Changi Airport for Kids

Karena urusan pekerjaan, saya sering sekali terdampar di Changi Airport, Singapura. Dari jaman masih single sampai sekarang sudah punya anak batita saya banyak menghabiskan waktu disini menunggu pesawat berangkat.

Bedanya sekarang, saya banyak memperhatikan fasilitas-fasilitas untuk anak-anak yang tersedia disini, karena anak kan mudah bosan jika disuruh menunggu. Ini beberapa di antaranya:

1. Free stroller

Jika malas membawa stroller karena tempat tujuan mungkin tidak stroller friendly, di Changi Airport tersedia stroller gratis yang bisa dipakai. Bentuknya juga unik. Untuk mencarinya, biasanya stroller ini parkir dekat imigrasi di sekitar trolley-trolley parkir.

2. The gardens

Ada 8 taman di Changi airport, tetapi favorit saya adalah Sunflower Garden di Terminal 2 dan Butterfly Garden di Terminal 3. Tetapi Sunflower Garden areanya bersatu dengan smoking area. Jadi sebaiknya anak-anak tidak diajak kesini.

Butterfly Garden menarik sekali. Lokasinya indoor tetapi terdapat bunga-bunga dan potongan buah yang dihinggapi berbagai kupu-kupu. Ada juga tanaman unik semacam kantong semar. Semuanya diberi papan informasi tentang tumbuhan dan binatang yang ada disitu.

Sebenarnya masih ada kebun lainnya yaitu Orchid Garden dan Fern Garden. Tetapi Fern Garden sedang ditutup karena dalam tahap renovasi terakhir saya ke sana.

3. Playground

Playground yang seperti biasa ditemui di mal-mal juga bisa dipakai gratis. Tiap terminal ada playground sendiri. Di Terminal 2, sebelah playground tersedia family room di mana ada TV dengan film-film anak dan ruang menyusui.

4. Woodblock rubbing

Ini juga kegiatan menyenangkan buat anak-anak. Dengan kertas dan krayon yang disediakan, anak-anak bisa menggosok kertas menggunakan krayon dengan cetakan yang sudah disediakan. Hasilnya bisa dibawa pulang. Saya lihat fasilitas ini ada di Terminal 2 dan 3.

Semua fasilitas yang saya tulis di sini gratis, lho! Kalau mau berbelanja banyak juga toko-toko yang menjual barang anak-anak. Airport ini juga sering sekali direnovasi, jadi kadang fasilitasnya berubah atau bertambah. Untuk saat-saat tertentu misalnya Natal, Lebaran, Chinese New Year atau Deepavali, biasanya ada tambahan-tambahan dekorasi yang unik yang bisa dipakai sebagai background foto anak.

 


2 Comments - Write a Comment

Post Comment