Sehat Berkat Jus

Tepatnya sejak Zahra 2 kali demam tinggi saat traveling saya jadi bertekad lebih disiplin soal pola makanan sehat untuk Zahra. Tujuan akhirnya supaya nggak gampang sakit. Mungkin juga, sih, waktu kita traveling itu cuacanya kurang mendukung, jangankan Zahra, saya saja sering batuk flu. Kalau dipikir-pikir, Zahra itu selalu batuk flu demam kalau saya batuk flu juga. Kesimpulannya, mungkin Zahra ketularan saya :D

Padahal, sih, sehari-hari rasanya saya sudah mengatur pola makan sehat untuk Zahra lengkap dengan sayur dan buah. Tapi saya iseng akhirnya beli juicer Cosmos karena harganya sekitar Rp200.000, dan mulai rutin mengonsumsi jus buah.

Zahra ternyata suka banget jus. Gak cuma suka minum, tapi dia juga suka proses pembuatannya. Bahkan sering dia yang minta sendiri untuk minum jus, dengan syarat dia yang bertugas masuk-masukin buahnya ke juicer.

Tiap hari saya kombinasikan 2 buah dalam satu hari, dan memilih buah dengan antioksidan tinggi. Misal apel dicampur dengan wortel, lalu kiwi dengan melon california, stroberi dengan pepaya, dan lain-lain. Hasilnya, Alhamdulillah, sejak Mei 2012, Zahra sama sekali gak kena batuk, flu dan demam. Mungkin memang benar kata orang “An Apple a day, keeps the doctor away”. Ya, walau akhirnya tepat pas pergantian tahun Zahra kena flu lagi, dan lagi-lagi karena ketularan Mamanya :D. Tapi selama bulan Mei sampai Desember, total 7 bulan, Zahra nggak sakit, saya sudah seneng banget.

Memang, sih, budget belanja buah jadi meningkat 2 kali lipat, karena dalam sehari misal Zahra biasanya makan 1 buah apel potong, sekarang jadi 1 buah apel dan 1 wortel dijus. Ini cuma jadi 1 gelas dan habis untuk Zahra sendirian. Bagaimanapun lebih hemat daripada berobat ke dokter, kan?

Tapi ingat, mengonsumsi buah tetap lebih penting daripada minum jus, karena fakta buah mengandung lebih sedikit kalori dan menyediakan lebih banyak serat. Tapi memang jus jadi alternatif yang efektif saat anak lagi susah makan sayur dan buah. Tinggal kita atur saja waktunya.

Berikut adalah 24 macam buah dengan kadar antioksidan tinggi menurut Kompas.com: acaiberry, apel, avokad, pisang, blackberry, blueberry, blewah, ceri, jeruk nipis, cranberry, buah naga, anggur, jeruk grapefruit, kiwi, pepaya, nanas, plum, delima, labu, rasberry, stroberi, tomat, dan semangka.

Jadi mau jus apa hari ini? :D

*thumbnail dari sini


3 Comments - Write a Comment

  1. Waaah, kalo di keluarga kecil gue, buah-buahan dalam bentuk potong dan jus, wajib, deh, kayanya. Bukan karena kesehatan, tapi kebetulan, gue dan suami penggemar buah (lalu menurun ke Langit, pastinya). Jadi selalu ada persediaan buah. Kalau jus, biasanya suami wajib, nih, setiap hari minimal 1 gelas.

    Sehat terus, ya, Zahra :)

  2. Duh kepengen banget bs konsumsi buah/jus tiap hari… Ini pe-er berat buat saya yang memang agak susyah makan buah + sayur…. Tapi nda kepengen ini nurun ke Danny-boy :(

    Ini adalah salah satu TEKAD saya di tahun ini: konsumsi buah tiap hari! :)

    TFS

Post Comment