang ditanya soal toilet training, saya tertekan. Saya nggak yakin mau mulai dari mana. Banyak bahan bacaannya, tapi semuanya cuma teori di atas kertas. Kenapa? Karena emang tiap anak beda. Satu aturan nggak bisa diterapin ke semua anak. There’s no one trick wonder. Persis kayak menyapih.

Lalu, kenapa musti toilet training sekarang kalo belum siap?

Proses toilet training ini kan kayak menyapih juga, kalau orangtua atau anaknya ada yang belum siap, bisa gak sukses aja, kan? Nah, jadi gini … dalam beberapa bulan, Nara akan masuk sekolah. Bukan soal saya yang malu anaknya sekolah masih pake popok. Saya khawatir anak saya yang malu karena dia masih pake popok atau masih kelepasan pipis di celana waktu sekolah nanti. Waktu dia masih kecil dan belum mudeng apa omongan orang, saya sih nggak pikirin soal dia masih nggembol popok ke mana-mana. Mau ada yang bilang bocah kudu ditoilet training dari umur 6 bulan juga pikir saya ke laut aja.

Sekarang, anak saya udah ngerti kalo ada yang bilang, “Ih, pup, ya? Bau, lho!” Orang rumah sering banget ngomong gini pas dia pup dan akhirnya sukses bikin anak saya ogah ‘ngaku’ kalo dia pup. Bocahnya lari sembunyi di bawah meja setiap kali terasa pingin pup. Pinter juga sih dia milih tempat sembunyi di bawah meja. Kebayang kan orang dewasa pasti susah narik dia keluar dari bawah meja? Apalagi kalo udah meluk kaki meja. Masa diangkut semeja-mejanya? Adanya setiap kali dia pup, saya harus nunggu sampai dia mau keluar dari bawah meja dan digendong ke kamar mandi.

Nah, saya kepinginnya Nara udah lulus dari popok sebelum dia masuk playgroup. Maksudnya ya itu tadi, kalau dia belum selesai toilet training, adanya malah makin susah. Temen-temennya sudah nggak pakai popok, dia masih. Dia lagi belajar nahan pipis dan ‘kecelakaan’ di sekolah bisa bikin usaha toilet training berantakan. Malu, seperti pada persoalan pup, nggak pernah sukses bikin Nara terdorong untuk melakukan apa pun. Bisa-bisa dia sembunyi di bawah tanah sebelum dia mau pipis di kamar mandi.

Selanjutnya: Berbagai metode toilet training malah bikin pusing? >>


4 Comments - Write a Comment

  1. zaim (25bln) mulai toilet training kira2 sebulan lalu. dia udah bisa bilang pipis kalo pake cd biasa, krn kan pipisnya ngalir & basah ke lantai2. tp kalo pake training pants dia asik2 aja tetep main padahal udah basah tembus ke celana luarnya..
    jadinya sekarang klo bobo siang aja aku pakein training pants.
    well.. awalnya sih aku target waktu, tp lama2 enjoy aja deh. sekarang targetnya gak muluk2 lg. cm pake pospak kalo malem sm pergi2. udah itu doank..

  2. anak saya sudah 30 bulan masih pake diapers… hiks! padahal dulu target sebelum dia satu tahun sudah lulus toilet training. Anak saya badannya udah tinggi besar kayak anak 5 tahun, udah bisa nyanyi kesana kemari, bisa berhitung, sudah mengenal warna, abjad – tapi tetep masih pake popok…hiks masih cari metode yang tepat.

  3. Wah ini mirip bgt sama anakku sekarang. Bedanya cuma tempat ngumpetnya, sama yg nagih kapan lepas pospak nya aja. Anakku kalo pup dan ngga mau diajak cebok ngumpetnya di pojokan bawah tangga, dan yg nagih terus itu neneknya. Masih bingung cari Metode yg pas. Belakangan ini problemnya ditambah anakku jadi takut mukanya kena cipratan air, kayaknya itupun gara2 pernah Saya paksa cebok juga deh.
    Duh, makin bingung lah sekarang gmn caranya biar sukses TT nya.

  4. Anakku sekarang sudah umur 2 tahun, 7 bulan. Dari sebulan yg lalu sudah mulai gak pake diapers lagi mom. Mulai beraniin diri gak pake diapers, karena kalau digantiin pas malem hari. Paginya diapers tetep kering.
    Cuman mungkin belum berhasil bilang untuk pup ya, kayak bunda @w_putri banget, dibilang bau malah ngumpet gak berani blg. Nyesel deh :(

Post Comment