Berenang VS Baby Spa

Sekitar tahun 2011, Baby Spa menjadi satu hal yang booming di dunia tumbuh kembang anak. Saya termasuk salah seorang yang tidak sabar ingin mengajak Menik yang saat itu masih dalam kandungan ke baby spa. Tapi karena suami pindah tugas ke Bandung, akhirnya Menik mencoba berenang di kolam renang umum terlebih dahulu baru cicip si baby spa. Menurut saya, berenang dan baby spa ini mirip-mirip, sih. Hanya saja kalau ke baby spa, bayi atau anak kita dipijat terlebih dahulu, baru kemudian masuk di bak mandi yang diisi dengan bola-bola. Karena sudah terlebih dahulu nyemplung ke kolam beneran, Menik tidak terlalu semangat ketika masuk ke dalam kolam penuh bola itu. Kalau saya benar membaca pikirannya, sih, Menik seperti ingin bilang “Bu, kok kolamnya sempit banget?” LOL!

berenang2Menik, 3 bulan, pertama kali berenang!

Anyway, berenang atau baby spa sebetulnya sama saja. Semua bisa dilakukan sedini mungkin ketika bayi sudah mampu mengangkat kepala dengan kuat. Mengajak si kecil berenang ini bisa membantu perkembangan motorik kasar dan ternyata juga membantu si bayi tidur lebih nyenyak, asal durasi bermain air dalam kolam ini tidak terlalu lama sehingga menyebabkan bayi lelah, yang ujungnya adalah cranky baby. Ketika usianya 3 bulan, dan hingga saat ini, Menik rutin berenang seminggu sekali. Menurut sebuah penelitian di Jepang, berenang yang dilakukan pada bayi sedini mungkin, dapat meningkatkan tingkat percaya diri si anak, lebih mandiri, dan lebih happy! Selain itu, berenang juga melatih gerak refleks bayi, dan meningkatkan daya konsentrasinya. Wah, banyak juga ya, manfaat membawa bayi berenang.

Dari segi biaya, berenang di kolam renang biasa tentunya lebih murah, belum lagi durasi yang tidak terbatas. Tapi yang perlu diingat adalah kebersihan kolam tersebut serta kandungan kaporit yang ada didalamnya. Soal pemilihan kolam ini, biasanya saya berenang di kolam renang pribadi, hotel, atau kolam renang umum yang sudah saya ‘interogasi’ dulu petugas atau managernya. Sedangkan di baby spa, setelah dipijat sekitar 15 menit, bayi kita paling lama hanya sekitar 20 menit berada di kolam. Kalau Menik , cuma tahan 10 menit karena keburu bosan mentok kanan-kiri, tidak bisa bebas menggerakkan kakinya kesana kemari mengelilingi kolam seperti biasa. Namun, kelebihan dari baby spa adalah fasilitas pijat, dan berbagai macam mainan serta neck-ring atau ban yang sudah disediakan, jadi ibunya tidak repot lagi membawa banyak barang.

berenang3Menik, 14 bulan, girang setiap sampe kolam berenang

Jadi kalau saya, lebih memilih untuk membawa Menik berenang bersama di kolam renang biasa. Walau terkadang saya bawa ke baby spa, jika neneknya Menik sedang tidak bisa menemani dan saya sedang haid jadi tidak bisa ikut berenang. Kalau Mommies sendiri bagaimana? Lebih suka baby spa atau berenang di kolam renang biasa? Tapi apapun pilihannya, ingat ya, kalau yang paling penting adalah membuat bayi sehat dengan kenyamanan dan rasa senang si bayi sebagai bonusnya!


