Soursop Pudding

Sirsak atau dalam bahasa Inggris disebut soursop memiliki nama latin Annona muricata. Tanaman ini berasal dari Meksiko, Cuba, Karibia, Amerika Tengah, dan bagian utara Amerika Selatan seperti Colombia, Brazil, Peru dan Venezuela. Tanaman ini sekarang tersebar dan tumbuh subur di beberapa wilayah seperti Asia Tenggara, kepulauan Pasifik, bahkan di daerah Sub-Sahara Afrika. Buah sirsak memiliki perpaduan citarasa antara stroberi dan nenas dengan citarasa asam sitrus yang mengingatkan kita akan citarasa dasar creamy pada kelapa atau pisang.

Buah sirsak yang sudah siap panen memiliki tekstur agak kokoh dengan warna kulit hijau kekuningan. Buah ini sebelum dapat dikonsumsi harus dibiarkan terlebih dahulu beberapa hari pada suhu kamar hingga teksturnya agak lunak jika ditekan dengan jari. Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, buah sirsak juga dapat dibuat jus, minuman sari buah, es krim, campuran es buah atau salad. Buah sirsak memiliki biji yang berjumlah banyak sekitar 30-200 butir dalam 1 buah (tergantung ukuran buah), sehingga memerlukan sedikit ekstra pekerjaan mengeluarkan bijinya sebelum mengkonsumsinya. Buah sirsak selain dikonsumsi dalam kondisi matang, juga dapat dikonsumsi dalam kondisi belum matang yaitu diolah sebagai sayur, misalnya di Brazil buah sirsak yang belum matang disangrai atau digoreng.

Dalam 100 g buah sirsak mengandung 66 kkal, 16,8 g karbohidrat total, 1 g protein dan 0,3 g lemak. Kandungan karbohidrat totalnya terdiri dari 3,3 g serat pangan dan 13,5 g gula. Selain itu buah sirsak merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan vitamin B seperti folat (B9), niasin (B3), dan thiamin (B1). Kandungan vitamin C dalam 100 g buah sirsak dapat memenuhi sekitar 34% kebutuhan harian tubuh. Sedangkan dari kandungan mineral, buah sirsak merupakan sumber yang baik dari kalium, magnesium, besi, fosfor dan tembaga.

Soursop Pudding

Bahan:

400 g sirsak  (yang sudah dikeluarkan bijinya)

100 g nenas

1 bungkus agar-agar

500 ml air

2 butir putih telur (mixer sampai kaku)

75 g palm sugar

Koktail buah untuk topping

Cara membuat:

  1. Blender halus sirsak dan nenas. Sisihkan.
  2. Campurkan gula palem, tepung agar-agar dan air. Masak sampai mendidih dengan api sedang, sambil sesekali diaduk. Masukkan campuran bubur buah sirsak dan nenas. Aduk rata dan masak sebentar. Angkat.
  3. Masukkan kocokan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Lakukan sampai semua kocokan telur habis.
  4. Tuang ke dalam cetakan. Tunggu sampai keras atau bisa dimasukkan ke dalam lemari es.
  5. Keluarkan dari cetakan. Sajikan bersama koktail buah.

Untuk 8 potong

Nilai nutrisi per potong

Energi: 79 kkal

Lemak: 0,2 g

Karbohidrat: 17,7 g

Serat: 2,6 g

Protein: 1,7 g

Kiat dan saran:

  1. Selain menggunakan koktail dapat juga menggunakan topping potongan buah segar atau yogurt.
  2. Jika tidak tersedia buah nenas, porsi buah nenas dapat digantikan dengan buah sirsak saja.

Arief T Nur Gomo, STP, MSi adalah seorang food scientist, konsultan bisnis makanan, healthy chef, pengajar materi gizi di Jakarta Culinary Center, sertafounder dari Healthy Bites. Mau tahu lebih jauh? Silakan lihat http://arieftng.blogspot.com atau follow @arieftng.


Post Comment