Geronimo Stilton, Our Favorite Mouse!

Seperti keluarga lainnya, kebiasaan ‘menjejali’ anak dengan buku juga sudah kami terapkan sejak anak bisa dibacakan cerita. Usia balita, terkadang anak sudah bisa memilih sendiri buku yang disenangi dari gambar sampul atau tokoh yang dikenalnya. Tapi memilih buku cerita yang bagus tetap selalu menjadi tugas kami orangtuanya.

Ternyata, menurut kami gampang gampang susah, ya, memilih buku cerita yang bagus kualitasnya, baik dari segi konten ceritanya, konteks penampilan maupun kualitas fisik buku itu. Memang harus disesuaikan dengan umur si anak. Untuk buku-buku ringan bagi usia balita muda, yang simpel ceritanya dan banyak gambarnya, serta kualitas cetak yang bagus, sudah okelah.

Ketika anak sudah beranjak lebih besar, mulai usia balita akhir, kami melihat kebutuhan untuk mencari buku yang lebih ‘serius’, dalam semua aspek kualitas tadi, dan satu lagi, buku tersebut harus berkarakter. Berkarakter, artinya buku itu tidak sekedar menjadi bacaan yang ‘numpang lewat’ saja, tetapi anak bisa mendapatkan kesan yang mendalam darinya. Anak bisa mengingatnya sampai besar nanti, dan menjadi sugesti positif yang tertanam dalam dirinya.

Ada satu buku serial yang menjadi favorit kami, yang kami temukan saat anak pertama, Akhtar, berusia 2.5 tahun. Judul serinya: Geronimo Stilton yang diterbitkan oleh Scholastic International. Ini adalah buku serial petualangan seorang tikus cerdas yang berprofesi sebagai jurnalis dan penulis buku di kota New Mouse City. Mari kita bedah aspek keunggulannya.

 

edisi spesial hardcover (kiri) dan reguler (kanan)

Geronimo Stilton edisi bahasa Indonesia

Saat scanning awal membuka-buka halamannya, kami sudah tertarik dengan konsep layout-nya yang sangat atraktif dan dinamis. Walaupun didominasi tulisan yang dibagi per bab selayaknya buku cerita/novel petualangan, setiap beberapa halaman disediakan ilustrasi penuh. Dan, tiap halaman cerita juga tidak melulu tulisan, tapi diselipkan ilustrasi kecil di sana-sini. Dan, ini yang belum saya temukan di buku-buku lain, font yang digunakan juga sangat menarik, karena untuk tiap kata tertentu akan menggunakan font karakter yang sesuai dengan maknanya dan berwarna-warni. Sangat menarik dan tidak membosankan.

Serial Geronimo Stilton terdiri atas 2 edisi, edisi reguler softcover dan edisi spesial hardcover. Keduanya mempunyai kualitas cetak yang sangat baik. Tidak kaku, namun sangat kuat, sehingga koleksinya masih tetap awet walaupun sudah dibaca berulang kali. Serial ini sudah mencapai lebih dari 50 judul, jadi seru sekali untuk dikoleksi.

layout halaman dan pemilihan font yang sangat dinamis

map, grafik, fact sheet, dan banyak ilustrasi lain didalamnya

Untuk ceritanya sendiri, saya rasa Geronimo Stilton ditujukan untuk anak usia sekolah dasar. Namun beberapa judul petualangan yang bersifat fantasi juga cocok untuk anak usia 3-5 tahun. Ceritanya ditulis dengan bahasa yang sangat baik dan cukup padat. Penekanan pada font yang dinamis tadi juga sangat membantu anak untuk memahami kosakata baru, dan akan lebih terekam dalam memorinya karena visualisasi tersebut. Geronimo sendiri merupakan karakter yang sangat ‘manusiawi’, dia bukan tikus pemberani, tetapi selalu berusaha untuk mengalahkan rasa takutnya.

Satu hal lagi yang saya sukai, di setiap seri petualangannya, seringkali diselipkan semacam fact sheet, how to, map atau ilustrasi menarik lainnya mengenai sebuah pengetahuan yang berhubungan dengan alur cerita. Misalnya, dua halaman petunjuk ‘how to play chess‘, atau ‘resep cheesecake’, yang di buat sangat menarik. benar-benar sebuah konsep creative writing pada buku anak-anak!

Saya yakin banyak juga keluarga lain yang cinta dengan si tikus pintar ini. Ada yang mau share koleksinya? And don’t forget to say cheese :D


 


3 Comments - Write a Comment

Post Comment