Apa Dukungan Lo?

World Breastfeeding Week (WBW) diperingati pada setiap tanggal 1-7 Agustus setiap tahunnya. Kegiatan yang diinisasi oleh WABA (World Alliance for Breastfeeding Action) dan UNICEF ini, pertama kali diadakan pada tahun 1992 sebagai bentuk peringatan diadopsinya Deklarasi Innocent oleh WABA. Kampanye World Breastfeeding Week yang pertama diadakan pada tanggal 1-7 Agustus 1992 dengan tema Baby-Friendly Hospital Initiative. Peringatan di tahun 2013 ini berarti sudah memasuki tahunnya yang ke 21, sejauh ini sudah lebih dari 120 negara terlibat dalam peringatan WBW.

Peringatan World Breastfeeding Week (WBW) pada tahun 2013 ini mengambil tema “Breastfeeding Support: Close to Mothers”. WHO dalam website-nya menyuarakan agar dukungan kepada ibu menyusui diberikan oleh suami, keluarga dan teman kantor. Sementara WABA sendiri bilang bahwa untuk kesuksesan menyusui hingga 2 tahun maka semua pihak harus memberikan dukungannya, yaitu keluarga dan lingkungan sosial terdekat si ibu, layanan kesehatan, tempat kerja, pemerintah dengan segala kebijakannya dan dukungan untuk tetap menyusui ketika terjadi bencana alam.

Inisiatif Ayah ASI Indonesia lewat akun @ID_AyahASI emang punya visi untuk membuat ASI dan Menyusui jadi populer di Indonesia. Untuk mencapai mimpi itu kita emang sengaja ngajak para ayah untuk mendukung istri dan ibu menyusui. Akun twitter @ID_AyahASI dibuat nyaris tanpa perencanaan yang jelas, semua informasinya diambil dari sumber terpercaya dan disampaikan dengan gaya khas cowok. Pendekatannya memang peer-to-peer, tidak berjarak dan memang ingin ngobrol layaknya teman, bukan sekedar sebagai admin. Dukungan informasi seputar ASI dan Menyusui bagi para ayah ini diharapkan dapat meningkatkan angka keberhasilan menyusui di Indonesia. Penelitian oleh Cleveland Clinic Foundation pada tahun 1994 tentang The decision to breastfeed; The importance of father’s approval menyebutkan bahwa angka insiden menyusui dengan dukungan ayah mencapai 98.1%, sementara ibu menyusui yang tidak mendapatkan dukungan suami angkanya hanya 26.9%.


Dukungan apa sih yang bisa kita kasih buat istri untuk menyusui, gampang kok, misalnya dengan bantu ngeberesin rumah agar ibu bisa istirahat dengan tenang dan mengurangi tingkat stress, bisa dengan menggendong bayi agar bisa serdawa dan tidur di pelukan kita, atau bantu juga buat mandiin bayi, ngajak nyanyi, ngajak jalan-jalan sebelum berangkat kerja atau hal sederhana lainnya. Kalo mau tau apa hubungannya ngebantuin istri dengan kelancaran ASI bisa baca artikel: Membantu Istri Menyusui Menyenangkan.

Nah, dukungan apa yang bisa elo bisa berikan buat ibu menyusui?


Post Comment