Green Juice

Dari namanya kita sudah bisa menduga pasti minuman jus ini berwarna hijau. Warna hijau pada jus ini berasal dari sayuran pak choi (bok choi). Sayuran ini biasanya digunakan dalam tumisan atau bahan campuran isi lumpia (spring roll). Saya memilih pak choi karena memiliki cita rasa yang tidak pahit dan cenderung netral, sehingga rasa produk akhirnya bisa disesuaikan dengan selera kita.

Pak choi berasal dari China sehingga sering disebut Chinese cabbage atau Peking cabbage. Sayuran ini menjadi populer di kuliner Eropa khususnya di Inggris bersamaan dengan berkembangnya komunitas China di wilayah tersebut.

Pak choi memiliki batang yang berdaging dan kokoh dan daun yang terlihat segar. Pak choi yang rusak ditandai dengan batang yang berair dan daunnya menjadi layu. Cara penyimpanan sayuran ini yaitu dengan menyimpannya dalam pendingin (refrigerator) yang dapat tahan sampai seminggu dan sebaiknya jangan mencucinya terlebih dahulu jika kita ingin menyimpannya dalam pendingin. Hal ini dapat menyebabkan kadar air sayuran menjadi lebih tinggi sehingga mudah rusak dan air yang terperangkap di pangkal daun dapat menyediakan tempat bertumbuhnya bakteri.

Dari kandungan gizinya, pak choi kaya akan vitamin C, beta karoten, asam folat (vitamin B9), dan kalsium. Selain itu sayuran ini tergolong baik dalam kandungan vitamin B2, vitamin B6, besi, kalium dan magnesium. Beta karoten dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu (misalnya katarak). Beberapa manfaat asam folat adalah sebagai salah satu nutrisi penting bagi wanita yang sedang hamil, berperan dalam mencegah obesitas dan diabetes tipe 2, serta mencegah risiko stroke. Satu cup pak choi mengandung 15% kebutuhan kalsium harian (Recommended Daily Allowance) yang setara dengan kandungan kalsium pada 150 ml susu segar (whole milk). Kandungan serat pangan di pak choi berfungsi membantu kesehatan pencernaan. Vitamin C yang terkandung dalam pak choi adalah juga antioksidan yang kuat.  Anda ingin segera merasakan manfaatnya? Yuk kita praktikkan resep berikut.

Bahan:

70 g pak choi (Chinese cabbage) (3 batang)

250 ml sari buah sirsak RTD (ready to drink)

150 g buah pir (1 buah)

Cara membuat

  1. Cuci bersih pak choi dan pir dengan air hangat.
  2. Buang bagian keras pada pangkal daun sebesar ½ cm.
  3. Kukus atau blansir pak choi sebentar saja untuk melunakkan bagian batangnya.
  4. Kupas buah pir dan buang kulitnya.
  5. Potong kecil pak choy.
  6. Masukkan pak coy, buah pir, dan sari buah dalam blender. Blender sampai halus.
  7. Tuang dalam gelas. Sajikan bersama es batu atau didinginkan terlebih dahulu.

Nilai gizi per porsi

Energi: 88 kkal

Lemak: 0 g

Karbohidrat: 21 g

Serat: 3 g

Protein: 1 g

Vitamin C: 20 mg

Arief T Nur Gomo, STP, MSi adalah seorang food scientist, konsultan bisnis makanan, healthy chef, pengajar materi gizi di Jakarta Culinary Center, sertafounder dari Healthy Bites. Mau tahu lebih jauh? Silakan lihat http://arieftng.blogspot.com atau follow @arieftng.


Post Comment