Fashion Maternity: What We Learn from Kim K

Selebriti berbadan dua bukanlah kabar baru. Namun, saat Kim Kardashian menyatakan dirinya hamil, beritanya pun menghebohkan dunia hiburan. Apalagi, hidup bintang reality show itu memang selalu lekat dengan sensasi. Kehamilannya kali ini juga tak absen dari sensasi-sensasi yang ada.

Mulai dari perceraiannya dengan Kris Humphries yang belum resmi diputuskan padahal Kim saat ini tengah mengandung anak rapper Kanye West, sampai gaya busananya selama hamil. Nah, yang terakhir ini tak hanya menjadi santapan tabloid, namun juga mengundang komentar para pengamat fashion terkemuka. Banyak yang mengajukan kritik atas pilihan busana Kim saat hamil. Selain masih gemar mengenakan sepatu stiletto di berbagai acara, Kim juga masih terus memakai busana ketat dan seksi, seperti baju-baju yang ia kenakan sebelum hamil dulu.

Tak percaya? Simak saja foto-foto di bawah ini:

*gambar dari sini

*gambar dari sini

*gambar dari sini

Dalam artikel di situs berita AP, penulis fashion Samantha Critchell menulis bahwa gaya berbusana Kim memberikan pelajaran kepada para wanita hamil di dunia, yakni: “To be stylish and pregnant, you need to embrace your new shape. You have to celebrate it. But you also need to be aware of it, and not keep wearing your regular wardrobe — even if it’s a size up.”

Jadi intinya, jangan “maksa” untuk tampil seksi 24 jam sehari saat Anda tengah hamil, dengan mengenakan busana ketat yang menekan perut dan tubuh. Selain tidak nyaman karena tubuh wanita hamil lebih sensitif (not to mention the impact on the baby inside), busana ketat seperti itu juga tidak selalu terlihat oke untuk wanita hamil. Mungkin sesekali bolehlah. Saya sendiri dulu untuk acara pesta masih pakai gaun malam yang berbahan stretch. Tapi jika terus menerus seperti Kim K, jadinya terlihat berlebihan juga kan?

Lalu, seperti apa, sih, busana yang oke untuk wanita hamil?

  • Nomor satu dalam daftar yang harus dimiliki adalah legging.

Menurut desainer busana hamil Pea in the Pod, Olivia Capone Myers, legging is number 1 in the must-have-item list yang harus segera dibeli wanita hamil saat perut mulai membuncit. Selain elastis, mengikuti bentuk tubuh dan nyaman, legging juga multifungsi karena masih bisa digunakan setelah melahirkan kelak.

  • Tetap bertahan pada gaya personal kita.

Tapi jangan terlalu memaksakan juga, seperti yang dilakukan Kim K. Bisa dilihat pada penampilan aktris Kristen Bell yang saat hamil masih mengenakan jaket kulit, yang dipadankan dengan baju hamil casual. Yang terpenting, kita harus nyaman dengan apa yang kita pakai.

Menurut pengamat fashion, Amy Tara Koch, penampilan Kim, selain kerap terlalu ketat, juga sering berlebihan. Padahal, semasa hamil ini, ia terlihat lebih cantik dan glowing. Namun, karena ia gemar mengenakan busana yang menonjolkan dada dan bagian tubuh lainnya serta aksesori berukuran besar, pusat perhatian yang harusnya tertuju ke arah wajah pun jadi blunder.

“Semasa hamil, kita ingin menciptakan pusat perhatian yang akan membuat orang melupakan bagian lain. Wajah Kim amat cantik sekarang karena ia terlihat glowing. Itu yang seharusnya dijadikan pusat perhatian olehnya,” tutur Koch.

  • Busana yang pas badan amatlah penting.

Jauhi busana berpotongan ekstrem, entah terlalu ketat atau terlalu longgar. Busana oversized mungkin terasa nyaman dan pas di perut. Namun untuk bagian tubuh lain, bisa menjadi bumerang dan menciptakan ilusi tubuh yang amat besar. Karena itu, cobalah mengenakan busana dari bahan jersey atau rajutan yang pas badan. Desainer Abi Ferrin mengatakan bahwa bahan jersey akan meregang dan mengecil sesuai dengan tubuh si pemakai. Bahannya juga ringan sehingga membuat pemakainya tidak terlihat “berat”.

Menariknya lagi adalah hasil penelitian Myung Hee Sohn, asisten profesor di bidang manajemen tekstil dan busana di University of Missouri. Ia menemukan bahwa berdasarkan scan tubuh, sebagian besar wanita hamil harus mengenakan busana khusus hamil pada saat janin mereka memasuki usia lima bulan. Sebab, saat mereka hamil lima bulan, bukan hanya perut yang membesar. Namun juga dada, pinggang dan pinggul.

O, ya, karena perkembangan tren masa kini, gaya busana wanita hamil juga ikut mengikuti tren yang ada. Sehingga bisa didapatkan busana hamil yang tak kalah trendi dari busana wanita pada umumnya.

Terakhir yang paling penting: jangan terlalu nafsu saat berbelanja busana hamil. Ingat, kehamilan, kan, hanya berlangsung selama 9 bulan. Setelah itu, tubuh akan berubah kembali dan kemungkinan besar, busana hamil hanya akan bisa dipakai beberapa saat setelah si kecil lahir. Jadi, lebih baik berinvestasi pada beberapa potong busana hamil saja, lalu belilah beragam aksesori trendi yang sedang in. Jadi, bisa tampil cantik dan fashionable, tapi yang terpenting, tanpa harus menghamburkan banyak uang.