12 Comments - Write a Comment

  1. klo sy masih ragu untuk ngajak azif renang bunda… skr azif jg uda umur 3,5 bulan,,, pengen banget ngajak renang tp masih ragu. Ragunya ya itu, klo di kolam renang umum, airnya ntr gag bersih,,trus takut ntr klo dy kebanyakan gerak ntr tenggelam… :(

  2. Beberapa minggu yang lalu ngajak Senja yang waktu itu masih 4,5 bulan ke baby spa. Tapi prosesnya renang dulu baru pijat. Menit-menit pertama nyemplung, Senja keliatan bingung, 3 menit berikutnya mulutnya mulai turun ke bawah dan gak lama pecahlah tangisnya. Saya langsung panik karena dia goyang-goyang kakinya heboh gitu dan swim neck ringnya kayak masih kegedean gitu buat dia, Takut dia nyeplos ke dalam kolam…
    Akhirnya saya angkat.
    Gagal lah acara saya nyenengin Senja hari itu. sampe sekarang masih takut bawa dia ke baby spa or kolam renang. Tapi pengen juga nyobain sih, soalnya Senja kalo mandi di bak mandi yang seiprit itu, kakinya ngayun-ngayun kayak mau renang :))

    1. Hihihii selalu ada ajaaaa cerita hari pertama, ya. Bisa menyenangkan atau malah bikin deg-degan. Semoga pengalaman selanjutnya lebih menyenangkan buat Senja. Anyway, nanti kalau sudah besar, bisa jadi bahan cerita, kalau dulu dipakein neck-ring aja merosot hihihii

  3. Hai…
    aku agak telat ajak raphael berenang, alhasil di hari pertamanya waktu di usia 7 bulanan lgs nyemplung kolam renang n nangis sekuat tenaga… awalnya krn pikir dia takut air dingin, karena setelah itu berenang-renang di bath tub air hangat dia seneng.. tapi belakangan setelah setaun msh juga takut, skr di usia dah 2 taun lebih raphael masih jg nangis klo di bawa ke kolam renang. Terakhir kemarin, dia bener2 murung disaat sebelum berangkat kita dah bilang mw berenang, sepanjang jalan murung & setibanya di kolam renang, diajak ganti baju malah nangis.
    Kenapa ya kok anakku ga seperti anak lain yg seneng sekali klo diajak ke kolam renang, bahkan dulu ak sendiri juga happy banget klo diajak berenang.
    akhirnya krn ga tega n takut resiko raphael jd trauma, batal lah dia berenang..akhirnya cma mami n papa nya aja deh yg berenang…huuff…
    any idea why my son is so scared of the water ?
    Thanx anyway…butuh bgt enlightment from all of you mommies..

    1. Halo Ralph, coba bantuin yaa.. mungkin karena kaget kolamnya air dingin, ya? Kalo di baby spa, gimana? Takut juga nggak? Btw, kalo mandi juga nangis nggak? karena ada bayi yang memang nggak suka sama air, walaupun harusnya ya, udah terbiasa sama air karena kan mandi setiap hari. :) Pelan-pelan aja digendong sama maminya atau papanya bareng pas masuk kolam, kalo memungkinkan di kolam air hangat dulu. Bawa juga mainan kesukaannya. Hypnotherapy juga bisa dicobain, setiap mau tidur sebelum besoknya berenang, dikasih afirmasi positif “Besok kita berenang, ya, Raphael. DIsana bisa main air sama mami n papa..” dan seterusnya. Dicoba pelan-pelan dan sabar yaaa :)

      1. Hai…thanx mommy reply nya..
        Baby spa blm dicoba seh, tapi sejauh ini mandi jg nangis..dulu mandi air hangat jg nangis..tp msh bisa dialihin perhatiannya, tp sejak kita coba mandi air dingin..waahh..bener2 nangis ngejer deehh…
        hypnotherapi boleh jg dicoba ya… tp apa ini reaksi yg wajar..? krn sejak mw berangkat setelah tau kita mw ke kolam renang dia lgs murung sepanjang jalan..poor baby..
        Thanx a lot..

  4. Wahhh seruuu..wktu Abraham ank p1 saya renang usia2.5m di bak mandi pakai neckring karena kelihatam girangnya akhirnya beli kolam babyspa, karn klo treatment ke babyspa agakmahal hehehe..berenang ditempat umum usia 10 bulan dan tambah girang nya.. jd ingat cerita wktu itu Abraham sering pijat bayi di Abah Zul dekat rmh karena ada kolam ikan koi dan Abraham sudah tiba2 naik dan yapp nyemplung lah bersama ukan koi sekitar usia 1thn.. akhirnya di tempat pijat bayi si Abah akan dibangun kolam kaya Baby spa… klo ketempat pijat bayi udh ga takut lagi…ckcckckck

Post Comment