Manfaat Yoga Untuk Anak

Yoga adalah salah satu olahraga pilihan saya. Yoga, pilates, dan berenang tepatnya. Jadi waktu Ade Banani, sahabat saya yang praktisi yoga untuk anak-anak mengajak Aira dan Aidan mencoba yoga, saya langsung setuju.

Pastinya sesi yoga kedua anak ini berbeda, Aidan dan keponakan Bu Ade, Amabel yoga bersama, sementara sesi yoga Aira dilakukan bersama-sama beberapa anak tetangga yang seusia dengan Aira.  Beda usia, pastinya beda juga pendekatan dalam melakukan yoga. Jangan harap sesi yoga yang tenang dengan musik lembut atau suara air mengalir untuk anak seusia Aidan dan Amabel. Sesi yoga mereka seru dan penuh imajinasi. Biasanya, keseluruhan sesi yoga ‘dikemas’ dalam sebuah tema atau cerita. Misalnya, mereka jadi bajak laut (lengkap dengan memakai topi bajak laut) yang kapalnya dicuri, jadi mereka harus keliling pulau naik sepeda mencari penjahat yang mencuri kapal mereka. Keseluruhan petualangan bajak laut mereka dipraktikkan dalam gerakan dan pose yoga. Kemudian sesi diakhiri dengan membuat peta bajak laut. Aidan selalu menanti-nanti sesi yoga bersama Bu Ade dan Amabel.

Terus terang, saya tidak menyangka kalau ternyata anak-anak bisa melakukan yoga dengan baik, dan menikmatinya. Tentunya ketika saya bilang ‘melakukan dengan baik’ jangan mengharapkan pose yang sempurna, ya, tetapi lebih kepada bagaimana mereka mengikuti instruksi. Pada Aidan, yang langsung bisa dilihat adalah bagaimana dia semakin aware dengan tubuhnya, saat berusaha mengikuti pose yang diminta. Tentunya favorit Aidan adalah meluruskan punggung ketika duduk dengan menarik tali imajinasi di atas kepalanya. Selain itu yang langsung terlihat adalah bagaimana dia belajar bernapas dalam yoga. Proses ini juga menarik sekali bagi saya, karena mengikuti instruksi bernapas yang bagi orang dewasa terasa mudah, ternyata bisa sangat sulit bagi anak-anak. Biasanya Bu Ade menggunakan media sederhana, seperti bulu atau bola kapas.

Untuk anak seumur Aira, yoga yang dilakukan sudah seperti yoga untuk orang dewasa, juga sudah mulai masuk ke pengenalan fungsi dan manfaat gerakan. Misalnya, downward dog manfaatnya untuk otot tangan, lengan, pundak, jari yang secara langsung bermanfaat untuk motorik halus, juga bermanfaat untuk otot belakang paha, betis, perut, serta spine. Lucu banget waktu Aira mau mencoba yoga ini saya mengajak beberapa anak tetangga, 2 di antaranya anak laki-laki. Awalnya mereka terlihat tidak tertarik, mungkin karena biasa mendengar ibunya melakukan yoga, sehingga merasa olahraga ini bukan untuk laki-laki. Kemudian, di sesi pertama Bu Ade memerlihatkan foto-foto dan video Robert Downey, Jr, Adam Levine, atlet basket NBA dan sepak bola dari tim liga Inggris kesukaan mereka melakukan yoga. Bu Ade juga menjelaskan apa manfaatnya bagi atlet-atlet tersebut. Mereka langsung semangat sekali, katanya biar tambah jago main bolanya. Haha. Setelah itu mereka selalu menanti-nanti sesi yoga yang biasanya dilakukan setelah Maghrib di akhir minggu, di halaman belakang rumah.

Menurut Bu Ade, manfaat yoga bagi anak-anak banyak sekali. Salah satunya, untuk anak seusia Aidan (5 tahun) di masa sekarang ini yang terkadang anak kekurangan ruang gerak, tidak semua anak bisa main sepeda atau berlarian diluar, yoga bisa jadi alternatif olahraga yang tidak membutuhkan space besar. Apalagi anak-anak sekarang umumnya akrab dengan gadget yang memengaruhi postur dan ketegangan otot, leher terlalu banyak menunduk, tangan kaku karena memegang gadget terus. Atau untuk anak usia sekolah, tas sekolah yang terlalu berat, posisi duduk atau membaca yang tidak baik.Yoga bisa membantu mengurangi ketegangan-ketengangan otot karena hal-hal tadi.

Selain itu yoga sifatnya  tidak kompetitif, ketika melakukan yoga anak diminta untuk fokus pada tubuhnya sendiri, jadi juga bisa mengurangi stres pada anak, mengingat anak tidak luput dari stres yang diakibatkan oleh kurangnya ruang gerak untuk berekspresi, tugas sekolah, juga ekspektasi dari guru, teman, maupun orangtua. Masih banyak lagi manfaat yoga bagi anak, balita maupun usia sekolah. Saya perlu berterima kasih ke Bu Ade, si sahabat yang sudah memperkenalkan yoga kepada Aira & Aidan. :)

Mau merasakan menfaat yoga juga untuk si kecil? Ikutan Yoga With Mom, yuk, hari Sabtu, 5 Januari di Female Daily HQ. Info dan pendaftaran silakan ke thread berikut ini.

 


13 Comments - Write a Comment

Post Comment