Mari Bermain Bersama Cat!

Karena foto Menik sedang bermain bersama cat terpampang di Facebook, seorang seniman bernama One Zhan, mampir memberikan kiat untuk memperkenalkan seni bermain cat warna kepada Menik melalui inbox FB saya. Tanpa banyak basa-basi, saya langsung minta izin untuk menyebarkan kiat ini untuk Mommies semua!

OneZhan

Karya dan portofolio Mas One bisa diliat di FB dan juga www.onezhan.blogspot.com :) Mas One sudah memiliki seorang anak laki-laki bernama Dawwadrakkpa El Zhan atau biasa dipanggil Dawwa yang tanggal 3 Maret kemarin tepat berumur 4 tahun. Oh, ya,  mas One membuka kelas melukis (belajar menggambar dan bermain cat) untuk anak-anak di daerah rumahnya di Dharmawangsa, Jakarta. Silahkan kunjungi page Facebook Mas One untuk info lebih lanjut. Mas One membuka kelas untuk semua anak yang dirasa perlu belajar menyalurkan bakat melukis oleh orang tuanya. Biasanya orang tua sudah mulai kewalahan mengakomodir keinginan si anak berbakat yang sudah bisa meminta secara spesifik untuk diberi contoh menggambar karakter kartun, alat transportasi, dan lainnya.

Dawwa3

Back to the top, berikut adalah kiat untuk memperkenalkan dan bermain cat bersama anak-anak:

  • Sediakan cat di palet atau piring kecil untuk memisahkan beberapa warna dasar. Campur dengan sedikit air namun konsistensi cukup kental.
  • Hindari warna hitam karena bisa menghilangkan komposisi warna.
  • Sediakan bahan kertas yang bagus, biasanya buku gambar anak-anak ukuran A3 itu kertasnya cukup mumpuni untuk menampung kegilaan menggambar si anak yang masih belajar banyak hal, dari mulai mengatur kekuatan menekan saat menggambar hingga hobi membalikkan kertas sesering mungkin. Kenapa jangan kertas yang tips seperti HVS? Karena sayang, nantinya akan cepat robek dan kemungkinan tercecer sangat besar.
  • Pertama kali yang bisa dilakukan adalah CAP TANGAN. Ajarkan sesekali untuk membuat cap tangan, lalu biarkan ia berimajinasi.
  • Medium lain yang bisa digunakan adalah balon, bola plastik, daun kering, dan lainnya.
  • Esensi utamanya adalah bermain, biarkan anak memilih media yang ia suka.
  • Jika terlihat mulai mahir, walaupun hanya gambar abstrak, mulai sediakan kanvas. Jika terlihat mood menggambar lagi bagus, ganti kertasnya dengan kanvas untuk dicap. Kanvas ini akan awet disimpan dan bisa diperlihatkan jika si anak sudah besar nanti.

onezhaan

Sounds easy, but trust me, it’s another round of being PATIENT :D Selamat bermain dengan cat!


Post Comment