13 Comments - Write a Comment

  1. Hehehe.. haduuhh, mbak Kim :)) *akrab* itu gak pegel betisnya pake high heels?

    anyway, klo gue cuma beli 1 celana jeans dan 1 rok jeans khusus hamil. Sisanya pake kemeja almarhum Bapak, kaos suami, dan legging yang emang udah punya.. hehehe

    Bener kata Ira, mending uangnya diinvestasiin buat yang lain ketimbang impulsif beli baju hamil yang kepake cuma beberapa bulan aja :D

    1. Gue dulu pake jins lama, trus kancingnya ditutupin kemben supaya gak keliatan+gak melorot :D

      Sempet sih beli celana hamil, tapi malah kependekan. Baju hamil juga gak enak banget dipake. Jadi yang paling oke ya legging. Bisa dipadukan sama macem-macem baju ya :)

  2. Aduh, ‘engap’ ngelihat bajunya meuni ketat-ketat begitu, hihihi..
    Dulu juga waktu hamil sempat pake baju2 ketat, tapi begitu mulai makin membesar, sutralah! Beugaaaah..
    Baju2 hamil, nggak beli khusus baju hamil dan menyusui, tapi emang beli yang jauh lebih longgar karena naiknya sampe 18 kg :D

    Kalo masalah stiletto, hadeh, ini lagi, ngiluuuu, kalo kepeleset gimanaaaa….

    1. Walah, mengingat berat badan gue yang bak gajah ini, jangankan pas hamil, nggak hamil aja ngerasa ribet dan terbebani kalau pakai stiletto. Paling nyaman emang wedges, deh :D …

      Waktu hamil dulu, gue juga seringnya pakai legging. Celana hamil cuma punya dua, satu jeans, satunya lagi celana bahan warna hitam yang bisa dipakai kalau saat ada undangan pesta. Soal atasan, lebih ringkes, karena dari dulu sukanya pakai loose tee.

      Etapi ada, loh, temen gue, yg memang kerja sebagai fashion stylist pas ke pesta teteeeeep pakai stiletto. Padahal usia kandungannya udah 8 bulan. Dia sih bilang kalau suaminya udh ngelarang tapi demi ttp terlihat gaya dia tetep aja berani paki sepatu hak tinngi nan lancip… ngeri dan ngilu sendiri liatnya.

      1. Lah gue kondisi gak hamil aja males pake stiletto kecuali pesta. Dese tiap hari aja gitu hahaha :D

        Iya bener Dies, legging itu emang paling oke deh buat bumil. Stretch plus adem, gampang di-matching-in pula sama baju lain.

        Gue sih sbnrnya terserah ya hamil pake stiletto/gak. Buat gue sih itu tergantung ibunya. Tapi gue pernah baca penelitian gitu, selama hamil titik pusat badan perempuan berubah, jadi kita pun cenderung nggak balanced. Nah ditambah pake stiletto, bikin lebih rentan untuk jatuh. Jadi silakan dipilih, tampil kece atau jatuh dan ngefek ke si baby? Wedges mungkin masih oke ya karena kayaknya lebih balanced :)

  3. Aduh liat si kim pas hamil gini bawaannya engap dan gerah yak…padahal pake dress yg lucu2 gitu kan banyak yak..dia kaya masi belom terima ama badannya yang membesar gitu hehe

    Gw sih pas hamil dulu perasaan gak ribet ama baju ya,slaen karena mabok sampe 5 bulan,yg mana pergi cuma ke dokter doang,hamil tua jg tetep males jalan2 trus kebetulan baju2 dari jaman sblm hamil juga gak ketat2 banget di bagian perut jadi masi bisa deh sampe 7blnan, bedanya sebelom hamil pake jins,pas hamil pake jegging…yang pusing kalo kondangan,mana dulu gw pas hamil lagi gede2nya pas banyak banget kondangan penting, beli baru nanggung,tapi yang ada gak cukup,untung lagi musim kaftan hehe…

  4. Huwaaa…. I may be the only one who say this but “I Love her Preggo Fashion choice” …..mungkin karena I dress that way when I was a pregger too…hoohohhoo!!! Kalo ngulik2 balik obrolan forum thread pregnancy pictures foto2 gw nampang disana persis kayak 3foto kim yg dibawah, pake dress ketat badan showing it all growing belly, bazooka boobies, and HIppo Hips…DAsar BUMIL GENIT!!!!! hehehe…
    My essential fashion: Sun Dress + Legging, V neck Dress pass badan (baca pass perut), n Maxi jersey dress.
    n I wear HEELS too until 8mo….only because sepatu udah gak muat lagi gara2 kaki bengkak :D

    1. Hahaha.. Gue dulu pas hamil muda sempet pake bustier ketat+kebaya karena jadi among tamu, abis itu pusing, mual dan lemes karena perut keteken. Pas hamil 4 bulan juga gitu pake kebaya+bustier yang normally, agak kegedean sama gue dan muat pas hamil. Hasilnya gak kuaat neik!

      Jadi kalo pesta-pesta gitu mending pake dress bahan stretch yang nyaman dan nggak gerah. Hebat ih lo bisa kuat pake baju ketat-ketat dan neken perut sepanjang hamil kayak Kim K :)

  5. paling ga suka yg pake celana peplum ama rok ngembang di atasnya, kayaknya dia denial kalo lagi hamil…
    meskipun beli 10size up juga ga pantes baju fashion gini dipake bumil, apalagi tubuhnya kim uda mekar sampe segede itu.. bener kata sariyuan bagusan si kourt pilihan baju hamilnya…

Post Comment