DIY: Rak Buku dari Talang Air

Beberapa minggu kemarin, sahabat saya, Novita, nge-tag suatu gambar lewat FB, tentang rain gutter bookshelves. Tadinya sih nggak ‘ngeh’, jadi saya cuma sekedar lihat saja, dan mikir..”Oh, rak buku..” (belum tertarik) :D

Cuma kok dia ‘rajin’ banget nge-tag-in saya, yang memang lagi ingin membuat rak buku, pas lihat komennya, ternyata rak buku dari talang air (baru tahu, rain gutter itu artinya talang air *tutupmuka*). Langsung deh, ‘mupeng’ alias muka pingin banget, cari infonya via Google dan ‘harus’ buat hihihi.

Akhirnya, baru minggu kemarin kesampaian beli alat-alat dan meminta bantuan tukang kakak yang sedang bangun kantor untuk mengeksekusinya :D

Alat dan cara Membuat :

1. Talang air, ukurannya 4 m, di toko bangunan biasanya ada dua macam, yang bagus dan biasa. Perbedaannya, yang bagus, elastis jadi kuat untuk menahan air. Kalau kemarin, saya beli yang biasa *emakirit* :p . Penutup talang.

2. Besi siku, gergaji besi, meteran, pensil, paku, palu/bor.

Cara membuatnya, potong talang sesuai keinginan dengan gergaji besi (atau alat potong lainnya). Kemudian pasang besi siku di tempat talang air yang akan diletakkan (sebenarnya bisa saja jika tidak memakai besi siku, jadi langsung pasang paku di talang airnya langsung).

Dan, taraaa……

Untuk di kamar anak-anak, talang air tersebut digunakan untuk meletakkan buku-buku pelajaran mereka. Untuk di ruang keluarga, talang air digunakan untuk meletakkan bacaan buku cerita anak-anak.

So, bikin yuk :)


3 Comments - Write a Comment

Post Comment